Mudik Dengan Motor, Pastikan Kondisinya Siap Bro……

url

Alhamdulilah, hari ini merupakan ibadah puasa ramadhan terakhir menjelang idul fitri yang insyaallah serentak dilaksanakan besok diseluruh penjuru dunia. Pun begitu, even ini pun identik dengan budaya lebaran. 1 Syawal menjadi spesial bagi umat islam yang tentunya merupakan hari kemenangan setelah sebulan penuh memerangi hawa nafsu diri pribadi.

Berbicara tentang lebaran, mudik menjadi perhatian banyak pihak mengingat tahun lalu mudik menjadi salah satu even penyumbang kecelakaan lalu lintas terbesar yang berbuntut hilangnya nyawa. Oleh karena itu, fnc mengajak seluruh pemudik yang terutama menggunakan motor untuk selalu menimbang akan keselamatan diri dan efisiensi biaya perjalanan.

Mungkin bagi sebagian besar orang mudik dengan menggunakan motor dapat menghemat ongkos namun turut diperhatikan nih kondisi kuda besi tersayang. Jika memang tidak memiliki pilihan lain mudik dengan motor, alangkah baiknya cek secara cermat kondisi motor yang bersangkutan. Jangan pernah sekalupun memaksakan motor yang kurang baik kondisinya untuk digunakan mudik perjalanan jauh. Apalagi motor dengan usia 3 tahun keatas, butuh perhatian ekstra hingga motor tersebut tidak malah membuat masalah saat dijalan.

Beberapa faktor yang perlu diperhatikan untuk mempersiapkan kondisi motor antara lain :

Cek keausan ban, ini adalah faktor vital yang perlu diutamakan. Jangan memaksakan ban dengan kembangan halus untuk diajak perjalanan jauh karena tentu perjalanan jauh yang membutuhkan waktu lama akan membuat suhu ban lebih panas dibandingkan jarak pendek. Nah, jika kontur ban menunjukkan keausan (halus) segera ganti.

Cek Kampas Rem, jangan nekat perjalanan jauh dengan kampas rem yang hampir habis. Mengingat jalan jauh dengan kondisi stop and go membutuhkan kondisi rem yang prima. Jika blong karena kehabisan kampas rem, bukan malah bisa meneruskan perjalanan malah akan membuat masalah nantinya..

Cek gerak bebas kemudi, jangan memaksa jalan kalau kemudi mengalami masalah bergetar atau berat. Segera perbaiki dibengkel, mungkin part komstir sudah waktunya diganti. Pentingnya kesehatan kondisi kemudi sangat erat kaitannya dengan ketahanan tubuh saat berkendara. Kemudi yang bermasalah, akan menyebabkan tubuh menerima getaran dan tekanan berlebih yang ditimbulkan oleh goncangan motor anda. Alhasil, dipastikan tubuh akan cepat lelah dan bisa kehilangan konsentrasi.

Cek suspensi, kalau perlu reload minyam suspensi dengan minyak baru. Minyak yang terlalu lama berada didalam suspensi akan berubah menjadi kental sehingga menyebabkan daya pegas suspensi mengeras. Tentunya saat suspensi terasa keras, tubuh akan mudah lelah sehingga kenyamanan berkendara menjadi terusik.

Cek kesehatan mesin. Pastikan pengapian mesin tidak terganggu. Entah dari busi, cdi atau koil pastikan dalam kondisi prima untuk diajak mudik jarak jauh. Untuk karburator, fnc lebih menyarankan untuk mensettingnya dengan kondisi tidak terlalu irit.  Mengapa demikian? suplai bahan bakar dari karburator yang dibuat irit sangat tidak cocok untuk motor yang berjalan jauh. Perjalanan lama yang ditempuh, memungkinkan mesin mengalami panas berlebih. Nah jika campuran terlalu kering, maka mesin akan kekurangan pasokan udara-bahan bakar ideal sehingga menyebabkan mesin overheat. Jika ini terjadi, gerak dapur pacu bisa saja macet dan parahnya jika hal tersebut mendadak saat riding bisa terjadi kecelakaan bagi pemotor itu sendiri.

Cek kerenggangan rantai, sesuaikan kebutuhan. Gunakan settingan normal (ideal) jika anda menggunakan motor sendirian. Namun jika berboncengan dan membawa beban melebihi standar beban motor, sedikit renggangkan settingan rantai anda mengingat saat menerima beban, kondisi rantai akan lebih mengalami ketegangan dibandingkan keadaan normal.

Cek kelistrikan. Pastikan accu dalam kondisi fit untuk dapat mensupply beban kelistrikan yang ada. Berikut pula pastikan semua lampu bekerja dengan baik. Jika perlu sediakan sekring dan bohlam lampu utama cadangan jika sewaktu-waktu mati dijalan. So, siapkan pula toolkit sederhana untuk bisa membongkar sendiri bagian yang perlu diganti nanti.

Pastikan pakai 2 spion standar. Spion standar memiliki visibilitas yang lebih baik dibandingkan spion aftermarket meskipun secara harga spion standar lebih murah, namun fungsinya lebih mahal lho. Perjalanan jauh rentan dengan saling salip menyalip. so, perlu fokus pandangan kedepan dan sesekali cek kondisi belakang dengan spion.

Pastikan beban barang bawaan aman. Jika membawa barang bawaan pastikan teriikat dengan baik pada motor. Bisa juga memakai tas, ataupun memasang box jauh lebih aman. Jangan sampai, saat dijalan brosis masih disibukkan dengan barang bawaan yang melorot ke kiri dan ke kanan. Kondisi ini tentu dapat menimbulkan kecekalaan diri sendiri dan merugikan pengendara lain.

Nah, mungkin itu saja yang bisa fnc bagikan untuk para pembaca sekalian yang mungkin kebetulan lagi berencana mudik dengan motor. So, jika kesemuanya tidak bisa dipenuhi, lebih baik tidak memaksakan kondisi motor untuk melakukan perjalanan jauh. Alternatif angkutan umum akan selalu siap mempermudah perjalanan kita. (fnc)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

6 Comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *