Menilik Rapor Honda CBR150R Sebagai Pemimpin Pasar Sport Fairing 150cc, R15 dan GSX-R150 Jangan Mau Kalah !!

Motomaxone.com — Pembaca sekalian¬† rapor penjualan sport fairing 150cc keluar juga. Persaingan di segmen ini nyatanya semakin sengit seperti dugaan. Suzuki GSX-R150 yang merupakan pemain baru mulai menampakkan tekanannya kepada produk kompetitor. Namun lagi-lagi Honda All New CBR150R masih kokoh diperingkat teratas.

Menutup semester pertama tahun 2017, Honda masih dominan di kelas sport fairing 150cc dengan hasil yang positif. Dari periode Januari hingga Juni 2017, distribusi penjualan CBR150R tercatat mencapai 37.111 unit.

Sedangkan di posisi kedua, Yamaha R15 mencatat penjualan sebanyak 23.307 unit diikuti oleh Suzuki GSX-R150 dengan penjualan mencapai 16.943 unit. Dari total distribusi penjualan, tentu honda masih sangat kuat dengan menjadi yang tertinggi padahal secara performa, dua kompetitornya menawarkan performa yang lebih baik diatas kertas.

Kekuatan Honda CBR150R masih terasa, buktinya dominasi market share sebanyak 49,97% dimiliki oleh Honda. Sedangkan Yamaha yang berada diposisi kedua wajib berharap cemas, pasalnya market sharenya cukup tergerus dengan kehadiran GSX-R150. Di periode semester 1 2017, Yamaha hanya mencicipi 30,13% market share sport fairing 150cc, yang mana 21,90% sisanya adalah milik Suzuki GSX-R150.

Di bulan juni 2017 semua pabrikan mengalami penurunan distribusi penjualan yang cukup signifikan. Liburan panjang hari raya diyakini menjadikan distirbusi penjualan terhambat tidak seperti biasanya. Honda mengalami penurunan drastis begitu juga dengan yamaha, namun suzuki hanya mengalami penurunan sedikit ketimbang bulan sebelumnya. Dugaan kuat, kuatnya penjualan suzuki adalah dampak dari harga promo yang masih diperpanjang hingga saat ini.

Kehadiran New R15 menjadi angin segar yamaha, terbukti di bulan April dan Mei yamaha mampu unggul penjualannya dari honda yang sebelumnya mendominasi, meskipun akhirnya di bulan Juni lalu Yamaha terjun bebas bahkan kalah dari Honda dan Suzuki.

Hadirnya 2 produk baru New R15 dan GSX-R150 memang memberikan konsumen banyak pilihan produk. Namun ingat… gempuran kompetitor yang lebih berperforma tidak akan menjamin mutlak kemenangan produk tersebut. Tren desain masih sangat kuat dibenak konsumen indonesia, buktinya boomingnya All New CBR150R yang bertebaran dijalanan merupakan konsistensi honda menjaga market sharenya… apalagi jika melihat dari pelayanan aftersales, honda masih menjadi yang didepan.

Namun itu semua bisa dibalikkan, asalkan komitmen Suzuki maupun Yamaha memperbaiki pelayanan ke konsumen bisa direalisasikan. Hasil penjualan semester 1 2017 juga menjadi bukti meskipun masih kalah, yamaha dan suzuki mampu berbicara banyak, keduanya harus berusaha untuk unggul agar honda berbenah. Kan nggak enak juga menang terus…. bisa-bisa selama setahun CBR150R nggak ada perubahan dong… hehehe. (red)

 

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

Tinggalkan Jejak Ya Bro, Ngapunten Spam/Link Masuk Moderasi