Membuat HP Charger Untuk Motor Jupiter MX Anda

DSC0261

Pembaca sekalian, dijaman yang semakin modern ini peran GPS sebagai alat navigasi dalam berkendara sangatlah diperlukan. Apalagi berbagai macam aplikasi GPS mampu dipakai pada ponsel pintar berbasis android yang banyak dipakai saat ini. Nah, bagi yang berkendara menggunakan mobil tentu penempatan GPS lebih mudah dibandingkan motor. Baik penempatan holder dan charger untuk perangkat bisa ditempatkan dengan baik. Namun tidak untuk motor….

Penempatkan GPS dan Charger pada motor tentu terkesan ribet. Apalagi jika menempatkannya hanya asal-asalan, jadi jauh dari kesan rapih nan sedap dipandang mata #ngomong apaa ajaaa…..  :mrgreen:  Nah, sehubungan dengan BlueMX yang suatu kali biasa fnc ajak riding keluar kota ide pasang charger HP dimotor pun terlintas. Maklum, penggunakan HP yang dibuat sebagai GPS dalam perjalanan jauh kadang kala memboroskan baterai dan lagi jika sewaktu-waktu batre habis dijalan dan membutuhkan bahasa inggrisnya ‘nge-cas’ maka tinggal ditancapkan ke charger motor jika kondisinya jauh dari colokan listrik.

Pertama, yang fnc butuhkan adalah lighter, lighter ini berfungsi sebagai rumah charger USB portable nantinya. Lighter sebagai penghubung ke sumber daya, dalam hal ini accu motor.

DSC0262

Kedua, adalah Charger, dalam pemasangan yang fnc lakukan menggunakan lighter dan charger terpisah. Ada juga yang dijual satu paket, namun jika charger usb rusak maka yang memiliki model sepaket ini akan membuang lighter nya juga. Sedangkan jika menggunakan model terpisah seperti ini, kala USB charger rusak tinggal menggantinya dengan USB charger yang baru tanpa mengganti lighter.

Ketiga, kabel secukupnya. Bisa dibeli di toko alat listrik atau bengkel motor umum yang biasanya menyediakan kabel listrik dengan seukuran kabel body motor. Untuk lainya, silahkan disiapkan cutter atau gunting dan isolasi.

Pembelian lighter yang fnc lakukan pada dasarnya sudah include dengan kabel nya sekalian. Berhubung penempatan lighter yang jauh dari accu maka fnc gunakan kabel tambahan untuk menyambungnya. Awalnya fnc sedikit kebingungan menempatkan lighter bermodel drat ini. Inginnya sih fnc tempatkan dekat dengan holder GPS, namun jadi berfikir kalau ditempatkan agak terbuka maka cukup membahayakan saat terjadi korslet kala kehujanan.

Ide pun akhirnya muncul, pada dek tengah body jupiter mx model lama terdapat plastik berbentuk bulat yang ditempatkan simetris dengan tempat kunci kontak. Nah berhubung tempat tersebut hanya sebagai hiasan saja, maka fnc putuskan memanfaatkannya. Terlebih dahulu lepas dek tengah bagian atas, kemudian lihat plastik berbentuk lingkaran tersebut dan sayat dengan pisau sampai membentuk lubang, usahakan yang rapi ya…

Nah, plastik body dek tengah sudah diberikan lubang maka lighter bermodel drat ini bisa dimasukkan. Untuk memperkuat, drat dengan plastik menguncinya dari belakang. Nah, setelah dirasa sudah cukup kuat, maka langkah selanjutnya yang fnc lakukan adalah memperkuat lagi dengan lem bakar. Dikarenakan bagian belakang lighter adalah tempat menancapnya soket kabel, maka akan sangat berbahaya jika terjadi kebocoran air dari bagian luar yang masuk ke sela-sela lighter yang sudah dipasang pada body dek tengah tersebut.

Setelah dirasa lem bakar tersebut mengeras dan kuat. Barulah kita setting jalur kabelnya. Untuk kerapian kabel, alangkah baiknya ikutkan jalur kabel body yang sudah ada atau tempatkan di rangka dan pakai kabel tis untuk mengencangkan. Nah saat dirasa bisa menjangkau accu, maka pasangkan kabel merah yang terhubung sekering “bawaan saat membeli” ke kutub positif accu. Sedangkan hitam, bisa diikutkan pada kutub negatif accu (bisa juga langsung dihubungkan ke rangka motor yang berfungsi sebagai ground). Jika selesai dilakukan, maka selesailah langkah pengerjaannya. Tinggal pasang kembali dek tengah (jangan lupa pasang kabelnya pada soket lighter).

Lighter belum bisa berfungsi sebelum ada charger, so jika charger sudah tersedia tinggal tancapkan seperti pada lighter mobil. Berhubung holder GPS pada bluemx ditempatkan di spion kiri maka tak membutuhkan jangkauan jauh untuk keperluan charging. Untuk harga masing-masing barang yang diperlukan, lighter set fnc tebus seharga 50ribu rupiah, sedangkan charger USB seharga 35 ribu rupiah. bagaimana brosis, ada yang berminat memasang juga? (fnc)

______________________

Berita Terkait :

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

17 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *