Honda Sonic 150R Dengan Knalpot Aftermarket…. Dongkrak Tenaga Hingga 17,9 HP !!

image
Ilustrasi : Sonic 150R Knalpot Freeflow

Tak membutuhkan waktu lama bagi motor-motor baru macam Sonic 150R menjadi bidikan produsen barang-barang aftermarket. Contoh paling sederhana adalah knalpot freeflow yang dalam promonya bisa mendongkrak performa motor kesayangan.. hmm siapa sih yang nggak mau.

Ketersediaan knalpot aftermarket dipasaran tak lepas dari label hi-performance yang diusung pada sebuah produk motor. Tak bisa dipungkiri lagi, motor2 berlabel sport biasa menjadi bidikan utama dan itu tak mengenal jenis dari produk yang bersangkutan. Entah sport naked, sport underbone, sport full fairing banyak dijejali aksesoris berbau pendongkrak performa.

image

Nah kali ini sebagai kelinci percobaan dipilihlah si penantang kuat satria fu yaitu Sonic 150R. Cukup bisa dimaklumi jika produk satu ini akan banyak dijadikan model uji coba untuk sparepart berlabel performa, mengingat bidikan pasar yang diincar adalah generasi muda yang masih doyannya dengan mengeksplore performa.

Naik mesin dyno Polaris, Sonic 150R membukukan catatan yang cukup baik bahkan melebihi klaim power dan torsi dari Honda sendiri. Klaim pabrikan, Sonic 150R memiliki power maksimum 16 PS atau setara 15,8 hp dengan didukung torsi maksimum  13,5 Nm. Namun mesin dyno polaris mencatat lain untuk performa pada kondisi standar. Catatan dalam kondisi standar didapati power maks Sonic 150R mencapai 16,4 hp dan torsi maksimum tercatat lebih rendah dari klaim pabrik hanya 12,82 Nm.

Nah kini giliran knalpot aftermarket dijejalkan pada Sonic 150R, berbekal knalpot yang diklaim berlabel Pro Speed Black Series, Dyno  Polaris mencatatkan peningkatan performa yang fantastis. Dari 16,4 hp di kondisi standar, meningkat hingga 17,9 hp sebagai power maksimumnya. Sedangkan torsi maksimum ternyata juga meningkat mencapai 13,60 Nm meskipun pencapaian torsi ini membutuhkan rpm lebih tinggi dari biasanya. Hmm… pantesan nih knalpot freeflow banyak diminati oleh penggila performa.. lha wong mampu meningkatkan performa sedemikian rupa… bahkan diatas kertas yang bisa jadi kebanggaan pemiliknya. (~fn)

Advertisements
2 Comments

Sopan Berkomentar Kamipun Segan