First Look Suzuki Satria FU150 FI…… Review Singkat Pengganti Sempurna Versi Karburator [Galeri Foto]

Satria F150 FI - LED Headlight

Apa kabar Suzuki Satria FU150 FI ?? Kok gaungnya tiba-tiba saja berhenti menjelang kemunculannya secara resmi. Beberapa waktu lalu FN sengaja main-main ke dealer Suzuki untuk melihat ketersediaan produk anyar yang satu ini. Maklumlah… sebagai suksesor penerus dari Satria F150 versi karbu, motor ini yang paling ditunggu-tunggu oleh fans berat Suzuki di indonesia. Setiba di depan diler tatapan mata tertuju pada seekor motor bertampang anyar dengan desain headlamp yang tak asing bagi FN… Wow Satria F150 Injeksi ternyata sudah ada…

Langsung FN memarkir bluemx agak mojok dan memasuki area showroom tersebut. Dealer tersebut begitu sepi… toleh kanan-kiri kok tidak ada seorang pun. Ternyata satu orang mbak-mbak sales menghampiri FN menanyakan maksud kedatangan. FN langsung tanpa basa basi ingin mengambil gambar produk baru tersebut… dan akhirnya dipersilahkan.

Satria F150 FI - Karbu

Kesan pertama bertemu dengan Satria F150 FI akan FN ringkas dalam jajaran poin berikut ini :

  • Body Slim, Wew kecil amat motor ini. tak ubahnya dengan versi karburator… Satria F150 FI ini juga tetap mempertahankan kesan ramping pada seluruh body nya. Bahkan sedikit lebih ramping ketimbang versi karburator yang pada body sampingnya terlihat sedikit gemuk.
  • Desain headlamp, desain ini yang sebelumnya FN sangsikan untuk bisa tampil keren ketimbang versi karbu. Namun ternyata jauh dari ekspektasi sebelumnya, desain headlamp baru dengan teknologi lampu depan LED ini ternyata lebih proporsional dengan keseluruhan bodynya ketimbang versi karbu yang ternyata dari bentuk headlamp nya lebih terasa aneh.
  • Engine (Mesin), bagian mesin juga tak luput dari penyegaran. Untuk sektor ini total berubah dari desain mesin dan spesifikasi jeroan dari versi karburator. Sudut mesin versi injeksi terlihat lebih tegak ketimbang versi karbu.. apakah ada hubungannya dengan performa Injeksi yang lebih WAH ? Mungkin saja. Selain desain, Satria F150 FI juga dibekali dengan sistem pendingin radiator… meninggalkan pendinginan oli seperti yang diterapkan pada versi karbu. Btw… gir rasio pada gear box sepertinya juga mengalami penyesuaian karakter mesin yang baru loh… Begitu juga dengan blok mesin tempat bak oli, desainnya menyesuaikan desain baru dari mesin Satria F150 FI. Meskipun demikian masih mempertahankan adanya indikator oli yang memudahkan mengecek kondisi oli setiap saat
  • Radiator, seperti yang sudah FN singgung sebelumnya Satria F150 FI dibekali dengan radiator brosis. Namun yang paling membuat greget adalah penampang kisi-kisi radiator Satria F150 FI dibuat lebih lebar bahkan paling luas dari kompetitornya di kelas 150cc baik sport underbone ataupun sport naked dan sport fairing. Ini akan menjadikan keuntungan pendinginan yang lebih maksimal.
  • Fan Radiator, jika ada yang bertanya apakah radiator Satria F150 FI menggunakan Fan radiator? Jawabnya ya jelaslah.. semua motor 150cc dengan pendinginan radiator juga mengaplikasikan fan radiator. Fungsinya saat mesin panas di kemacetan yang tidak memungkinkan angin berhembus kuat… maka fan radiator ini bekerja menggantikan fungsi hembusan angin tersebut.

Satria F150 FI - Radiator

  • Sistem Injeksi, menerapkan generasi mesin injeksi, Satria F150 FI menggunakan sistem injeksi Close-Loop dibuktikan dengan adanya O2 Sensor yang terdapat pada bagian leher pipa knalpot yang dekat dengan lubang gas buang.
  • Ergonomi, ergonomi mirip dengan Sonic 150R. Tidak sebungkuk versi Satria F150 Karbu brosis.. kemungkinan besar setang ataupun inner-tube dibuat lebih tinggi sehingga membuat postur keseluruhan Satria F150 FI ini lebih proporsional.
  • Desain Jok, model jok tidak seperti versi karbu yang mana antara jok pengendara dan boncenger agak menjorok kedepan. Namun posisi jok Satria F150 FI ini lebih landai. Begitu juga dengan dek tengah yang ditarik garis dari jok ke T-Kemudi juga terlihat dibuat lebih tinggi…. hal ini sepertinya imbas dari memanfaatkan bagasi kecil yang terletak di dek tengah tersebut.
  • Body Samping, desain body samping dari Satria F150 FI tidak terlalu berbeda dengan versi karbunya. Terdapat beberapa penyesuaian desain dan dibuat lebih memperkuat kesan futuristik dengan desain lekukan yang tajam.
  • Perangkat Pengereman, berbeda dengan versi karbu yang disupport oleh Nissin, rem..kaliper belakang ternyata benar didukung oleh brand anyar TOXICO. Sedangkan rem depan didukung oleh BYBRE untuk tabung oli remnya dan selang remnya, namun tidak ada merk untuk kaliper bagian depan. Lihat gambar saja lebih jelasnya…
  • Dasboard Full Digital, dari sebelumnya pada versi karbu merupakan kombinasi dari digital dan analog maka sekarang pada generasi Satria F150 FI baik speedometer ataupun tachometer sudah mengadopsi full digital. Namun dari segi desain dashboardnya suzuki Satria FU ini paling payah kalau membuat desain… dari versi karbu yang desain dashboard speedometernya aneh… versi injeksi pun juga berdesain aneh… bentuknya kotak dengan sudut atas agak dipotong namun tidak memiliki seni sama sekali… berbeda dengan dashboard speedometer Sonic 150R dan MX King 150 yang lebih modis.
  • Handle Rem, handle rem atau apa ya untuk rrem belakang…yang jelas berubah desain. Tak lagi menggunakan aksen warna chrome namun berganti ke warna hitam. Modelnya pun diubah dengan memberikan lubang sehingga terlihat penyegarannya namun sepertinya tak perlu kuatir dengan kekuatannya karena material nya dibuat lebih tebal.
  • Footstep Rider, jika pada versi karbu footstep rider dibuat permanen maka footstep baru pada Satria F150 FI bisa ditekuk brosis seperti halnya MX King atau R15 atau sport lainnya.
  • Cover Master Rem, ini sih lebih berfungsi sebagai aksesoris saja sebenernya. Master rem tidak lagi tampak jelas seperti versi karburator, melainkan terselip bersembunyi pada cover master remnya. Hal ini mendongkrak secara tampilan karena terlihat lebih rapi.
  • Ban Depan dan Belakang, tak berbeda dengan ukuran pada versi karbu. Masih menggunakan ban standar belakang ukuran 80/90-17 dan depan 70/90-17.
  • Lampu Belakang, secara tampilan tidak lebih baik dibandingkan lampu belakang versi karburator. Modelnya sedikit aneh dan berkesan memaksa untuk dibuat sama dengan versi karbu. Begitu juga dengan spakbor belakang tak berkesan rapi meskipun maksudnya lebih dibuat ke arah style baru.
  • Horn, biasa kita menyebutnya dengan klakson menjadi bagian yang mendapat berubahan penempatan. Klakson yang ada pada Satria FU 150 FI ini ditempatkan di bawah kisi-kisi radiator dan untuk mempercantiknya diberikan cover.
  • Kabel Gas, meskipun menggunakan injeksi FU Injeksi ini berbeda dengan kompetitornya baik Sonic 150R dan MX King 150 yang menggunakan 2 kabel gas yang mengarah ke Throttle Body. Untuk Satria FU 150 FI ini cukup mengadopsi 1 kabel gas. Benar-benar 1 kabel atau dicabang seperti Jupiter MX generasi pertama ya? Entahlah belum sampai membongkarnya untuk membuktikan. Untuk tarikan throttle nya sendiri, FN merasakan Sonic 150R dan MX King lebih ringan… meskipun Satria F150 FI tidak terlalu berat juga alias standar.
  • Gir Belakang, Sebagai motor sport underbone 150cc Satria F150 karbu memiliki rasio gir depan dan belakang yang cukup ringan yaitu 14-43. Nah pada Satria F150 FI kali ini perbandingan tersebut rasanya berubah, gir belakang menggunakan ukuran 38 (*seperti ukuran NJMX) sedangkan gir depan belum FN ketahui pasti, kemungkinan ya tetap ukuran 14. Dengan demikian, dikarenakan perbandingan lebih berat Satria F150 FI maka rasio girbox bisa jadi lebih ringan di setiap gigi (ukuran gir biasanya lebih besar) nah klop kan dengan poin ke 3 dibagian mesin.
FU Injeksi Tes Ergonomi
Bluuuurrr….. ON Satria F150 Injeksi

Overall, Suzuki Satria F150 FI memberikan pengalaman baru, desain baru yang lebih proporsional dan Futuristik berikut performa baru yang diklaim pabrikan lebih baik ketimbang Satria F150 Karbu. Penyegaran produk yang tak sia-sia dari Suzuki Indonesia yang mana produk tersebut di plot sebagai pengganti generasi karbu yang bakal discontinue seiring Satria F150 FI diluncurkan resmi. (~FN)

Galeri Foto SUZUKI SATRIA F150 FI :

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

One Comment

Tinggalkan Jejak Disini....