Analisa Ringan Bocoran Yamaha R15 MY 2017, Penyegaran Fisik Total dan TuneUp Performa Untuk Menutup Kekurangan !!

Motomaxone.com — Pembaca sekalian, hembusan angin segar datang dari kubu Yamaha Indonesia yang disinyalir sedang mempersiapkan penyegaran baru untuk Yamaha R15. Beberapa informasi sudah bocor menjadi konsumsi publik, baik itu bocoran spyshoot hingga headlamp assy yang berubah total.

Dari informasi yang admin terima, Yamaha mulai serius menggarap model year (MY) 2017 dengan banyak perubahan diantaranya :

  • Headlamp Assy, sering kali dibully dengan sebutan muka lele membuat yamaha sekarang menyadari untuk secepatnya berubah, meskipun menurut admin sedikit terlambat. Perubahan model headlamp untuk R15 ini bisa dimaklumi, karena desainnya sangat lambat berubah sejak generasi pertama R15 di India hingga dipasarkan ke indonesia sampai saat ini.
  • Dari bocoran desain headlamp assy Yamaha R15 MY 2017, terlihat begitu mirip dengan R125 eropa meskipun jika diteliti lebih lanjut memang tak sama persis , hanya saja garis desainnya mengacu pada R125. Dengan dimensi yang lebih kecil dibandingkan headlamp assy R15 saat ini yang disebut kayak muka lele tersebut.
  • Suspensi Depan Inverted Telescopic atau biasa kita sebut dengan Upside Down (USD), sudah menjadi rahasia umum jika yamaha mengambil langkah membekali R15 MY 2017 dengan suspensi USD, karena ini merupakan senjata ampuh untuk membalikkan keadaan dimana saat ini R15 sudah mulai menyerah menghadapi kompetitor kuat All New CBR150R yang semakin banyak dijalanan, sebagai pertanda market share CBR150R semakin kuat.
  • Tail lamp assy mengusung desain R6 MY 2017. Jika yamaha membekali desain tail lamp R15 lama dengan desain R6 lama, maka Yamaha R15 MY 2017 sepantasnya dibekali desain tail lamp R6 MY 2017 juga… jadi istilah R15 sebagai baby R6 akan terus melekat hehehe…
  • Perubahan headlamp yang tak lagi kegedean, membuat admin berasumsi BODY Fairing depan hingga kebelakang untuk R15 MY 2017 bakal lebih proporsional dari sebelumnya. Jika R15 lama disebut kebesaran kepala, maka untuk R15 MY 2017 dibuat lebih slim namun tetap berkesan gambot. Masak iya masih memaksakan desain yang kurang proporsional padahal kompetitornya saat ini sudah memiliki desain sporty yang proporsional di semua lini
  • Desain tangki berubah, diamati lebih teliti desainnya mirip All New CBR150R karena dari pengamatan admin, bagian atas yang sejajar tutup tangki dibuat lebih lebar namun tetap nyaman saat dijepit lutut.
  • Segitiga kemudi atas dibuat berlubang. Desainnya mirip big bike yamaha.
  • Setang Kemudi Underyoke ?? apa itu under yoke, setang jepit berada dibawah segitiga kemudi atas. Dengan mengusung setang underyoke dipastikan ergonomi dan model berubah semakin racy… jadi penasaran nih..
  • Speedometer sepertinya juga mengalami penyegaran tetapi tidak terlihat jelas
  • Swingarm dan chasis deltabox masih dipertahankan

Penyegaran yamaha pada Yamaha R15 MY 2017 ini terlihat sangat berani. Baik tampilan total yang berubah lebih kearah sporty seolah mencoba tak mau kalah dari CBR150R sebagai rival kuatnya. Namun untuk menjatuhkan CBR150R tak cukup bermodal tampang… yamaha tau akan hal itu…

Itulah mengapa selain desain baru ALL NEW, yamaha juga melakukan perubahan pada sektor mesin Yamaha R15 MY 2017 ini. Apa saja itu ?

Untuk memberikan pesaing mesin DOHC honda, yamaha sepertinya alot untuk membuat mesin DOHC khas yamaha sendiri untuk kelas sport 150cc nya ini. Menurut informasi yang admin terima, besar kemungkinan teknologi NMAX dan AEROX 155 akan dibenamkan pada Yamaha R15 untuk memperkecil kekurangan di sektor performa.

Yamaha R15 model 2017 dibuat bengkak di sektor kapasitas mesin, dari 150cc akan dinaikkan 155cc. Sedangkan untuk menambah performanya, teknologi VVA yang sudah sukses di yamaha nmax juga akan bisa dinikmati di Yamaha R15 terbaru.

Jadi untuk kalian, fans berat yamaha yang ingin memiliki Yamaha R15 DOHC sepertinya harus menunggu waktu lalu sampai waktu yang tidak bisa ditentukan 😆 karena menurut yamaha saat ini, mesin SOHC, 155cc dengan VVA sudah cukup menutup kekurangan dibandingkan mesin DOHC yang lagi tren di segmen sport fairing 150cc. (red)

Advertisements

Sopan Berkomentar Kamipun Segan