4 Cara Mudah Merawat Rantai Sepeda Motor

4-cara-mudah-merawat-rantai-motor

Rantai sepeda motor memiliki peranan yang vital untuk kinerja menggerakkan roda. Kinerjanya pun dianggap cukup berat karena berkaitan dengan menarik beban baik itu motornya sendiri, pengendara, boncenger hingga beban modifikasi seperti menggunaan velg dan ban besar. Namun sayang, jarang yang merawat dengan baik piranti penggerak roda ini.

Semua piranti / komponen pada kendaraan bermotor khususnya disini adalah Sepeda Motor perlu perawatan rutin dan tidak sembarangan. Untuk itu kita perlu mendapatkan rekomendasi dari sumber yang tepat, karena jika tidak alih-alih rantai berumur panjang, malah umur pakainya hanya sebentar.

  • Pertama, dilarang keras menggunakan Oli Bekas. Kandungan oli bekas tidak pernah bisa kita ketahui campurannya, biasanya terdapat serbuk-serbuk logam dari mesin yang ikut tercampur pada oli bekas sehingga jika digunakan untuk pelumas rantai, maka akan semakin memperpendek umur pakai rantai itu sendiri.
  • Kedua, gunakan oli yang dikhususkan untuk melumasi rantai seperti ChainLube misalnya. Namun jika tidak ingin menggunakan oli khusus tersebut bisa menggunakan oli mesin yang baru dengan spesifikasi SAE 80-90. Ingat spesifikasi kekentalan olinya harus diperhatikan.
  • Ketiga, sebelum melumasi rantai dengan minyak pelumas, bersihkan terlebih dahulu dengan sabun. Admin sendiri biasa menggunakan sabun colek untuk membersihkan sisa gemuk (kotoran oli+debu) yang masih menempel pada rantai. Jangan lupa keringkan lebih dulu rantai dari air dengan cara di lap.
  • Keempat, lakukan perawatan dan pembersihan rantai dari kotoran secara berkala agar durabilitas (umur pakai) rantai bisa lebih tahan lama.

Untuk poin keempat bisa dilakukan dengan berkaca pada lingkungan masing-masing. Jika lingkungan berdebu maka harus lebih sering untuk melakukan perawatan begitu juga sebaliknya.

Tidak masalah menggunakan rantai yang hanya 60 ribuan tapi dirawat dengan baik dibandingkan membeli rantai dengan harga ratusan ribu tapi tidak dirawat dengan benar. (red)

Advertisements

Sopan Berkomentar Kamipun Segan