Yamaha YZF-R25 2019, Upgrade Fairing Baby M1 dan Fitur Lebih Keren !! Power Masih 36 PS Lho…

Motomaxone.com — Rilis juga Yamaha R25 MY (model year) 2019. Setelah sekian lama konsumen yamaha menantikannya dengan sabar dan penuh harapan, mungkin ada yang suka karena sesuai dengan ekspektasinya namun juga mungkin masih ada yang tidak suka karena produk baru ini masih bisa dibilang nanggung secara total untuk memberikan perlawanan pada dua kompetitornya yaitu Honda CBR250RR dan Kawasaki Ninja 250.

Penulis sempat mengikuti launching motor ini melalui media sosial milik yamaha indonesia. Meskipun tak bisa melihat secara mendetail produk yang bersangkutan namun penulis mencoba bergerilya tentang motor ini dari berbagai sumber informasi yang bisa penulis jangkau, jauh dari ibukota jakarta tempat motor ini dirilis.

 

Dari hasil investigasi penulis terhadap YZF-R25 2019 yang merupakan motor yang digadang-gadang bakal menjadi lawan kuat CBR250R dan Ninja 250 ini ternyata diluar ekspektasi. Penelusuran penulis, 2019 YZF-R25 ini masih memiliki POWER yang sama dengan generasi sebelumnya, tercatat dari website resmi yamaha menunjukkan power maksimum hanya mencapai 26,5 KW yang sepadan dengan 36,02 PS / 12.000 RPM.

Bagaimana menurut brosis ? Disaat Kawasaki mati-matian mempertahankan image kencang Ninja 250 melawan CBR250RR (38,7 PS) dengan mengupgrade performa dari 32 PS menjadi 39 PS, lha kok R25 model baru ini hanya bermodal tampang baru plus fitur-fitur yang lebih berteknologi ketimbang model lamanya tanpa adanya penyegaran mesin yang selama ini dinantikan penggemarnya… cukup 36 PS saja dengan wajah baru dan fitur baru untuk konsumen yamaha tercinta… pikir yamaha. #penontonkecewa_bro

Saat penulis telusur lebih lanjut, ternyata Yamaha nggak sepenuhnya salah dalam hal ini, toh konsumen yamaha di indonesia terkenal nriman dengan produk yang ada. Masih ingat gak saat dulu Yamaha R25 generasi pertama diperkenalkan ke publik ? banyak yang geregetan karena motor ini dulu dilabeli dengan The Baby M1 tapi modelnya sama sekali berbeda dari motor tunggangan kebanggaan pembalap yamaha Valentino Rossi.

Nah… karena dulu buanyak sekali yang ngidam dengan model Yamaha M1 pada R25-nya maka Yamaha pun mengabulkan konsep tersebut di Yamaha R25 model 2019 kali ini. Tuh lihat, tongkrongan yamaha R25 sudah lebih keren dari sebelumnya karena yang sekarang lebih berkarakter racing look lengkap dengan fitur-fitur dengan teknologi terkini.

Lalu, power sepadan dengan CBR dan Ninja kapan ? Ya tunggulah… kesabaran para pecinta yamaha diuji lagi sekarang ini :mrgreen:

Lagi pula mau ngebut dimana power gede-gede ? ALASAN..

Cuma kalah 3 PS doang, bisa diakali dengan modifikasi !! ALASAN..

Semua yang berkaitan dengan argumentasi mempertahankan R25 dengan performa tetap 36 PS adalah alasan semata… padahal dikelas 150cc yamaha bahkan all out menjadikan performa R15 lebih unggul dari GSX-R150 dan CBR 150R.

Akan tetapi, R25 2019 terus terang nggak sepenuhnya menyedihkan.

Meskipun performanya tetap, motor ini sudah berubah menjadi semakin keren dengan bodi barunya + desain tangki baru pastinya. Lihat saja, garis desain fairing depan mirip dengan dengan Yamaha M1 yang berlaga di kompetisi motogp, desain fairing baru ini diklaim memiliki daya pecah angin yang lebih baik saat kecepatan tinggi. Sedangkan fairing samping yang cukup banyak layer dengan lubang-lubang airflow ini mengingatkan penulis pada fairing samping R6 model 2016. Jadi terlihat adanya peningkatan pada sistem aerodinamika dari fungsi fairingnya sendiri.

Hal keren lainnya adalah suspensi depan upside down dan swingarm banana. Untuk model lampunya, kenapa headlamp R25 ini jadi mirip lampu depan New R15 atau New R125 dikarenakan menyesuaikan dengan model fairing depan ala motogp tersebut. Meskipun demikian, penulis masih melihat kesan jelek pada headlamp R25 ini karena kita sendiri sudah banyak melihat dan disuguhkan model desain seperti itu pada R15 dan baru-baru ini juga pada R125. Sedangkan untuk lampu belakang, sayangnya Yamaha masih ngebet sekali dengan mempertahankan model lampu belakang seperti model lamanya.

Spidometer sudah berubah dari sebelumnya yang merupakan kombinasi Analog-Digital namun sekarang ┬ásudah mengusung model full digital yang lebih keren ketimbang R6 baru sekalipun yang masih ada campur tangan konsep analog disana. Penyegaran lain yang terlihat adalah saklar starter elektrik yang mirip dengan model Xabre, dimana memiliki fungsi 3 in 1 yaitu cut on off dan starter. Dari kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, inilah penyegaran Yamaha R25 2019 yang selama ini di idam-idamkan, Baby M1…

 

SPESIFIKASI 2019 YAMAHA R25 :

Mesin

TIPE MESIN : Liquid cooled 4-stroke, DOHC
SISTEM BAHAN BAKAR : Fuel Injection
TIPE KOPLING : Basah, Kopling manual , Multiplat
TIPE TRANSMISI : Constant mesh 6-kecepatan
JUMLAH / POSISI SILINDER : Inline 2-cylinder
DIAMETER X LANGKAH : 60,0 x 44,1 mm
PERBANDINGAN KOMPRESI : 11,6 : 1
DAYA MAKSIMUM : 26,5kW (36 PS) /12000rpm
TORSI MAKSIMUM : 22.6Nm/10000rpm
SISTEM STARTER : Elektrik starter
SISTEM PELUMASAN : Basah
KAPASITAS OLI MESIN : Total = 2,40 L ; Berkala = 1,80 L ; Ganti filter oli = 2,10 L

Dimensi

P X L X T : 2090mm X 720mm X 1135mm
JARAK SUMBU RODA : 1380mm
JARAK TERENDAH KE TANAH : 160mm
TINGGI TEMPAT DUDUK : 780mm
BERAT ISI : 166 kg
KAPASITAS TANGKI BENSIN : 14 Liter

Rangka

TIPE RANGKA : Diamond
SUSPENSI DEPAN : Teleskopik
SUSPENSI BELAKANG : Swing Arm
BAN DEPAN : 110/70-17M/C (54S)
BAN BELAKANG : 140/70-17M/C (66S)
REM DEPAN : Cakram Hidraulic , Piston Ganda
REM BELAKANG : Cakram Hidraulic, Piston Tunggal

Kelistrikan

SISTEM PENGAPIAN : TCI
BATTERY : GTZ8V
TIPE BUSI : NGK/CR9E

GALERI :

 

Advertisements
One Comment

Sopan Berkomentar Kamipun Segan