Test Ride Singkat All New Honda BeAT 2016, Ergonomi Lebih Sporty Dengan Kemudi Lebih Rendah… Performa Identik Pendahulunya

Test Ride All New BeAT Sporty 2016 1

Akhirnya kesampaian juga test ride singkat All New Honda BeAT 2016. Diacara launching All New BeAT 2016 di Sutos Plaza Surabaya kemarin juga dibarengi dengan acara test ride singkat yang diadakan di tempat berbeda. Jaraknya lumayan jauh yaitu di area Food Junction Pakuwon surabaya. Kini giliran otobikers melakukan test ride singkat si mungil gesit ini..

Tobi cukup mendapatkan banyak informasi terkait riding impression All New BeAT 2016 kali ini, maklum karena di rumah juga memiliki varian BeAT Sporty 2 generasi sebelumnya sehingga cukup jelas beberapa perbedaan ataupun persamaan dari penyegaran All New BeAT 2016 saat ini.

ERGONOMI, tak banyak yang berubah dari desain ergonomi berkendara All New BeAT 2016 dibandingkan model sebelumnya. Masih cukup nyaman dengan posisi berkendara yang bisa tegak maksimal tanpa membungkuk, namun memang berasa lebih sporty karena kemudi serasa lebih rendah posisinya. Benar saja, karena menurut informasi bagian kemudi didesain sedikit lebih rendah untuk memberikan kesan lebih sporty. Clearence Ground yang lebih tinggi dari model sebelumnya tak membuat tobi jinjit… malah tak berasa ada penambahan jarak terendah dari tanah.

PERFORMA, masih mengusung basis mesin 110cc dengan sistem pengakabutan injeksi PGM-FI, daya akselerasi saat dibetot spontan masih identik dengan model lama. Sedikit nggiring sehingga untuk menghindarinya perlu diurut perlahan atau digantung gas sedari awal untuk mendapatkan akselerasi lebih baik. Tentunya tidak ada yang meragukan performa BeAT yang sudah terjual 10 juta unit lebih ini yang memang terbukti bandel… buktinya dengan beban berat badan 80 kg + boncenger yang diperkirakan lebih berat dari tobi, tarikan All New BeAT 2016 ini tidak terasa ngempos yang signifikan. Top Speed nya berapa ? Yaelah…. cuma test ride singkat 100 meteran broh… :mrgreen:

HANDLING, didesain compact dengan konsep slim membuat handling si mungil All New BeAT ini cukup ringan dan tetap lincah. Enak untuk diajak bermanuver dan selap selip di sela kemacetan jalan. Tidak meninggalkan karakter handling dari model lamanya…kemungkinan besar karena wheelbase nya juga tak mengalami perubahan.

STABILITY, mencoba dari start dan pluntir gas.. terbukti cukup stabil dengan garis lintasan yang lurus tanpa gangguan angin yang dominan. Namun saat anda diterpa hembusan angin yang kencang, maka bakal sangat berpengaruh karena bobot motor yang cenderung ringan.

SUSPENSI, masih berkarakter empuk dan nyaman saat melibas jalanan bergelombang. Bisa jadi karena disesuaikan dengan kapasitas mesin motor ber-cc kecil sehingga  tak banyak membutuhkan kestabilan pada kecepatan tinggi.

REM, pengereman depan dan belakang cukup mumpuni menghentikan laju motor… namun pastikan untuk mengingat kombinasi 70% depan 30% belakang untuk menghindari ngerem mendadak dan ndlosor… mengingat karena bobot yang ringan menjadi kita harus berhati-hati mengatur ritme pengereman motor yang se-ringan BeAT ini.

Sepertinya cukup segitu saja impresi test ride singkat dengan All New BeAT Sporty 2016 kali ini, moga ada kesempatan mengulas lebih lama lagi di kesempatan berbeda. (tobi)

Kolom Komentar