Selamat Datang Maxi Skuter Penjelajah Honda ADV 150 di Pasar Motor Indonesia

Motomaxone.com – Sebagian besar pembaca sekalian mungkin sudah banyak mendengar informasi tentang Honda ADV 150. Sang pendatang baru yang merupakan produk lokal AHM (Astra Honda Motor) di segmen skuter matik berkonsep Off Road.

Tentunya penulis perlu mengucapkan selamat datang bagi Honda ADV 150  di pasar otomotif tanah air yang dipenuhi oleh fansboy pabrikan. Baik pendukung honda sendiri maupun pendukung pabrikan lain yang bisa dimaklumi jika ada nyinyiran ataupun hujatan terkait produk yang bersangkutan.

Memang tak ada produk yang sempurna, begitu halnya dengan Honda ADV 150. Kehadirannya dipasar otomotif tanah air langsung disambut dengan tudingan “hanya sebatas PCX 150 ganti baju doang…”, usut punya usut hanya dikarenakan banyak dari mereka hanya mengkomparasikan spesifikasi mesin dari ADV 150 dan PCX 150. Terlihat sama persis secara spesifikasi performa hingga akhirnya bisa keluarkan kata-kata diatas.

Penulis tentu tak menyalahkan mereka, hak mereka pulalah berkomentar bebas terkait produknya Honda. Namun yang penting digaris bawahi adalah hadirnya Honda ADV 150 sebagai pemula disegmen skuter matik berkonsep OFF ROAD 150cc sama halnya dengan hadirnya Yamaha X-Ride dahulu dikelas skuter matik 115cc.

Dari konsep OFF Road untuk motor matik yang digaungkan pabrikan tentunya bukan sekedar omong kosong. Pasti ada yang diunggulkan…

Dari pengamatan penulis, keunggulan tersebut pasti bukan hanya sebatas ganti body ‘doang’ melainkan sektor kaki-kaki juga akan turut menjadi fokus utama Honda untuk memasarkan Honda ADV 150. Hadirnya ADV 150 yang dianggap memiliki platform mesin sama dengan PCX 150 tentu tak bisa serta merta disalahkan… sama halnya dengan hadirnya Honda CRF150L yang menggunakan basis mesin Verza 150. Namun mendapatkan penyesuaikan karakter mesin sesuai dengan karakter segmentasi pasarnya…. biasanya sih mengunggulkan torsi yang lebih baik dibandingkan platform mesin sejenisnya dikarenakan menyesuaikan karakternya.. OFF atau ON Road.

Hilangnya pamor Xride dipasaran setelah produk facelift nya tak lagi memikat banyak konsumen dibaca dengan jeli oleh Honda hingga akhirnya hadir sosok Maxi Skuter (minjem istilah yamaha) berbadan bongsor dengan mesin 150cc. Sepertinya era saat ini sedang tren nya motor maxi scooter dengan kapasitas mesin 150cc. Mumpung pasar skuter gede dengan mesin sedang (150cc) lagi naik daun.

Lagi-lagi siapapun mereka, harus mengakui bahwa beberapa tahun ini para desainer Honda bekerja sangat baik meracik desain produknya sehingga cukup baik diminati pasar terutama dalam faktor Desain motornya. Tak terkecuali dengan Honda ADV 150 ini.

Penulis sejatinya mendapatkan undangan launching Honda ADV 150 besok (28/07/2019) di Surabaya dari MPM Honda Jawa Timur… namun dikarenakan hari aktif dan jam kerja dengan sangat terpaksa absen dulu untuk bisa melihat secara langsung sosok asli dari Honda ADV 150 ini. Namun dari banyak yang penulis amati dari berbagai gambar Honda ADV 150 yang banyak beredar di mesin pencari.. kehadiran Honda ADV 150 meramaikan pasar Maxi Skuter memang perlu diwaspadai oleh kompetitor utamanya yang semoga tidak terlena dengan larisnya produk berkode GPD150 itu.

SPESIFIKASI TEKNIS HONDA ADV 150 :

MESIN
tipe mesin 4 – Langkah, SOHC, eSP, Idling Stop System
sistem suplai bahan bakar PGM – FI ( Programmed Fuel Injection )
diameter x langkah 57,3 x 57,9 mm
tipe tranmisi Otomatis, V-Matic
rasio kompresi 10,6 : 1
daya maksimum 10,7 kW ( 14,5 PS ) / 8.500 rpm
torsi maksimum 13,8 Nm ( 1,34 kgf.m ) / 6.500 rpm
tipe starter Elektrik
tipe kopling Automatic Centrifugal Clutch Dry Type
RANGKA DAN KAKI KAKI
tipe rangka Double Cradle
tipe suspensi depan Telescopic
tipe suspensi belakang Twin Subtank Rear Suspension
ukuran ban depan 110/80 – 14 M/C Tubeless
ukuran ban belakang 130/70 – 13 M/C Tubeless
rem depan Hydraulic Disc
rem belakang Hydraulic Disc
sistem pengereman Triple Pot Hydraulic, CBS ( untuk tipe CBS ), Anti – Lock Braking System (untuk tipe ABS)
DIMENSI & BERAT
panjang x lebar x tinggi 1.950 x 763 x 1.153 mm
tinggi tempat duduk 795 mm
jarak sumbu roda 1.324 mm
jarak terendah ke tanah 165 mm
curb weight 132 kg ( Tipe CBS ), 133 kg ( Tipe CBS – ISS )
KAPASITAS
kapasitas tangki bahan bakar 8 Liter
kapasitas minyak pelumas 0,8 Liter ( Penggantian Periodik )
kapasitas bagasi 28 Liter
KELISTRIKAN
tipe baterai atau aki MF 12 V – 5 Ah
sistem pengapian Full Transisterized
tipe busi NGK MR8K-9

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...