Pemilik Kendaraan Dengan Sistem Keyless Smartkey Dibuat Khawatir Dengan Perkembangan Teknologi Ini !!

Motomaxone.com – Teknologi yang semakin modern di dunia otomotif semakin menawarkan kemudahan berbalut keamanan kendaraan. Salah satunya adalah hadirnya Keyless Smartkey System. Tak hanya kita temui dikendaraan roda empat, kendaraan roda dua alias motor pun sekarang sudah semakin banyak yang menawarkan motor dengan sistem keyless alias tanpa kunci kontak fisik.

Banyak pabrikan yang akhirnya kesengsem untuk ikut-ikutan menggunakan fitur smartkey keyless ini agar lebih terlihat kekinian dan modern. Dan produsen pun berani mengklaim bahwa fitur keyless ini menjadi salah satu solusi keamanan terbaik untuk mencegah tindak kejahatan seperti pencurian motor dan mobil.

Namun saat melihat video ini kita menjadi bertanya-tanya seberapa amankah kendaraan kita dengan sistem Keyless Smartkey yang dibanggakan pabrikan otomotif?

Sebuah video berdurasi 51 detik memperlihatkan bagaimana pelaku kejahatan pun juga mengikuti perkembangan teknologi tersebut dengan mencari kelemahan dari sistem Keyless Smartkey tersebut. Keyless yang bekerja dengan memanfaatkan frekuensi tertentu ternyata bisa dilumpuhkan, yang artinya kendaraan pun akhirnya bisa dicuri.

Pelaku kejahatan dari kendaraan dengan sistem Keyless inipun dipermudah karena keberadaan Start Stop Button (Kenop Start Stop Engine) yang permanen berada di kendaraan bermotor yang dimaksud. Parahnya untuk membuat alat yang mampu melumpuhkan Keyless tersebut ternyata bisa didapatkan di toko-toko elektronik, dan pastinya pembuat pun harus memahami ilmu elektronik itu sendiri.

Video tersebut pun memberikan saran agar menggunakan sistem kunci konvensional dengan kunci kontak fisik dan membekali kendaraan dengan sistem navigasi GPS.

Bagi saya sendiri keberadaan Keyless Smartkey memang dilematis. Disisi lain sistem ini sepertinya aman karena memang tergolong teknologi baru. Namun lambat laun pelaku kejahatan pun akan mampu melumpuhkan sistem keamanan yang sudah diberikan oleh produsen otomotif ini.

Video ini memang bermanfaat memberikan pengetahuan tentang kemajuan teknologi berikut kelemahannya. Namun selain bermanfaat juga memberikan kekhawatiran berlebih kepada pemilik kendaraan dengan sistem keyless smartkey atas keamanan yang ditawarkan. So bagaimana menyikapinya ?

Nggak perlu terlalu paranoid, anda bisa menambahkan sistem keamanan lain untuk mendukung keamanan sistem keyless yang sudah ada dengan menambahkan sistem alarm baru, GPS tracking hingga sistem keamanan konvensional yang sudah ada saat ini. Yang terpenting tidak memberikan kesempatan untuk pelaku kejahatan melancarkan aksinya. (red)

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...