Kualifikasi MotoGP Misano, Marquez Pole, Duo Yamaha Siap Melawan

qp2misano

Bagi pembaca sekalian yang menantikan gelaran GP Misano sore nanti tentunya tak sabar bukan? fnc pun demikian. Kabar  tentang kepastian yamaha menggunakan gearbox baru benar-benar ditunggu aksinya. Bagaimana dengan hasil kualifikasinya? Mari kita bahas disini.

Para pembalap yamaha, terasa lebih moncer kala seamless gearbox terbenam menjadi bagian dari tunggangan mereka Yamaha M1. Jika sebelumnya hanya Lorenzo yang paling berhasil kompetitif, sedangkan Rossi sebaliknya begitu kesulitan beradaptasi dan membuat M1 lebih kompetitif. Kali ini bahkan Rossi pun secara konsisten masuk dijajaran grid terdepan.

Kesuksesan Rossi mampu bersaing kali ini jelas karena faktor seamless gearbox,pasalnya diantara kedua pembalap tim pabrikan yamaha, Rossi lah yang paling ngotot sesegera mungkin menggunakan gearbox model terbaru tersebut. Alhasil, tak mengecewakan. Hal ini dilihat dari hasil FP2 yang menempatkannya ‘#46’ di tempat ke-3 tercepat dibawah duo repsol honda.

Namun peta kekuatan sedikit berubah kala sesi FP3 dan FP4, dimana para pembalap saling bergantian mengambil alih posisi. Namun, Rossi kembali membaik di sesi final kualifikasi (QP2) dengan mengamankan start di posisi ketiga. Lorenzo yang tak ingin tertinggal dari rekannya tersebut, berjuang dan beradaptasi lebih keras hingga membuahkan hasil dengan meyelesaikan sesi kualifikasi diposisi ke-2 tercepat.

Namun, seamless gearbox ala yamaha ini masih harus dibarengi dengan pendukung lainnya yang tentunya dapat lebih meminimalisir kekurangan yang ada. Mengapa demikian? Mekskipun duo yamaha mulai menunjukkan taji di persaingan garda depan, namun Marquez sang pembalap andalan Repsol Honda saat ini bahkan berhasil superpole disemua sesi yang dilakukan, FP1 s/d FP4 + Kualifiasi (QP2), Marq bahkan tak tersentuh dengan selalu berada di posisi tercepat pertama dan memantabkan diri meraih pole position GP Misano 2013.

Pedrosa yang sempat tampil bagus di FP1, terasa kurang konsisten sehingga di akhir sesi kualifikasi hanya puas di posisi start ke-4. Selain kejutan kebangkitan yamaha, ada lagi nih kejutan lain yaitu dari 12 besar yang didominasi mesin pabrikan. Posisi 1 dan 4 (Honda Repsol), posisi 2 dan 3 (yamaha factory), posisi 5 (yamaha satelit), posisi 7 dan 8 (honda satelit), posisi 9 dan 10 (ducati), posisi 11 dan 12 (ducati satelit). Ada satu kejutan yaitu masuknya nama A. Espargaro yang merupakan tim CRT masuk di posisi ke-6. Jelas hal tersebut memberikan pukulan yang sangat keras khususnya bagi tim pabrikan Ducati yang hingga saat ini tak kunjung membaik. (fnc)

Hasil Kualifikasi GP Misano :

qp2misano

No Comments

Kolom Komentar