FP2 MotoGP Misano, Duo Honda Solid, Rossi Lebih Cepat….

Honda

Sebuah perubahan memang tak semulus apa yang direncanakan. Namun perubahan perlu dilakukan kala metode lama tak lagi bisa kompetitif. Yamaha semakin percaya diri kala datang di Misano. Berharap bisa lebih banyak berbuat dengan gearbox barunya. Berhasil?

Sejauh ini, dimana latihan bebas pertama dan kedua sudah dilaksanakan oleh seluruh pembalap MotoGP. Yamaha mengalami peningkatan kualitas bersaing, terutama dari Valentino Rossi. Sampai FP2 resmi berakhir, hasil akhir mencatat bahwa Rossi (3) bahkan bisa lebih cepat dari Lorenzo (4), meskipun di FP Pertama Rossi berada  diposisi 4 tercepat dibawah Lorenzo (3).

FP2_Rossi_Misano

Meskipun penggunaan seamless gearbox membawa keuntungan bagi Yamaha, rupanya tak secepat itu mengalahkan catatan waktu yang dibubukan oleh para pembalap andalan Honda. Rossi yang secara penampilan membaik pasca penggunaan gearbox baru masih terpaut 0.258 detik dari pemegang waktu tercepat Marc Marquez yang berhasil menembus waktu 1’34.200.

Jika dibandingkan dengan catatan waktu FP3 di Silverstone lalu, catatan waktu Rossi memang membaik mengingat GAP antara Rossi dan Marq saat itu terpaut 0.800 detik. Namun, jika Marq dibandingkan dengan Lorenzo, maka selisih waktu terpaut 0.169 detik. Artinya apa? Penggunaan seamless gearbox yamaha masih belum menunjukkan catatan waktu yang maksimal dibandingkan setup dengan menggunakan konvensional. Namun, setidaknya upgrade gearbox yang dilakukan yamaha tetap menunjukkan progress yang membaik. (fnc)

Hasil Free Practice 2 GP Misano :

fp2 misano

No Comments

Kolom Komentar