Honda Scoopy, Ada Yang Tau Arti Namanya ?

Motomaxone.com – Honda Scoopy merupakan salah satu produk terlaris Astra Honda Motor. Menemami BeAT dan Vario Series (125 & 150). Namun ternyata konsumen Scoopy pun tidak banyak yang tahu arti nama dari motornya tersebut. Betul atau tidak ?

Honda Scoopy, Ada Yang Tau Arti Namanya ?

Tentu sebelum motor ini dijual kepada konsumen, pihak produsen perlu untuk memberikan nama kepada produknya agar dikenal oleh calon konsumennya. Bukan sembarang nama, juga bukan asal beri nama.

Penamaan produk tentu difikirkan dengan matang. Sering kali menggunakan kata-kata unik. Tak sedikit yang meyakini nama yang mudah diingat memberikan kontribusi yang cukup nyata suksesnya penjualan.

Kalau begitu apa arti nama dari produk Honda Scoopy ini ?

Seperti yang disebutkan dilaman Honda, Scoopy adalah nama plesetan dari suku kata Scooter + Scoop. Arti nama Scoopy sendiri bisa diterjemahkan sebagai Skuter yang mengusung model desain seperti sendok. Melengkung membentuk kurva.

Sesimpel itu artinya ? Ya, begitulah penjelasan resmi Honda. Sedangkan konsep yang diusung tentu menyesuaikan tujuan pabrikan. Seperti Sccopy ini yang mana konsep nya mengusung model Retro. Dari generasi pertama hingga sekarang terlihat perbedaan konsepnya.

Scoopy terbaru lebih mengusung konsep Retro Modern. Bernuasa desain yang klasik namun dikemas dengan banyak teknologi modern. Sebut saja lampu utama LED. Hadirnya Power Socket Charger hingga mengadopsi fitur Remote untuk sistem keamanan motor berupa alarm. Dan juga diaplikasikannya ECO indikator untuk memantau cara berkendara hemat bahan bakar. Yang begitu membedakan dari generasi sebelumnya adalah desain velg roda tapak lebar yang mengakomodir ban gambot.

Itulah yang menjadikan Scoopy begitu superior penjualannya dibandingkan rival utamanya Fino dari pabrikan garpu tala yang tak begitu banyak diminati pasar otomotif roda dua di indonesia.

Motor ini cukup ringan. Bobotnya hanya 99 kilogram saja. Itu mengapa handlingnya pun cukup nyaman. Kapasitas tangkinya sama dengan produk yang mengusung desain tangki dibawah jok. Cukup 4 liter saja.

Model rangkanya masih mengusung model Backbone, belum eSAF seperti Genio dan BeAT. Tapi sepertinya Scoopy pun akan mendapatkan pembaruan tersebut.

Ban depan 100/90 dan belakang (110/90). Cukup gambot namun juga berprofil tinggi dengan tipe Tubeless. Bagian inilah yang penulis rasa menjadi poin penting nyamannya berkendara dengan Scoopy saat dipakai untuk berboncengan.

Meskipun mesinnya hanya 108cc dengan performa 9,1 PS dan torsi 9,4NM. Tak perlu diragukan untuk diajak ngebut. Motor matik honda saat ini bahkan lebih kencang dibandingkan CB150 ataupun CBR150 dijalanan perkotaan. Itu karena gaya berkendara kebanyakan penunggang motor sport lebih santuy. (red)

One Comment

Kolom Komentar