Honda ADV150, Scoopy, BeAT dan CRF150L Rebut 4 Penghargaan Otomotif Award 2020

Motomaxone.com – Per hari kemarin (17/4) PT. AHM (Astra Honda Motor) begitu suka cita. Beberapa produk Honda tersebut memenangi penghargaan dari ajang tahunan Otomotif Award 2020.

Honda ADV150, Scoopy, BeAT dan CRF150L Rebut 4 Penghargaan Otomotif Award 2020

Rookie of the Year

Salah satu penghargaan prestisius yang direbut adalah yang satu ini. Pendatang baru terbaik. Adalah Honda ADV 150 yang diresmikan sebagai pemenang dikategori ini. Salah satu nilai tambah dari skuter matik 150cc milik honda adalah semakin dipercayanya Honda ADV 150 sebagai skuter matik adventure yang tanggung untuk banyak ragam aktifitas dibanyak kondisi jalanan indonesia.

Desain, Fitur, Teknologi, Performa, Riding Position & Handling, Konsumsi BBM,  Harga menjadi kategori penilaian yang utama. Skuter matik yang begitu memanjakan pengendaranya dengan banyak fitur ini memang cukup pantas menerima penghargaan tahunan ini.

Best Medium Retro Skuter Matic

Selain penghargaan sebagai pemula terbaik. Honda juga mendapatkan penghargaan kedua yang penulis sebutkan ini. Adalah All New Honda Scoopy yang memenangkannya.

Memang tak bisa dipungkiri, keberadaan kompetitor disegmen sejenis tak memberikan perlawanan terhadap salah satu motor terlaris milik AHM ini.

Best Low Skutik

Tentunya pembaca bisa menebaknya. Skuter matik terlaris dipasar roda dua indonesia. Dialah All New Honda BeAT yang baru saja mendapatkan penyegaran dari AHM. Salah satunya headlamp yang sudah mengusung model LED berikut dengan desain cover bodinya yang baru. Juga fiturnya dan teknologinya. Yang mendapatkan update jenis rangka baru baru eSAF.

Best Low Dual Purpose

Sepeda motor Dual Purpose terbaik. Segmen sport motor trail. Jatuh ke tangan Honda CRF150L. Sudah bisa dikira-kira memang. Mengusung spesifikasi mesin yang lebih baik ketimbang geng ijo. Sempat digoncang isu desain rangka yang tidak cocok untuk motor garuk tanah. Namun akhirnya Honda membuktikannya. Digelar banyak event garuk tanah sebagai tempat pembuktiannya.

Sukses, berhasil. Saat ini pangsa pasarnya sudah mulai menggerus keras market Kawasaki. Menawarkan trail low end dikelas 150cc dengan fitur menarik. Terutama suspensi Upside Down berwarna emasnya dan juga mengawali kampanye motor trail dengan sistem injeksi di indonesia. Yang juga sempat diragukan oleh rivalnya dari geng ijo itu. Namun akhirnya terbukti, Injeksi ternyata OK juga untuk olahraga trabas itu.

Tentunya empat penghargaan yang didapat itu membuat petinggi AHM senang. Artinya produk itu mampu diterima pasar dengan baik. Seperti ADV 150 yang baru kemarin resmi dipasarkan, tepatnya pertengahan tahun lalu. Yang ternyata mampu diterima oleh pasar.

Penulis pun melihatnya demikian. Dibandingkan PCX150 diawal peluncurannya, ADV 150 lebih sukses meramaikan jalanan. Itu terbukti didomisili penulis di kota Malang. Meskipun sekarang, jumlah PCX150 saat ini terlihat lebih banyak dari ADV 150 tentunya. Namun sebagai pemain debutan, ADV150 dirasa sukses diterima pasar.

Ada yang bilang ADV 150 itu kurang laku. Bahkan ada yang mempersamakan nasib nya kelak dengan Honda CS1 yang berkepala seperti alien itu. Namun penulis kurang setuju. Pasar CS1 lebih segmented saat itu, juga bersaingan motor underbone disaat yang sama sedang ramainya.

Berbeda dengan ADV150. Skuter matik ini mengusung konsep petualang dengan beberapa sektor kelebihan yang tidak dimiliki skuter matik lain, terutama pada sistem suspensinya. Kapasitas bagasinya juga cukup luas mengakomodir fungsi yang lebih banyak. Ingat ADV150 tentu ingat dengan Windscreen Adjustable nya, fitur ini juga penulis rasa baru bahkan disemua kelas motor matik di indonesia. Hanya ADV150 yang punya saat ini. Yang lebih canggih memang ada, di Forza 250. Namun penulis rasa tak akan mengalahkan ADV150 karena Forza motor impor yang pasti banderol nya lebih mahal. (red)

Kolom Komentar