Hari Ketiga — Touring & Gathering Blogger Vlogger Jatim : Trabas Black Lava Kintamani dan Batur Natural Hot Spring

Motomaxone.com – Liburan bareng bertajuk Gathering dan Touring Kemerdekaan Blogger Vlogger Jatim ini berasa begitu cepatnya. Efek menikmati setiap sesi perjalanan selama 3 hari di pulau dewata bali. Hari pertama dan kedua, sudah dilalui sesuai dengan jadwal Rundown. Hingga, tiba saatnya hari terakhir event Touring Kemerdekaan 2019.

[Day 3 – Explore Kintamani]

Seperti judul diatas. Kali ini saya merasakan lebih santai dari hari sebelumnya, hari kedua. Bukan karena apa. Karena touring kemerdekaan sebagai acara inti itu sudah selesai. Diselesaikan tuntas dihari kedua. Hanya tersisa hari ketiga, yang terlihat hanya acara bersantai saja.

Bangun pagi, langsung bergegas mandi. Dilanjut sholat shubuh., yang agak kesiangan kali ini. Karena begadang dimalam hari sebelumnya, hingga larut malam. Karena ada tamu dari blogger bali dan salah seorang teman blogger dari jawa timur. Asal tulungagung itu. Pasti yang kenal, sudah pada tahu. Kalau yang nggak kenal pasti nggak tau. Malam itu saling bercengkerama. Ngobrol ngalor ngidul, curcol hingga sesi curhat resmi. Begitulah saat kita berkumpul. Bukan melulu bahas motor, tapi bahas yang lain. Yang lebih bermanfaat. Untuk yang lain, meski hanya sebuah cerita pengalaman.

Selepas sholat, langsung saya berkemas. Juga rekan satu kamar saya. Yang juga blogger, asal Situbondo yang jangkung itu. 190cm tingginya.

Sembari bawa tas, bersiap Check Out. Mampir dulu di restoran hotel. Untuk sarapan seperti hari-hari sebelumnya. Kali ini yang berbeda adalah bihun yang sebelumnya bakmie. Juga Omelet yang sebelumnya nggak sempet pesan.

……..

Sesi sarapan yang nyaman berlama-lama itu pun usai. Saya bergegas menuju lobi. Juga teman-teman yang lain. Serahkan card key kamar ke Resepsionnis untuk check out. Karena sudah tak lagi kembali kesini, ke Hotel Alea Seminyak itu.

Perjalanan hari ketiga bukan lagi pake PCX. Tapi pakai Jet Bus. Lebih bagus dari Jet Bus hari pertama. Warnanya lebih ngejreng, hijau. Dan tempat duduknya lebih lega.

Perjalanan hari itu (19/8) hanya menuju Kintamani. Mengeksplore obyek wisata disana. Yang tak kalah menarik dari obyek lainnya yang sudah saya datangi sebelumnya. Perjalanan cukup lama, hingga sempat tertidur. Terbangun pun sudah diarea Kintamani. Terlihat view gunung batur yang disampingnya terdapat danau itu. Pertanda tempat tujuan sudah dekat. Jalannya menurun..

Hingga sampai tujuan pertama. Museum Geopark Global Unesco Batur. Di daerah utara pulau Bali. Jauh… ditimurnya Taman Nasional Bali Barat. Disini tak cukup lama. Saya sendiri hanya sekedar puter-puter museum secukupnya. Tak ada tiket masuk seingat saya, terbuka untuk umum.

Disini, diparkiran Museum Geopark Batur. Ternyata sudah ditunggu oleh 4 mobil klasik. Merknya VW. Kelihatan mobil lama. Kondisinya cukup terawat. Usut punya usut, MPM Honda Jatim akan mengajak kita Blogger dan Vlogger untuk eksplorasi kawasan Black Lava. Ini kali kedua saya kesini.

Seru juga. Pakai mobil klasik VW. Trabas jalur Black Lava. Yang dominannya bebatuan itu. Hasil dari proses dinginnya lava hingga menjadi batu. Disini kita juga tak cukup lama, hanya berhenti sebentar untuk dokumentasi foto. Cukup itu saja hingga lanjut menuju wisata berikutnya.

Batur Natural Hot Spring

Seperti namanya. Kolam berendam air panas. Tempatnya ditepi danau. Konsepnya seperti dermaga. Disamping gunung batur.

Begitu banyak wisatawan disini. Dari mancanegara. Mayoritas pengunjungnya memang bule. Beberapa rekan blogger turun berendam dikolam. Kecuali saya, yang memang ogah berbasah-basahan. Cukup lama disini, menunggu yang lain selesai berendam. Sembari ngemil jajanan yang disediakan.

Setelah dari pemandian air panas ini. Lanjut lagi pakai mobil VW. Kembali keatas. Saya kira kembali ke area museum tadi. Ternyata beristirahat di Caldera Hotel & Restaurant. Istirahat sejenak sambil ngemil jajanan lagi. Dan juga ngopi.

Didaerah kintamani, terutama sekitaran gunung batur. Memang banyak resto semacam Caldera ini. Menjual view gunung batur dan danaunya untuk obyek foto, selfie atau sejenisnya. Dari sini kita juga bisa melihat jalur Black Lava yang tadi kami lewati. Hanya satu kata terucap.. Masya Allah. Semoga Allah Subhanahu wa ta’ala senantiasa menjaga keindahan alam ini seperti saat itu.

Ngopi santai di Caldera inipun rupanya menjadi puncak event Gathering & Touring Blogger Vlogger yang diselenggarakan MPM Honda Jatim yang disponsori MPM Insurance sebagai asuransi resmi milik MPM Honda. Selanjutnya perjalanan menuju Bandara Internasional Ngurah Rai. Lagi baik LION AIR, juga lagi menikmati delay jadwal penerbangan. Hingga akhirnya pengeras suara pun berbunyi… tujuan Surabaya dipindahkan ke Gate/Pintu lainnya…

Alhamdulillah… perjalanan yang menyenangkan. Juga tentu jalan-jalan liburannya. Ke Bali itu. Tapi yang paling menyenangkan tentu, bertemu kembali dengan keluarga.

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...