Dilema Kehadiran Motor Listrik Gesits, Antara Gengsi dan Inovasi !!

Motomaxone.com – Pembaca sekalian, upaya untuk terus meminimalisir polusi udara terus digulirkan oleh pemerintah dengan program-programnya. Salah satunya adalah terus mengkaji tentang regulasi kendaraan listrik karena memang dianggap sangat dibutuhkan saat ini. Benarkah demikian ?

Menurut Kepala Badan Pengembangan SDM di Kementerian Perhubungan bernama Djoko Sasono, semakin meningkatnya jumlah kendaraan bermotor maka seiring juga peningkatan kebutuhan bahan bakar minyak Hasil pembakaran kendaraan bermotor dinilai mempengaruhi kondisi lingkungan saat ini.

Produksi motor listrik disebut-sebut menjadi langkah yang cukup baik, namun bagi admin persiapan untuk bermigrasi ke kendaraan dengan tenaga listrik ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Mengapa demikian ? karena memang sangat sulit untuk mengubah pola hidup masyarakat yang sudah begitu tergantung dengan kendaraan bermotor.

Gesits yang merupakan motor listrik hasil karya Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) memang patut dibanggakan sebagai bagian dari hasil kekayaan intelektual masyarakat indonesia namun membidik motor listrik sebagai solusi mengurangi polusi udara yang saat ini ada juga kurang tepat sasaran.

Sebagai bagian dari program pemerintahan presiden Joko Widodo, harusnya teknologi kendaraan listrik perlu diterapkan lebih dulu kepada kendaraan fasum (fasilitas umum) seperti kendaraan angkutan massal hingga kendaraan angkutan barang yang sudah jelas-jelas di jalanan sangat nampak terlihat konstribusinya menyumbang polusi udara di indonesia.

Sebut saja BUS, berapa banyak BUS yang lolos uji emisi bahan bakar ? Masih mending motor yang terus menerus mengalami pembaruan teknologi untuk terus menekan emisi gas buang sehingga ramah lingkungan. Sedangkan BUS atau TRUK misalnya, boro-boro mampu lolos uji emisi, keberadaannya dijalan raya dengan kepulan asap hitamnya yang menyesakkan nafas pengendara motor dan pengguna jalan lainnya ibarat tidak tersentuh perbaikannya.

Meskipun demikian, admin tetap mendukung langkah pemerintah yang akan memproduksi massal motor listrik Gesits. Menurut informasi yang admin dapatkan, pemerintah mengharap motor listrik gesits ini bisa dinikmati oleh masyarakat dengan harga yang relatif murah. Namun alangkah baiknya berbagai infrastruktur penunjang motor listrik ini dipersiapkan terlebih dahulu dengan matang sehingga masyarakat pun tidak was-was dengan motor listrik yang bakal diproduksi massal serta akan diekspor ini. Jadi jangan hanya sebagai program sesaat sebagai bagian dari gengsi semata yang kemudian mengasap tak berbekas dikemudian hari. Sayang kan kalau demikian yang terjadi… (red)

2 Comments

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...