2020 Aprilia RS 660 Supersport 2 Silinder ber-Crankshaft 270 derajat, Hadirkan Versi Replika Reggiani 1994

Motomaxone.com – Aprilia meluncurkan produknya. Seperti halnya pabrikan lainnya. Masih di EICMA 2019, Milan, Italy. Supersport kelas menengah yang akan menjadi pesaing serius dari eksistensi YZF-R6 dan ZX-6R.

2020 Aprilia RS 660 Dirilis, Supersport 2 Silinder ber-Crankshaft 270 derajat

Berbicara tentang Aprilia RS 660 adalah berbicara tentang mesin barunya. 2 silinder-parallel 660 cc. Mengusung desain baru yang kompak. Pun sudah lulus regulasi emisi Euro 5. Konfigurasi mesin RS 660 ini berasal dari RSV4 1100 cc. Konfigurasi mesin yang dipilih karena kompak dan juga efisien dalam mengurangsi transmisi panas.

Dari mesin yang kompak itulah, Aprilia bisa mengoptimalkan ruang untuk rangka yang ramping dan juga ringan dengan model aluminium twin-spar yang diklaim baru. Beratnya hanya 169 kg.

Meski berbeda dengan segmen sejenis dari merk berbeda yang menyuguhkan mesin 4 silinder. Jangan salah sangka dengan mesin RS 660 ini yang hanya mengusung kontruksi 2 silinder itu. Karena mesin ini berbeda.

Diklaim lebih canggih. Dengan mesin 660 cc mampu menciptakan tenaga mencapai 100hp (101 PS) karena mengakomodir konfigurasi mesin dengan kontruksi crankshaft 270 derajat.

Menggunakan swing-arm asimetris (berbeda bentuk antara sisi kanan dan kiri). Suspensi upside down dengan diameter inner tube berukuran 41mm yang bisa disetting.

Overall desain bodi fairingnya keren. Mengunggulkan desain aerodinamis karena menggunakan dobel fairing. Modelnya mirip inner winglet seperti yang digunakan CBR1000RR-R itu. Memberikan fungsi tambahan aerodinamis yang membuat stabilitas saat kecepatan tinggi menjadi maksimal.

Diklaim mampu efektif melindungi pengendara dan penumpang dari tekanan udara. Meskipun penulis menyangsikannya. Karena ini motor dan pengendara tetap berpotensi mendapatkan tekanan udara itu. Kecuali dimanfaatkan dalam lintasan balap, tentu akan berbeda hasilnya.

Dipersenjatai dengan perangkat elektronik terbaru berbasis inertial measurement unit (IMU). Banyak fitur yang diberikan Aprilia kepada RS 660 ini.

Seperti fitur throttle by-wire. 5 mode berkendara yaitu Komuter, Individual, Challenge & time attack. Bila disederhanakan yaitu memiliki mode berkendara untuk harian, berkendara dinamis dijalan dan juga berkendara ekstrim di lintasan.

Aprilia juga membekali sistem infotainment MIA. Menambahkan konektivitas smartphone yang menampilkan navigasi langsung ke cluster instrumen yang terlihat pada layar TFT 5 inchi full color. Sistem penerangan dengan Headlamp LED memang tampak menarik dengan desain khas yang terbayang dengan Aprilia RSV4. Namun teknologi LED yang sudah banyak yang menggunakannya sebagai konsep motor modern itu terlupakan saat melihat model Aprilia RS 660 versi Replika Reggiani 1994 yang dihadirkan di EICMA 2019.

Foto-foto Aprilia RS 660 :

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...