Suzuki FXR 150 Motor Legendaris DOHC 4-tak Yang Masih Bisa Bersaing Dengan Sport Fairing 150cc Jaman Now !!

Motomaxone.com – Masih ingat dengan Suzuki FXR 150 ? Tidak banyak yang mengetahui tentang motor sport fairing yang pernah masuk menjadi lineup produk Suzuki Indonesia ini di-era tahun 2000-an. Motor sport ini menjadi yang paling modern di jamannya bahkan jika dibandingkan dengan motor-motor sport fairing 150cc saat ini, ternyata nggak kalah jauh lho terutama pada sektor spesifikasi dapur pacunya..

Motor ini lahir pada tahun 1997 dan pertama kali diperkenalkan oleh Lion Suzuki Motor Sdn Bhd Malaysia.  FXR 150 merupakan produksi lokal malaysia dengan komposisi komponen lokal yang digunakan 75%. Pada tahun 2000-an Suzuki FXR 150 akhirnya diimpor ke indonesia oleh Indomobil Sukses Internasional (Suzuki Indonesia) untuk menggantikan era motor 2-tak nya saat itu.

So, dijaman itu pula Suzuki FXR 150 menjadi motor sport fairing 150cc satu-satunya yang harus bersaing dengan kompetitor yang masih bertahan dengan jajaran motor 2-taknya seperti Honda NSR150R, Yamaha TZM150 dan Kawasaki Ninja 150RR. So, itu mengapa power Suzuki FXR 150 bahkan bisa lebih besar dibandingkan motor-motor sport fairing 4-tak masa kini.

Sebagai bukti bahwa Suzuki FXR 150 masih disebut yang modern dibandingkan sport fairing 150cc masa kini adalah spesifikasi mesin dan fiturnya. Satu paket motor Suzuki FXR 150, konsumen sudah mendapatkan motor sport fairing dengan rangka Twinspar (Deltabox), Swing-arm model banana seperti Aprilia RS 125, mesin DOHC 4-valve, power terbaik 20 PS meskipun mengusung karbu 29 mm (bandingkan dengan motor masa kini yang memiliki venturi throttle body 30mm keatas ) , karakter mesin overbore, pendingin oli (SACS) dan udara.

Selain itu, panel instrumen pada spidometernya sudah mengusung full digital LCD dengan informasi kecepatan, RPM meter, odometer, indikator persneling, fuel meter hingga informasi trip meter.

Bandingkan dengan sport fairing masa kini. Suzuki GSX-R150, mesin DOHC 4-klep dengan powernya mencapai 19,17 PS karakter mesin overbore, rangka mini twinspar, karena mini jadinya perlu tertutup body karena tidak berkesan kekar. Sedangkan swingarm model kotak biasa.

Yamaha New R15 memiliki mesin SOHC 4 klep, powernya mencapai 19,3 PS karena kapasitas mesin membengkak menjadi 155,1cc. Rangka deltabox, Swingarm Banana. Lagi-lagi mesin SOHC nya masih banyak dipermasalahkan oleh kalangan speedlover karena secara performa mesin DOHC diklaim lebih powerfull.

Nah dari keterangan tersebut diatas, meskipun lahir di tahun 2000-an secara performa Suzuki FXR 150 memang masih layak diperhitungkan karena ternyata lebih besar dibandingkan motor masa kini dengan beberapa kelebihan lainnya. Namun jika dibuat detail lagi ya masih banyak kelemahannya tentunya diantaranya lampunya redup tidak seterang motor sekarang yang sudah dibekali LED. Masih berteknologi karburator yang secara efisiensi tidak lebih hemat dari motor-motor injeksi.

Itu sekilas tentang komparasi Suzuki FXR 150 dengan motor sport fairing masa kini. Balik lagi ke bahasan FXR 150. Motor ini termasuk motor langka di indonesia. Maklum kemunculannya hanya 2 tahun lamanya yaitu 2000 s/d 2002 yang kemudian akhirnya diskontinyu. Dari waktu yang singkat tersebut, distribusinya sebagai motor impor pun diyakini tak terlalu banyak. Pantesan jika motor ini jarang berkeliaran di jalanan…

Performanya yang bisa dibilang eksotis ini juga terlihat pada limit RPMnya. Saat motor-motor sekarang bermain di limit RPM 10.000 s/d 13.000RPM, Suzuki FXR 150 mencapai limit 15.000 RPM yang artinya motor ini memiliki durabilitas mesin yang mumpuni karena dirancang untuk performa yang cukup tinggi di kelasnya. Belum lagi klaim estimasi kecepatan dengan kondisi mesin standar mencapai 140 kpj.

Bagi saya Suzuki FXR 150 masih menjadi motor legendaris yang patut diperhitungan hingga saat ini. Bagi saya pula kelemahan utama motor ini terletak pada desainnya yang terlalu lugu dan cupu. Masih lebih modis dan keren model NSR150 ataupun Ninja 150RR sehingga minat konsumen terhadap model ini pun menjadi tidak terlalu besar. Namun untuk alasan mengenang kembali kejayaan suzuki masa lalu, berikut dengan spesifikasinya performa yang bahkan masih lebih baik dari motor sekarang, Suzuki FXR 150 masih diburu oleh para peminat speedfreak yang ingin bernostalgia dengan motor jaman lawas ini. ( red )

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

Tinggalkan Jejak Disini....