Penjualan MX King 150 Unggul Telak di Segmen Sport Underbone 150cc, Menanti Secret Weapon Yamaha Sebagai Pendongkrak Performa Si Bebek Super !!

Motomaxone.com – Honda boleh saja pede karena matik entry level Honda Beat membukukan penjualan terlaris di tahun 2017 begitu juga dikelas sport 150cc. Namun di kelas bebek super (sport underbone), Yamaha menundukkan euforia honda tersebut dengan kemenangan telak di segmen ini.

Sejatinya dikelas sport underbone 150cc, ada 4 kontestan. Honda mewakillkan 2 produknya sekaligus yang memiliki basic mesin yang sejenis dengan versi sport 150ccnya yaitu Sonic 150R dan GTR150. Yamaha sendiri single fighter dengan MX King 150nya sedangkan Suzuki juga single fighter dengan Satria FU150 injeksinya.

Seberapa besar kemenangan MX King 150 ? bagi saya yang mengikuti persaingan dikelas ini, MX king 150 tidak hanya menang dalam hal jumlah penjualan. Namun kemenangan ini juga menjadi bukti kemenangan teknologi yang dimiliki Yamaha, padahal saya melihat mereka (yamaha) belum cukup maksimal di kelas ini.

Mengutip data AISI, Yamaha membukukan penjualan MX King 150 sebesar 56.849 unit. Jumlah ini menjadikan MX King merajai penjualan di segmen sport underbone berkapasitas mesin 150cc.

Di posisi kedua dan ketiga, ada Honda Sonic 150R dan Supra GTR150. Dua produk honda berbeda genre ini, dimana satunya pakai model ayam jago sedangkan satunya lagi menggunakan model pure bebek, masing-masing membukukan penjualan 31.186 unit (Sonic150R) dan 19.646 unit (Supra GTR150).

Suzuki yang beberapa waktu lalu menyegarkan tampilan Satria FU150 FI belum mampu berbuat banyak. Dari catatan saya, Satria FU melorot secara penjualan dan sekarang menempati posisi ke 4 dengan total penjualan mencapai 14.040 unit. Semua data penjualan diatas dihitung berdasarkan periode 11 bulan antara Januari s/d November 2017.

Melorotnya penjualan Satria FU FI dibarengi dengan kenaikan penjualan dari produk Supra GTR150. Dari pantauan saya sehari-hari, jalanan di area malang raya saja misalnya pengguna Supra GTR150 sudah mulai meningkat.

Bagi Honda, kejayaan Satria FU FI mungkin sudah tidak perlu lagi ditakutkan. Jagoan di model ayam jagonya yaitu Sonic 150R sudah menghantam telak Satria FU FI secara total penjualan. Sonic 150R bahkan unggul lebih dari 50% penjualan Satria FU FI. Hasil ini memang patut disyukuri honda..

Namun lagi-lagi euforia honda ini tidak layak dirayakan. Pasalnya Yamaha dengan MX King 150 nya masih menguasai segmen ini meskipun dengan strategi keroyokan yang telah disuguhkan oleh honda. Lho kok bisa ?

Gabungan total penjualan Sonic150R dan Supra GTR150 ternyata hanya mencapai 50.832 unit. Dengan jumlah total gabungan 2 produk inipun, selisih dengan MX King 150 masih mencapai 6.017 unit. Hal ini mengindikasikan segmentasi pasar bebek super yamaha membuktikan masih menjadi pilihan para penyuka kecepatan dikalangan remaja dan dewasa.

Sebagai catatan, kemenangan MX King 150 ini belum dipengaruhi oleh upgrade performa yang disinyalir akan menjadi secret weapon Yamaha jika kedua produk gabungan andalan kompetitor semakin mendekat.

Apakah MX King 150 akan menjadi DOHC layaknya kompetitor ? Disinyalir kuat, hal tersebut tidak akan dilakukan yamaha dalam waktu dekat hingga 3-5 tahun mendatang. Sebagai informasi, pengembangan teknologi Variable Valve Actuation yang pertama kali diterapkan pada Yamaha NMAX memang mengubah signifikan pandangan konsumen akan performa produk yamaha tersebut.

Saat ini strategi peningkatan performa dikelas motor hi perform 150cc dengan VVA + kapasitas mesin meningkat menjadi 155cc semakin dilebarkan jangkauannya. Jika sebelumnya hanya ada NMAX, kini Aerox 155 VVA, New Vixion-R dan New R15 sudah mengadopsi teknologi tersebut. Tercatat pula hanya MX King 150 yang memiliki platform mesin 150cc yang masih belum tersentuh teknologi VVA 155cc.

Artinya, kemenangan dengan merebut penjualan tertinggi di segmen sport underbone 150cc milik Yamaha MX King 150 bisa jadi akan bertahan lebih lama. Untuk pasar saat ini, nggak perlu menjadi DOHC untuk menyaingi performa motor kompetitor yang sudah mengadopsi DOHC. Btw, kesuksesan MX King 150 saya perkirakan pula karena masalah desain…

Big Sport Look yang ditawarkan MX King 150 memang membuat motor ini lebih dipilih ketimbang Supra GTR150. Nggak percaya ? coba lihat dari belakang, keren mana ??

Meskipun demikian, saya berharap tidak ada perubahan dari yamaha yang membuat MX King menjadi jelek desainnya dibandingkan sekarang. Yamaha perlu berkaca pada kegagalan suzuki yang mengubah total desain Satria FU FI namun akhirnya malah kurang diminati, padahal secara performa Satria FU FI saat ini paling unggul di jajaran sport underbone 150cc. (red)

BERITA LAIN :

Advertisements

Sopan Berkomentar Kamipun Segan