Modifikasi Honda CRF150L Supermoto …. Apa Itu Supermoto ??

Motomaxone.com – Beberapa kesempatan, admin melihat tren baru dari PT. Astra Honda Motor (AHM) saat melakukan launching produk. Salah satunya adalah menyediakan konsep modifikasi untuk produk baru yang bersangkutan sebagai inspirasi modifikasi untuk calon konsumennya. Tak terkecuali Honda CRF 150L yang di perkenalkan di tangerang kemarin. Honda menyuguhkan konsep modifikasi Honda CRF 150L Supermoto. Lanjut dibaca yuk…

Banyak yang ngomongin Supermoto namun banyak pula yang nggak tau maksudnya. Apa sih sebenarnya Supermoto itu ? Secara kasat mata admin, bicara Supermoto menjadikan admin terbayang motor trail / off road yang dibekali dengan ban aspal dengan ukuran ring velg yang sama antara depan dan belakang, biasanya menggunakan ukuran velg ring 17. Jadi berbeda dengan motor trail yang mana ukuran velg nya asimetris. Aslinya nggak begitu hehe…

Supermoto termasuk salah satu olahraga di bidang otomotif. Jenis kendaraan yang digunakan pun memiliki kemampuan ekstrim dalam artian motor yang digunakan untuk olahraga ini memiliki kemampuan multi fungsi yaitu dapat dipacu dalam tiga lintasan berbeda yaitu road race, motocross hingga lintasan datar atau biasa diistilahkan flat track.

Jadi kenapa disebut supermoto ? Supermoto atau disebut sebagai motor super karena memiliki kemampuan seperti disebutkan diatas. Cukup sampai disini spesifikasi supermoto itu ? Nggak lah… nggak sesimpel itu.

Supermoto bukan perkara mengganti jenis ban aspal dan mengganti ukuran velg yang sama saja namun dibagian setang pun memiliki spesifikasi khusus yaitu melakukan setting dibagian setang sehingga tidak terlalu panjang dan selebar milik motor trail. Ini khusus untuk area setang. Bagaimana dengan pengereman ?

Untuk sektor pengereman, supermoto miliki spesifikasi cakram yang lebih lebar dari milik motor trail pada umumnya. Kalau motor trail anda nggak cukup lebar ya diganti dengan cakram yang lebih lebar karena memang berhubungan dengan kinerja rem yang perlu ditingkatkan sesuai dengan spesifikasi supermoto itu sendiri.

Untuk olahraga supermoto sendiri, secara lintasan adalah kombinasi antara ON Road alias Aspal dan OFF Road. Track aspal mendominasi hingga 50 s/d 75 % sedangkan untuk sisanya menggunakan medan OFF Road. Nah untuk honda sendiri, sudah ada produk jenis supermoto yaitu CRF 250M.

Untuk konsep modifikasi memang berbeda lagi, pengguna bisa memodifikasi murni supermoto atau hanya sebatas terlihat seperti  Supermoto. Nah yang disajikan oleh AHM di launching CRF 150L kemarin admin lihat memang dimodifikasi murni menjadi supermoto. Beberapa perangkat disesuaikan seperti spesifikasi yang diperuntukkan bagi supermoto yaitu velg simetris, ban aspal, cakram besar hingga knalpot racing untuk pendongkrak performa mesin. Hmm jadi keren kan modifikasi honda CRF150L Supermoto ini. (red)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *