Merubah Jupiter MX 4-Tak menjadi 2-Tak

IMG_1424

Brosis sekalian. Jika berbicara yang namanya modifikasi, dijamin tak akan surut dalam menciptakan ide-ide brillian, aneh dan menantang. Sebuah rumah modifikasi haruslah siap dengan berbagai ke-njlimetan permintaan modif para pemilik motor selaku konsumen. Nah, kali ini fncounter akan mengangkat topik modifikasi eksotis saat ini, apa itu?

Modifikasi yang saya temukan kali ini sebenarnya sebuah downgrade teknologi dari moped project yamaha asia tenggara. Yup, Jupiter MX. Setelah pernah mengangkat topik modifikasi MX ala blok set CBR 150R. Kali ini modifikasi malah lebih ekstrem lagi untuk dilakukan. Berbekal platform NJMX, sang modifikator merubah motor 4-tak, SOHC 4 klep ini menjadi motor 2-tak dengan ciri khas ber-asap.

IMG_0985

Menurut saya sendiri, sebetulnya model modif seperti ini saya rasa berlebihan mengingat hanya untuk memperoleh sensasi kecepatan dan performa 2-tak yang sudah terkenal sampai sekarang. Jupiter MX sejatinya masih bisa digali potensi performa nya hingga mencapai 200 cc dengan blok set yang memang dikhususkan untuk memodifikasi mesin MX, tanpa harus menghilangkan teknologi 4-klep setara DOHC meski hanya SOHC.

IMG_1098

Bolehkah? ini kan malah membuat NJMX tersebut melanggar aturan karena tak lolos uji emisi? Yah, namanya juga modifikasi. Jadinya sesuka pemiliknya terlepas dari semua hal yang merugikan dirinya sendiri dan banyak orang tentunya. So, bijaklah memilah dan memilih modifikasi motor tercinta. (fnc)

Referensi by bikervietnam

Advertisements
10 Comments

Sopan Berkomentar Kamipun Segan