Membandingkan Biaya Pengecatan Mobil di Bengkel Resmi VS Bengkel Pinggir Jalan

Motomaxone.com — Ekspektasi pemilik mobil untuk terhindar dari goresan pada cat mobilnya memang bisa dimaklumi. Pasalnya biaya untuk memperbaiki kembali seperti semula memang mahal. Sebagai pengetahuan tentu penasaran dengan biaya cat di bengkel resmi dan bengkel cat pinggir jalan. Berapa perbedaan biayanya ?

Untuk memilih antara keduanya tentu pemilik mobil perlu memahami faktor resikonya. Seperti pada pengerjaan bengkel cat mobil pinggir jalan, dari sisi harga memang tak bisa dipungkiri jika bengkel seperti ini memberikan penawaran harga yang jauh lebih murah ketimbang bengkel cat resmi pabrikan.

Namun pengerjaannya yang biasanya relatif cepat tentu memberikan hasil berbeda bagi yang memprioritaskan kualitas. Resiko lain mengerjakan cat mobil di bengkel pinggir jalan adalah tidak bisa menghindari debu di jalanan. Cat atau vernis yang masih basah bisa jadi memiliki resiko ditempeli debu-debu halus yang tentunya akan membuat hasilnya kurang sempurna, meskipun sudah terlihat memuaskan.

Skill pengecat pun juga berbeda-beda dalam hal ini. Ada tenaga yang memang memiliki ketrampilan yang baik, ada pula yang sedang-sedang saja.

Bagaimana dengan cat mobil di bengkel resmi ? Lebih terjamin secara kualitas dan hasil pengerjaannya. Namun memang secara biaya relatif lebih mahal, bahkan 2-3x lipat lebih mahal dari cat bengkel pinggir jalan. Karena memang di bengkel resmi tersedia fasilitas khusus atau ruang khusus untuk melakukan pengecatan.

Di bengkel resmi, juga memungkinkan saat pengerjaan pengecatan minim adanya debu liar yang menempel. Apalagi jika sistem pengecatannya di oven, pasti lebih bagus lagi karena memang tidak tergantung dengan panasnya sinar matahari yang cenderung tidak menentu setiap harinya.

Selain itu, tenaga pengecatan sudah dijamin kredibilitasnya. Tenaga kerjanya sudah terpilih dan dijamin professional. Namun jenis cat dan vernis yang digunakan biasanya memang sesuai standar pabrik alias nggak bisa di nego mengingat pabrikan juga memiliki SOP yang perlu dijalanankan untuk menjaga kualitas bahan dan pelayanannya.

Mengutip informasi dari media mainstream, biaya pengecatan memang tergantung dari luas bidang area pengecatan body mobil yang dimaksud. Seperti standar di bengkel pinggir jalan misalnya, biayanya berkisar antara 150 ribu s/d 250 ribu rupiah. Biaya ini tergantung pada luas bidang pengerjaan hingga pemilihan kualitas cat dan vernis yang diinginkan.

Biasanya yang sering mendatangi bengkel pinggir jalan karena masalah goresan kecil. Untuk ini biasanya dibutuhkan biaya 150.000. namun jika lebih sulit dengan bidang pengerjaan lebih luas, biasanya antara 250 – 350 ribu melihat dari kesulitannya juga.

Bagaimana dengan bengkel resmi ? Pengerjaan di bengkel resmi tentu lebih terjamin secara kualitas cat dengan dukungan peralatan yang lebih modern.

Untuk pengecatan dengan hitungan per panel juga berbeda-beda antar pabrikan. Seperti Mitsubishi misalnya, pengecatan per panel dihargai antara 650 ribu s/d 850 ribu. Sedangkan untuk ternyata lebih mahal berkisar antara 700 ribu s/d 1,5 jutaan per panel tergantung dari jenis dan bahan cat yang digunakan. (red)

BERITA LAIN :

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *