Marc Marquez Sang Juara Dunia 6 Kali Termuda Sepanjang Sejarah MotoGP

Motomaxone.com — Sudah semusim admin tidak melihat motogp secara live. Memang sengaja tidak mengisi blog ini dengan konten hasil balapan motogp setiap seri karena lebih fokus pada pembahasan motor. Seri motogp 2017 pun berakhir, Marc Marquez menjadi juara dunia. Namun ada beberapa yang perlu diketahui. Admin akan memberikan resume singkatnya untuk pembaca sekalian..

Sirkuit Ricardo Tomo GP Valencia 2017 menjadi saksi bisu kedigdayaan duet super Repsol Honda dan Marc Marquez di musim kompetisi MOTOGP 2017. Mereka (Honda+Marquez) menutup musim yang seru dengan menjadi Juara Dunia MotoGP 2017. Sebuah prestasi yang menakjubkan untuk balap motor kelas dunia masa kini.

Tidak ada lagi nama Valentino Rossi yang membanggakan, namun greget motogp diisi oleh para pembalap baru yang lebih segar dan memiliki motivasi berlebih. The Baby Alien menyulap kompetisi MotoGP 2017 menjadi lebih seru dibandingkan MotoGP 2006 saat Valentino Rossi masih sedang jayanya. Bedanya, 2017 merupakan happy ending bagi Marquez sedangkan 2006 merupakan tahun tragis Valentino Rossi yang gagal juara.

Marc Marquez akhirnya menyandang gelar resmi sebagai Juara Dunia 6 kali MOTOGP yang merupakan pembalap termuda sepanjang sejarah motogp yang mampu memenangi kompetisi sebanyak 6 gelar juara dunia.

Mengapa GP Valencia merupakan happy ending untuk Marquez ? karena marquez yang berduel dengan Zarco diposisi kedua sempat kehilangan keseimbangan hingga nyaris terjatuh. Sebenarnya sudah jatuh, namun lututnya berusaha semaksimal mungkin untuk kembali menegakkan kembali motornya. Padahal sudah sempat masuk gravel tuh. Kesalahan marquez ini sebenarnya sangat fatal karena disaat yang sama Dovi sebagai rival utamanya merebut gelar juara malah naik ke posisi 3.

Beruntungnya duo Ducati yaitu Dovizioso dan Jorge Lorenzo sama-sama terjatuh dan gagal finish sehingga meskipun Marquez finish di podium ke 3 namun mutlak menjadi Juara Dunia 2017.

Hasil yang memuaskan bagi marquez padahal sempat ada permintaan team order di kubu ducati. Dovizioso yang sedikit terganggu dengan Lorenzo yang berada didepannya sempat mengirim pesan via dashboard ke Lorenzo yang bertuliskan “suggested mapping 8” arti dari pesan ini meminta Lorenzo mundur satu posisi. Namun pesan ini tidak dituruti oleh Lorenzo. Misi Tidak Mungkin dari Dovi yang ingin Juara Dunia layaknya mendiang Nicky Hayden di tahun 2006 pun akhirnya kandas.

Alhasil dengan tumbangnya Dovizioso, Marc Marquez mampu mengemas 298 poin. Unggul 37 poin dari Dovi yang berada di posisi kedua. Selain menjadi Juara Dunia 2017, Honda mendapatkan penghargaan kembali sebagai Juara Konstruktor 2017 dengan torehan 357 poin. Honda mengungguli Yamaha yang hanya mengumpulkan 321 poin.

Marc Marquez memang menjadi pembalap spesial saat ini. Diumur 24 tahun, dirinya menjadi pembalap termuda yang meraih 6 gelar juara dunia grand prix di level professional. Tinggi badannya hanya 168 cm dengan bobot badan 59 kg, meskipun posturnya mirip orang-orang indonesia namun secara prestasi postur tersebut tidak menghalanginya.

Tercatat Marquez bergabung dengan Repsol honda sejak 2013 lalu, sudah 5 tahun marquez membela Repsol Honda. Namun meskipun tidak terlalu lama, prestasinya sudah mentereng. Dikelas MOTOGP, Marquez mencatat 35 kemenangan dengan 63 kali meraih podium. Sedangkan di kelas Moto2, 6 kemenangan dan 25 podium didapatkannya. Sedangkan dikelas GP125 Marquez sukses merebut 10 kemenangan dengan 4 podium.

Soal urusan Juara Dunia, dikelas MotoGP Marquez mencetak juara dunia sebanyak 4 kali. Hanya di tahun 2015, Marquez absen menjadi juara. Titel juara dunianya tersebut didapatkan dari 2x kali menjadi juara dunia beruntun yaitu tahun 2013-14 dan 2016-17. Sedangkan di kelas Moto2, Marquez hanya sekali juara dunia (2012) yang kemudian naik level ke kelas motogp, sedangkan di kelas GP125 juga sekali juara yaitu di tahun 2010.

Tak bisa dipungkiri, Marquez menjadi wajah baru untuk MotoGP masa kini. Masa keemasan Valentino Rossi sudah habis dan kini saatnya era keemasan Marc Marquez melanjutkan kejayaan sang legenda hidup motogp tersebut. (red)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

Tinggalkan Jejak Ya Bro, Ngapunten Spam/Link Masuk Moderasi