Hidden Agenda Suzuki Satria F115 Youngstar… Potensial Segarkan Segmen Motor Bebek di Indonesia

Satria-F115-Young-Star1

Hallo guys… jumpa lagi pembaca sekalian setelah 3 hari ini fncounter.com harus freeze sejenak karena kesibukan. Ada kabar apa nih di dunia otomotif roda 2 indonesia? Jika brosis sekalian masih hangat-hangatnya dengan bahasan New Vixion series.. kali ini bersama fn mari mlipir sejenak dengan produk non-unggulan Suzuki Indonesia. Apa itu? New Suzuki Satria Mini…..

Yup demikian fn menyebutnya karena produk yang satu ini dikemas dengan segala macam hal yang berbau mini namun memiliki potensi berlebih meski hanya sekedar produk hiburan. Suzuki Satria F115 Youngstar resmi diperkenalkan dan mengaspal di indonesia. Namun tak malah banyak yang melihat sisi potensialnya, namun banyak pihak yang menganggap produk satu ini merupakan langkah ‘blunder’ Suzuki Indonesia yang malah tak membuat sesuai ekspektasi publik alias harapan banyak fans suzuki sendiri tentunya.

Memang benar jika secara kasat mata, kebanyakan orang nggak bakal ‘ngeh’ dengan maksud suzuki kali ini. Pengen sport 150 rasa DOHC satria fu gak ada realisasinya, tapi malah merilis Satria jadi-jadian dengan bekal jualan model ayam jago aja…. emang bakal laku…?? menurut fn ‘MENGAPA TIDAK’. Market share sport dan matic saat ini begitu di gerojog habis-habisan bak air terjun niagara (pada tau niaga waterfall nggak nih….. fn juga belum pernah kesana :mrgeen: ) namun di sektor moped/cub/bebek lesu broh….

Model bebek klasik sudah dirasa biasa, bagi beberapa orang masyarakat saat fn mencoba mencari data survey kecil-kecilan dengan bertanya pada beberapa orang, mereka memberikan pernyataan yang mengejutkan dengan logat jawa kasar yang jika fn terjemahkan akan berbunyi, “Beli motor bebek baru kok mahal sekali mas….. sama-sama motor bebek, second aja sudah cukup”.

Artinya apa? Ini mengindikasikan bahwa segmen moped yang mana model yang digelontorkan itu-itu saja membuat titik jenuh pada market share segmen yang dimaksud. Lha terus hubungannya dengan Satria F115 Youngstar apa ?? Meskipun bukan suatu kebetulan, namun Suzuki dalam hal ini mencoba peruntungan… ibarat tendangan langsung seorang pemain belakang yang begitu ingin mencetak gol nih….. suzuki mencoba berspekulasi bahwa lesunya penjualan produk mereka dikarenakan sebagian besar produknya tak memiliki nilai lebih ketimbang kompetitor.

Nilai lebih dalam segi fitur sih OK punya… desain Nggak kalah keren… tapi Brand Image suzuki jangan harap sebanding dengan Honda dan Yamaha di pasar motor indonesia. Mainset masyarakat terbentuk dengan produk yang berkualitas, keren dan dijual pun masih mahal hanya pada 2 pabrikan besar di indonesia tersebut…. so ATPM selain itu minggir dulu deh…

Suzuki Masih Memiliki Peluang. Tak ada gunanya menyerah, kalau pun memang iya ya sudah silahkan gulung tikar saja dan pergi jauuuhh dari indonesia. Tentunya Suzuki Indonesia tak ingin bernasib demikian, so inovasi yang sedikit diterapkan pada Satria F115 Youngstar untuk memberikan warna baru pada persaingan moped/cub/bebek di pasar roda 2 indonesia. Satria F115 Youngstar mencoba membangun strategi seperti suksesor sebelumnya Satria FU150. Model unik ayam jago, 150cc, DOHC menjadikan FU150 memiliki market share sendiri dan hingga saat inipun produk tersebut masih bertahan dan mampu berdiri tegak.

Mengapa tidak satupun yang mampu mematikan Satria FU150? Karena tidak adanya lawan di segmen yang sejenis. Nah kan ada MX King 150 ?? Proyeksi dari MX King 150 hanyalah sebagai penghambat laju FU150… bukan menghentikan lajunya. So tetap saja FU150 berkibar dan melenggang bebas…. moped, ayago, 150cc, DOHC menancap dan membentuk mainset kuat dikalangan speed lover sebagai pengganti era motor-motor 2 tak yang terkenal kecepatannya.

Satria F115 Youngstar memang tidak mengusung mesin tegak DOHC. Juga tidak bisa dibilang unggul dalam segi kecepatan kompetitor motor bebek di kapasitas mesin sejenis, namun Suzuki mengemasnya berbeda dengan model ayam jago membuat produk satu ini bernilai berbeda, berbanding terbalik jika saja diberikan baju sama dengan produk bebek lainnya. Dari sudut pandang fn Satria F115 Youngstar memiliki potensi yang perlu lebih digali mendalam, apalagi terdengar kabar masuk dalam meja redaksi fncounter.com, bahwasannya Satria F115 Youngstar juga diproyeksikan untuk turut serta dalam ajang kompetisi balap nasional. Jika benar demikian, Satria F115 Youngstar setara secara potensi dengan Jupiter Z1 yang juga diproyeksikan yamaha untuk kompetisi… toh dari prestasi kompetisi ini nantinya image Satria F115 Youngstar lambat laun akan meningkat. (~fn)

SPESIFIKASI SATRIA F115 :

Harga OTR Jakarta : Rp. 16.500.000

DIMENSI

Panjang 1.955 mm
Lebar 655 mm
Jarak Sumbu 1.220 mm
Jarak Pijak 145 mm
Tinggi Jok 765 mm
Berat Kosong 95 kg

MESIN

Jenis 4-Stroke, 1-Cylinder, Air Cooled, SOHC,
Isi Silinder 113 cm3
Ratio Kompresi
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection
Sistem Pengapian ECM (Electronic Control Module)
Sistem Starter Electrick and Kick
Transmisi 4-Speed Constant Mesh
Kapasitas Tangki 3.7 L

RANGKA

Suspensi Depan Telescopic, Coil Spring, Oil Damped
Suspensi Belakang Swingarm Type, Coil Spring, Oil Damped
Rem Depan Disc
Rem Belakang Drum
Roda Depan 70/90-17M/C 38P
Roda Belakang 80/90-17M/C 44P
Velg Casting Wheels
Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Budayakan Meninggalkan Komentar

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *