GW250 dan nex, Harapan Baru Suzuki Indonesia

Semakin ketatnya persaingan market roda dua, tentunya setiap manajemen pada sebuah ATPM dituntut untuk memberikan pemikiran yang terbaik untuk kesuksesan ATPM yang bersangkutan.

Tak terkecuali Suzuki Indonesia, sejak era 2-tak terkubur oleh eksistensi 4-tak. Lambat laun nama besar Suzuki semakin meredup. Tak hanya itu berbagai cara dilakukan untuk mendongkrak pasar Suzuki namun tak berhasil. Ini juga karena Suzuki terlalu dalam berada dalam bayang-bayang 2 kompetitor utama mereka yaitu Honda dan Yamaha.

Menginjak tahun 2011 ini, struktur manajemen Suzuki berubah. Inipun juga untuk mendapatkan ide-ide jitu dari manajemen internal yang baru tentunya. Dipenghujung akhir tahun 2011 ini, Suzuki mengeluarkan calon jagoan mereka di segmen skutik. Kode nama yang diberikan adalah Suzuki nex, skutik baru ini digadang-gadang sebagai penerus suzuki spin yang resmi dilengserkan.

Ada perubahan yang besar dari pergantian generasi skutik ini, bila suzuki spin dibekali kapasitas silinder 125 cc  berbeda dengan penerusnya saat ini. Suzuki nex dibekali dengan mesin 110 cc, namun dari cc yang lebih kecil memiliki tujuan untuk efisiensi pemakaian bahan bakar dari motor itu sendiri.

Suzuki Indonesia mengklaim bahwa Suzuki nex sendiri merupakan motor anyar yang memiliki efisiensi bahan bakar hingga 79,6 km/liter. Kemampuan tersebut diperoleh karena mengusung konsep teknologi mesin ‘LEaP TECH’ alias Light, Efficient and Powerfull (LEaP) yang merupakan konsep yang digunakan untuk mendesain mesin dan body Suzuki nex secara keseluruhan.

Produk lain yang tak kalah menarik adalah akan dimasukkannya Suzuki GW250 untuk meramaikan pasar motor sport tanah air. Berbeda dengan sebagian besar kompetitor dimana kelas sport 250 dihuni oleh motor-motor sport berfairing, maka konsep dari Suzuki GW250 adalah naked bike yang lebih cocok bergaya touring.

Bisa jadi bahwa rencana keluarnya Suzuki GW250 dan Suzuki nex ini merupakan momentum yang pas untuk bangkit dari keterpurukan selama tahun 2011. Sebagai contoh Suzuki GW250, dengan konsep naked bike pastinya Suzuki GW250 akan dibanderol lebih murah dibandingkan CBR 250 atau Ninja 250.

Nah inilah kejelian dalam membaca pasar tak lain dengan tujuan utama melemahkan pasar kedua motor 250 cc tersebut (Ninja 250 dan CBR 250) yang sudah lebih dulu mengaspal di tanah air, pastinya Suzuki GW250 bakal semakin dinanti kedatangannya. Kalaupun rencana tersebut berjalan lancar, maka tumpuan penjualan Suzuki tak hanya dibebankan pada Satria Fu melainkan akan lebih merata. (fnc)

Advertisements
No Comments

Sopan Berkomentar Kamipun Segan