yamaha

Honda Winner X 150 Dipatenkan di Indonesia, Dilema Supra GTR 150 !!

yamaha

Motomaxone.com – Honda Supra GTR 150. Motor bebek sport besutan AHM ini mengawali debutnya pada tahun 2016. Perubahan atau penyegarannya sendiri baru terjadi setelah tiga tahun berjalan yaitu di tahun 2019.

Perubahan di tahun 2019 diantaranya adalah tampilan stripe dan beberapa bentuk fisiknya. Seperti panel speedometer dari analog menjadi full digital, lampu depan bohlam menjadi LED hingga bentuk lampu belakang yang berubah.

Namun perubahan di tahun 2019 itu sejatinya tidak terlalu diharapkan publik otomotif di Indonesia. Pasalnya di negara lain di kawasan asia tenggara, motor yang lebih dikenal dengan nama Winner X 150 itu malah berubah total hingga seperti Honda Winner X yang sekarang ini ada. Dengan ciri khas headlamp yang diturunkan ke batok cover bodi depan tengah seperti motor matic honda.

Namun perubahan versi AHM ini masih sepi peminat. Bahkan beberapa data menyebutkan bahwa, Supra GTR 150 masih kalah secara penjualan dengan MX King yang menjadi andalan kompetitornya AHM.

Per awal bulan lalu, motor konsep yang mirip dengan desain Winner X ini dipatenkan oleh Honda Motor hingga paten ini tercatat dalam situs resmi Dirjen Kekayaan Intelektual Kemenkumham. Terdapat pada Berita Resmi Desain Industri No. 28/DI/2022 dengan nomor permohonan A00202201460.

Artinya bahwa kehadiran motor yang mengusung desain Winner X 150 ini bukan menjadi ancaman bagi Supra GTR 150. Melainkan inilah wajah baru dari Honda Supra GTR 150 yang terbaru nantinya.

Namun yang menjadi catatan penulis disini, bahwa penulis mengusulkan untuk menghilangkan label nama ‘Supra’ untuk motor yang satu ini. Sehingga akan lebih dikenal dengan nama Honda GTR 150 atau malah lebih memilih nama Winner X untuk menggantikan label nama Supra GTR 150. Mengingat label Supra lebih dikenal dengan produk motor bebek yang fungsional dengan memprioritaskan kenyamanan dengan desain ergonomi yang santai pada pengendaranya.

Supra GTR 150 2016

Hal yang tentunya berbeda dengan Supra GTR 150. Motor yang mengusung konsep motor bebek sport dengan jok tempat duduk yang sporty hingga performa yang kurang nyaman untuk berkendara pelan.

Baik Supra GTR 150 dan Winner X, tetap mengusung platform dapur pacu yang sama. Berkapasitas mesin 149,16 cc. Mesin berkontruksi DOHC, 4 katup. Dengan sistem pengabut injeksi PGM-Fi. Output performanya pun sama, mengusung power maksimal 16,3 PS dan torsi 14,2 Nm dengan penyaluran tenaga 6 speed. Winner di Vietnam dibanderol dengan kisaran harga 29 s/d 32 jutaan.

Kehadiran Winner X di Indonesia nanti, tentu saja diharapkan bisa mengimbangi bahkan mengungguli MX King. Namun yang penting menjadi catatan disini adalah bahwa pihak kompetitor pun saat ini juga tidak terlalu mengandalkan produknya sebagai bagian dari tulang punggung penjualan karena segmentasi motor bebek sport saat ini sudah sangat tergerus oleh kehadiran skuter matic yang mengusung kapasitas mesin yang sama, namun dengan sisi fungsionalitas yang jauh lebih tinggi. (~fn)

Kolom Komentar