yamaha

Honda ‘NEW’ Scoopy 2022 : Ragam Tampilan Warna Baru, Cermati Fitur Kick Starter dan Tanpa Kick Starter !!

yamaha

Motomaxone.com – Menjelang akhir tahun 2022, AHM rupanya masih terus bergerak lebih cepat untuk memberikan penyegaran pada produk motor andalannya. Salah satunya adalah motor andalan di segmen skuter matic. Honda Scoopy, dengan wajah baru.

Bukan soal desainnya karena Scoopy kita ketahui bersama sudah melakukannya beberapa tahun lalu. Menggantikan Scoopy generasi pertama lampu utama LED yang juga mengusung ring velg lebih kecil 12 inchi namun dibekali ban gemuk yang mirip dengan donat.

Tampilan baru kali ini masih mengusung label 2022 yang tentunya juga memiliki VIN (vehicle identification number) tahun 2022 pula.

Beragam pilihan warna baru hadir pada New Honda Scoopy tipe standar yang kini mengusung desain striping bernuansa baru. Pada varian Fashion hadir kombinasi warna baru yakni Fashion Blue serta Fashion Brown. Sementara itu, untuk varian Sporty hadir kombinasi warna baru Sporty Silver yang menemani pilihan warna yang sudah ada sebelumnya yaitu Sporty Red. Keseluruhan pilihan warna pada varian Sporty dan Fashion disematkan striping terbaru yang selaras dengan karakter anak muda urban yang aktif beraktivitas.

Pembaruan striping juga diberikan pada New Honda Scoopy tipe Smart Key varian Stylish yang mempertahankan warna Stylish Brown dan juga Stylish Red. Pada varian Prestige, menemani warna Prestige White, hadir warna baru yaitu Prestige Green yang semakin terlihat berkelas dan premium bagi para penggunanya yang siap menjadi pusat perhatian.

Keseluruhan varian pada tipe Standard dan Smart Key disematkan tampilan terbaru pada hand grip, panel meter, serta pijakan kaki yang kini memiliki pola desain baru. Ubahan detail tampilan ini menjadikan skutik trendsetter ini semakin bergaya sesuai dengan karakter penggunanya. Model ini juga ditemani dengan kapasitas boks konsol depan yang lebih besar, membuat skutik ini semakin fungsional untuk berkendara harian.

Direktur Marketing AHM Thomas Wijaya mengatakan AHM terus berinovasi menyegarkan tampilan dari New Honda Scoopy untuk mempertahankannya sebagai skutik trendsetter di Tanah Air. “Pilihan warna terkini pada New Honda Scoopy yang dilengkapi dengan stripe terbaru memberikan pilihan bagi para pencinta motor skutik yang ingin tampil bergaya. Penyempurnaan fitur baru berupa boks konsol depan yang lebih besar membuat penggunanya dapat membawa lebih banyak barang untuk tampilan maksimal mereka yang ingin tampil unik dan juga fashionable,” ujar Thomas.

AHM membekali New Scoopy 2022 ini dengan spesifikasi mesin yang sama dengan generasi tahun sebelumnya. Masih dengan rangka yang sudah diperbarui dengan model eSAF. Mesinnya masih berkapasitas 110 cc berteknologi eSP (enhanced smart power). Diklaim AHM hemat BBM, namun memiliki performa optimal.

Tangki BBM nya juga masih berkapasitas sama 4,2 liter. Dengan metode ECE R40 dengan fitur ISS (idling stop system) yang aktif, motor ini diklaim mampu mencapai efisiensi bahan bakar sebanyak 59 km/liter.

Fitur menarik lainnya pada New Scoopy adalah USB charger. Menggantikan power outlet agar konsumen tidak repot lagi membeli USB charger secara terpisah. Smartkey Keyless juga menjadi bagian yang diandalkan pada generasi Scoopy saat ini. Mengesankan motor dengan teknologi masa kini yang tidak tergantung dengan kunci kontak fisik. Namun yang penting diingat, remote untuk fungsi immobilizer nya jangan sampai hilang ya.

Catatan :

Sebuah catatan penting lainnya dari kami, adalah adanya perbedaan mendasar dari tipe New Scoopy ini. Yaitu langkah bertahap untuk meninggalkan sepenuhnya kick starter.

Pada tipe Scoopy Stylish dan Prestige, fitur kick starter sudah dihilangkan. Ini artinya, saat pemilik motor mendapati motornya dalam kondisi lemah daya listriknya sehingga tidak bisa menggunakan elektrik starter, maka tidak ada cara lain selain membeli aki (accu) baru agar motor kembali bisa dihidupkan.

Sedangkan pada tipe Scoopy Sporty dan Fashion, fitur kick starter ini masih dipertahankan. Sehingga disaat daya aki/accu lemah, elektrik starter tidak bisa dinyalakan maka untuk menghidupkan mesin masih bisa memanfaatkan kick starter tersebut.

Nah tentunya dilematis bukan. Menurut penulis, kehadiran kick starter ini tetap dibutuhkan pada kondisi tertentu seperti yang dijelaskan diatas. Hilangnya kick starter tentu akan membuat pengguna motor begitu tergantung dengan sumber daya accu setiap saat.

Berikut daftar harga masing-masing varian New Scoopy 2022 terbaru OTR Jakarta.

Tipe Sporty dan Fashion = Rp. 21.553.000,-
Tipe Stylish dan Prestige = Rp. 22.315.000,-

Demikian informasinya semoga bermanfaat. Wassalamu’alaikum. (~fn)

Kolom Komentar