promo

Fungsi ISS Matik Honda Bermasalah, Waspada 3 Penyebab Ini….

 

Motomaxone.com – ISS adalah singkatan dari Idling Stop System. Fitur ini terdapat pada skuter matik produksi Honda yang memiliki fungsi utama menciptakan efisiensi bahan bakar selama motor menyala.

Fitur ISS ini memungkinkan mesin motor ‘Honda’ kamu akan dimatikan secara otomatis saat dalam posisi idle seperti berhenti dan menunggu di lampu merah juga saa berhenti menunggu di perlintasan kereta api.

Menunggu hal tersebut, mesin motor konvensional akan terus menerus menyala yang pasti juga mengurangi kapasitas bahan bakar. Dengan adanya fitur ISS ini, mesin motor akan dimatikan secara otomotis jika motor dalam kondisi diam dengan mesin hidup selama sekian detik waktu yang ditentukan. Alhasil dapat menghemat konsumsi bahan bakar secara signifikan.

Nah dalam kondisi tertentu, ISS ini bisa mendadak tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Terutama untuk motor matik keluaran Honda yang sudah berumur.

Dalam kondisinya di lapangan. Penulis sering menjumpai banyak konsumen malah kurang nyaman bisa fitur ISS ini di ON kan. Mereka lebih memilih menon-aktifkan ISS ini dengan beragam alasan. Seperti agar tahu bahwa motor dalam motor dalam keadaan menyala hingga panik saat mesin motor kok tiba-tiba mati.

Hal yang dianggap merepotkan itulah yang sering ditemui. Terasa sepele namun bisa jadi akibat jarang digunakan maka skalar ISS nya bermasalah karena konektor nya ditumpuki oleh debu (kotor).

Mengutip dari otomotif, sebab lain tidak bekerjanya fungsi ISS adalah adanya masalah pada sensor kecepatan (speed sensor). Dikatakan masalah ini pernah dialami konsumen bengkel. Speed sensornya mati sehingga ISS nya pun akhirnya mati juga. Sehingga untuk memperbaikinya maka perlu dilakukan penggantian unit speed sensornya tersebut.

Sedangkan menurut astra honda selaku pabrikan produsen motor honda memberikan analisa bahwa sebab lainnya mengenai bermasalahnya fungsi ISS adalah kondisi ACCU yang tidak baik. Bisa jadi arusnya lemah atau malah tekor alias arus listriknya gampang habis dan tidak bisa menyimpan daya listrik. Pabrikan memberikan tanggapan, bahwa syarat agar fitur ISS ini bekerja maksimal adalah daya listrik ACCU dalam kondisi prima so, saat kondisi aki kurang baik maka coba di isi daya terlebih dahulu atau lebih baik lagi diganti dengan ACCU yang baru tentunya.

Nah, demikian 3 sebab fitur ISS ini tidak bekerja dengan baik. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. (red)

Kolom Komentar