Dampak Penggunaan Sparepart Palsu, Begini Kata Yamaha STSJ

Motomaxone.com – Pembaca sekalian, meningkatnya jumah pengguna sepeda motor membuat penyediaan kebutuhan akan suku cadang juga semakin besar. Fenomena ini ternyata juga menyebabkan peredaran spare part palsu semakin meluas. Penggunaan spare part palsu tentu akan menurunkan performa mesin pada kendaraan konsumen. Tidak hanya itu, penggunaan konsumsi bahan bakar akan lebih boros. Oleh karena itu, pengendara wajib memilih spare part yang ASLI sehingga kinerja mesin tetap terjaga.

Ilham Wahyudi, General Manager Service PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ) mengungkapkan “Memang secara kasat mata Spare part yang asli dan yang palsu tidak terlalu terlihat berbeda. Untuk menghindari penggunaan suku cadang palsu, konsumen bisa melakukan pembelian di bengkel resmi yang sudah terjamin keASLIannya. Karena di suku cadang yang dijuall dibengkel resmi sama dengan suku cadang yang digunakan pada motor baru. Jadi tidak akan membahayakan keselamatan para pengendara sepeda motor,”

Adapun Ilham menyampaikan dampak yang akan terjadi bila konsumen menggunakan suku cadang palsu sebagai Berikut :

  1. Performa mesin akan menurun

Penggunaan suku cadang palsu dapat menyebabkan efisiensi mesin menurun. Ketika konsumen menggunakan suku cadang yang tidak sesuai dengan spesifikasi aslinya, dapat mengganggu kinerja mesin dan bahan bakar akan lebih boros. Hal ini juga berdampak pada komponen lainnya yang saling berhubungan.

  1. Penggunaan BBM lebih boros

Ketika pengendara menggunakan suku cadang palsu kinerja suku cadang tersebut tentu tidak akan sama dengan suku cadang ASLI. Seperti contoh, penggunaan filter udara palsu. Komponen ini berfungsi untuk menyaring udara kotor agar tidak sampai pada sistem pembakaran. Namun ketika komponen yang digunakan palsu, tentu performa penyaringan tidak akan maksimal dan membuat komponen lainnya bekerja lebih keras. Hal ini akan menyebabkan konsumsi bahan bakar lebih boros.

  1. Garansi sepeda motor hangus

Salah satu benefit yang didapatkan oleh pemilik sepeda motor adalah garansi service. Namun, ketika pemilik kendaraan kedapatan menggunakan suku cadang palsu secara otomatis garansi service akan hangus. Maka dari itu, hindari penggunaan suku cadang palsu agar konsumen dapat menikmati garansi service yang berlaku.

  1. Berkendara jadi tidak nyaman

Tidak menutup kemungkinan penggunaan spare part palsu dapat menyebabkan risiko kegagalan pada mesin. Sehingga dapat mengancam keselamatan bagi pengguna dan pengendara lainnya.

Untuk mendapatkan suku cadang yang ASLI, konsumen bisa langsung mengunjungi bengkel resmi Yamaha terdekat. Penggunaan suku cadang yang asli tentu membuat umur pada komponen kendaraan lebih awet dan tidak mudah rusak.  (FN)

About MOTOMAXONE.COM 4656 Articles
*Seorang Muslim *Seorang Suami *Seorang Ayah *Seorang Publisher (Blogger) *Seorang penyuka otomotif dan teknologi informasi

Be the first to comment

Kolom Komentar