Berbagi Keakraban di Wisata Arung Jeram Songa Probolinggo di Acara Adventure Gathering Blogger Vlogger Jawa Timur

Motomaxone.com – Minggu kemarin (29/7) penulis mendapatkan undangan dari MPM Honda untuk menghadiri acara ADVENTURE GATHERING Blogger Vlogger Jawa Timur. Kebetulan pula tidak ada kepentingan keluarga yang mendesak mengingat hari ahad biasanya merupakan waktu terkhusus untuk kebersamaan keluarga.

Adventure Gathering yang dimaksud disini adalah rafting di area Songa, Probolinggo. Tentunya bagi pembaca sekalian yang demen dengan wisata yang berkonsep petualangan tentu sudah pada tahu tempat ini.

Penulis pun terus terang baru mengetahui adanya wisata ini setelah diajak, maklum kalau hanya segelintir orang saja sepertinya kurang seru karena lebih enak dilakukan beramai-ramai…namanya aja wisata berkonsep adventure.

Bertolak dari kediaman, penulis sampai di MPM Sedati sekitar pukul 6.14. Sudah banyak yang datang saat itu dari rekan-rekan blogger dan vlogger. Tak banyak waktu terbuang, setelah menyantap snack roti dan minuman kami berangkat menuju lokasi wisata Rafting Songa Probolinggo.

 

Perjalanan dengan 3 kendaraan low MPV yang kami kendarai mampir terlebih dahulu di area bangil pasuruan untuk sarapan pagi. Kali ini Warung Nasi Punel Hj. Lin yang bertempat di jalan JA Suprapto Bangil. Selepas sarapan, kami pun melanjutkan perjalanan hingga menuju tempat wisata rafting di songa probolinggo.

Menempuh sekitar 45 menit perjalanan, penulis dan rekan blogger vlogger akhirnya tiba ditempat wisata rafting yang tepatnya di Songa Atas. Sehubungan antrian tidak cukup banyak saat itu kami mulai bersiap, ada yang berganti pakaian dan lain sebagainya. Perlengkapan rafting juga mulai kami kenakan diantaranya rompi pelampung, dayung hingga helm. Saatnya beraksi…

Sebelum berangkat dengan pick up yang disediakan ditempat wisata, kami lebih dahulu mendokumentasikan kegiatan dengan berfoto bersama. Perkiraan penulis dimana tempat masuk ke sungai ‘arus deras’ dekat ternyata salah, perjalanan menuju tempat start raftingnya ternyata cukup jauh. maklum perjalanan menyusuri sungai nya sendiri saja berjarak 12 kilometer.

Selepas perjalanan dengan pick up, saat nya berjalan kaki turun menyusuri bukit untuk menuju ke lokasi raftingnya. Lagi-lagi akses jalannya cukup melelahkan karena cukup curam karena akses menuju lokasi start nya sendiri belum dikelola dengan baik sehingga bisa mudah diakses, semoga pihak pemerintah kabupaten probolinggo bisa membenahi obyek wisatanya ini agar lebih baik lagi dimasa mendatang.

Tibalah kami di lokasi wisata Arung Jeram Songa Probolinggo…

Pemandangan yang asyik, alami diapit perbukitan dengan arus sungai yang deras dan jernih membuat kami bak berada di kawasan sungai di hutan amazon. Setelah sampai dibawah, tak membutuhkan waktu lama, rafting pun dimulai. Dari rombongan kami, terbagi menjadi 4 kelompok (4 perahu). Sedikit deg deg an karena baru pertama kali nya mencoba wisata seperti ini… setelah mendapatkan penjelasan dari instruktur ternyata kompleks juga ya… itung-itung outbound nih bermain berkelompok untuk mengasah kerjasama sebagai satu tim.

Secara teknisnya tentu tidak perlu penulis sebutkan disini, kalau pembaca sekalian penasaran bisa langsung menyambangi wisata nya sendiri. Dijamin pasti seru…

Untuk menjaga keseimbangan perahu karetnya, setiap orang diatur sedemikian rupa sehingga antara sisi kanan dan kiri seimbang untuk menghindari perahu terbalik. Untuk tantangan lintasan arung jeramnya sendiri menurut penulis tidak cukup ekstrim sehingga cocok untuk sekedar bersenang-senang saja. Kerjasama tim sangat dibutuhkan untuk wisata arung jeram ini karena memang nantinya akan mengalami kondisi-kondisi yang tidak terduga seperti tersangkut di bebatuan dan sebagainya.

Disela perjalanan arung jeram sudah ada sesi fotonya jika kita ingin mendokumentasikan. Bisa dengan smartphone kita sendiri atau dengan yang sudah disediakan oleh penyelenggara wisatanya sendiri. Overall pemandangan yang disuguhkan memang sangat alami. Selain lintasan sungai arus deras jika ada air terjun yang membikin indah suasana.. tak lupa gua kelelawar yang bersarang dibawah air terjun juga memberikan kesan natural pada wisata rafting di songa atas, probolinggo ini.

Keseruan dibalik perjalanan arung jeram ini setidaknya perlu diberikan apresiasi, terutama kepada MPM Honda yang menjadi pihak penyelenggara kegiatan ini. Disela kesibukan kami para blogger yang memiliki multi profesi tentunya tidak banyak waktu yang bisa kita sisihkan untuk melakukan kegiatan bersama-sama seperti ini. Terima kasih untuk MPM yang telah mengundang penulis, terus terang ini menjadi pengalaman perdana di wisata arung jeram ini. (red)

Advertisements

Sopan Berkomentar Kamipun Segan