Persiapan Honda Bikers Day, Lakukan 6 Hal Ini !!

yamaha

Motomaxone.com – Berkendara jarak jauh memang wajib untuk melakukan persiapan yang lebih matang dibandingkan dengan perjalanan sehari-hari. Bagi para bikers yang berencana ikut meramaikan kegaiatan Honda Bikers Day (HBD) yang akan diadakan di Malang pada oktober bulan depan perlu untuk menyimak hal2 yang harus  dipersiapkan.

Berikut adalah beberapa tips persiapan yang penting sebelum para bikers melakukan perjalanan jarak jauh dengan sepeda motor.

  1. Lakukan Perawatan Motor
    Pastikan sepeda motor para bikers dalam kondisi baik. Periksa semua sistem seperti mesin, rem, lampu, ban, dan suspensi. Gantilah oli mesin dan filter oli jika sudah waktunya sesuai jadwal perawatan. Pastikan ban dalam keadaan baik, dan tekanan angin ban sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Periksa sistem pengereman dan pastikan rem berfungsi dengan baik.

  2. Kelengkapan Berkendara
    Kelengkapan berkendara disini yang dimaksud adalah dokumen berkendara seperti SIM, STNK, dan kartu identitas diri hingga Surat Nikah (bagi yang sudah berkeluarga)

  3. Perlengakapan Berkendara
    Gunakan perlengkapan berkendara memberikan rasa aman dan nyaman, seperti memastikan menggunakan helm sesuai ukuran kepala, jaket pelindung yang memiliki fitur air flow nya, sarung tangan full yang menutup jemari, sepatu atau sepatu bot.. pastikan yang menutup mata kaki, protector lutut dan siku.

  4. List barang-barang bawaan
    Masing-masing orang mungkin memiliki preferensi barang bawaan yang berbeda-beda. Namun, saat hendak touring motor ada beberapa jenis barang utama yang wajib untuk dibawa. Di antaranya adalah handphone, powerbank, obat-obatan, air minum, sedikit makanan kemasan, pakaian ganti, dompet, uang tunai, tool kit, dan senter

  5. Perencanaan Rute
    Rencanakan rute perjalanan para bikers sebelum berangkat. Kenalilah rute alternatif jika terjadi masalah di jalan.bPertimbangkan waktu tempuh, istirahat, dan titik-titik berhenti yang mungkin Anda butuhkan.

  6. Navigasi dan Ponsel
    Gunakan aplikasi navigasi atau GPS yang dapat membantu para bikers menentukan arah dan lokasi saat perjalanan.

“Ingatlah bahwa persiapan yang baik adalah kunci keselamatan saat berkendara sepeda motor jarak jauh, selain persiapan diri kendaraan yang akan kita pakai untuk perjalanan jauh juga wajib diperhatikan agar menjadi nyaman dan selalu #Cari_Aman saat berkendara di jalan” kata Hari Setiawan, Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim. (FN)