Perbandingan Spesifikasi Honda BeAT 2020 vs BeAT 2019

Motomaxone.com – Honda resmi memperkenalkan  Honda BeAT 2020 kemarin. Line-up produk skuter matik dikelas low-end pun semakin kuat setelah hadirnya All New Honda BeAT 2020 ini. Begitu yang penulis rasakan setelah melihat beberapa penyegaran dari motor terlaris Astra Honda Motor ini.

Perbandingan Spesifikasi Honda BeAT 2020 vs BeAT 2019

Namun tentunya bagi banyak orang, pasti bertanya-tanya. Apa saja perubahannya antara BeAT 2020 dengan generasi sebelumnya BeAT 2019. Ini pula yang menjadikan penulis penasaran. Hingga penulis memutuskan untuk menghimpun data.

Data terkait spesifikasi teknis dari motor berbeda tahun produksi ini. Yang penulis sinyalir kuat akan mampu mempertahankan status pasar sebagai produk terlaris, satu periode lagi.

 

Selain banyak fitur yang sudah diakomodir. Seperti lampu depan yang akhirnya… sudah LED. Desain bodi yang berubah. Karena headlampnya baru, maka tampilan tampak depan bodi fairingnya pun berbeda menyesuaikan bentuk headlampnya. Itu terkait fitur..

Kini penulis akan membahas terkait perbandingan spesifikasi teknis antara dua produk beda generasi ini. Generasi 3 vs Generasi 4 (All New BeAT 2020). Seberapa jauh potensi performanya dari perubahan spesifikasi yang disuguhkan. Berikut beberapa perubahan pada spesifikasi Honda BeAT 2020 :

  • Mengusung basis mesin Genio, BeAT 2020 memiliki komposisi mesin lebih besar yaitu 109,5 cc. Lebih besar 1,3 cc dibandingkan BeAT 2019. Tetap mengusung mesin 4 langkah dengan kontruksi SOHC berteknologi eSP.
  • Tetap mengusung sistem pengkabutan injeksi dari sistem injeksi PGM-FI. Dari spesifikasi tertera terlihat sama. Namun penulis menduga sistem injeksinya berbeda dari model 2019.

  • Bore x Stroke. BeAT 2020 cenderung berkarakter overstroke. Mengusung karakter mesin yang unggul saat berakselerasi dibandingkan BeAT 2019 meski sama-sama overstroke. Terbukti spesifikasi diameter dan langkahnya berbeda seiring dengan basis mesin yang digunakan berbeda. BeAT 2019 memiliki perbandingan 50×55,1 sedangkan BeAT 2020 memiliki perbandingan 47 x 63,1 mm.
  • Rasio kompresinya juga berbeda. Dari 9,5 naik menjadi 10:1. Mengusung kompresi lebih tinggi. Disisi lain mampu mendongkrak performa. Disisi lain kekurangannya adalah konsumen harus memperhatikan bahan bakar yang digunakan. Harus mengakomodir spesifikasi kompresi tinggi. Tidak menggunakan bahan bakar yang sesuai spesisifikasi akan berdampak pada usia mesin yang berkurang. Sedangkan memilih bahan bakar yang tepat untuk kompresi mesin akan memberikan keuntungan pada tarikan mesin yang lebih enteng juga keawetan mesin.
  • Power dan Torsi naik untuk versi BeAT 2020. Artinya performanya pun juga terdongkrak. Besar ? Nggak juga. Tapi cukup lumayan. Ibarat beat 2019 dikorek harian sedikit saja. Mungkin hasilnya ya BeAT 2020 ini :mrgreen:

  • Tipe rangka. Tak berbeda secara tipenya. Tetap mengusung model underbone alias tulang punggung. Namun yang baru diberikan teknologi baru eSAF (Enhance Smart Architecture Frame). Terlihat framenya lebih gagah, dan klaim Honda lebih kuat tapi ringan. Untuk saat ini percaya saja deh dengan pabrikan, belum ada pembuktian apa-apa terkait hal tersebut.
  • Dimensinya berubah. Karena rangkanya berbeda. Maka bodinya pun disesuaikan. Alhasil dimensinya pun mengalami perubahan. Dibandingkan model sebelumnya, BeAT terbaru ini lebih panjang, lebih lebar dan lebih tinggi. Namun besaran angka ‘lebih’ yang dimaksud hanyalah beberapa milimeter saja. Namun perkiraan penulis tidak akan ada perubahan besar pada handlingnya karena jarak sumbu rodanya tidak berubah. Begitu juga tinggi joknya yang masih sama.
  • Jarak terendah ke tanah bertambah. Lebih tinggi 1 mm saja.
  • Yang menarik, dari penerapan rangka eSAF adalah bisa mengurangi bobot total. Menarik juga disela kapasitas bahan bakar yang lebih banyak. Bagasi dengan muatan 12 liter. Hingga kapasitas minyak mesin penggantian berkala yang lebih sedikit 0,05 liter dibandingkan model sebelumnya. BeAT 2020 mampu lebih ringan 3 kg dibandingkan model 2019.

Tapi sayang. Dari spesifikasi yang sudah resmi dikeluarkan AHM. Pada spesifikasi kelistrikan, tidak penulis temukan spesifikasi lampu LED yang digunakan pada headlamp BeAT 2020. Penulis tidak spesifik membahas terkait Honda BeAT Street 2020 karena memang sudah masuk dalam tipe BeAT yang ditawarkan AHM. BeAT Street merupakan tipe setang terbuka ala-ala motor adventure yang ditawarkan Honda untuk yang mungkin bosan dengan model standar motor matik pada umumnya. (red)

2 Comments

Kolom Komentar