Gelaran Indoprix, Satria FU 150 Tidak Pantas Melawan Jajaran Sport Naked dan Fairing !!

SATRIA-FU
Suzuki Satria FU 150 Indoprix

Seharian kemarin jarang online, conversation di group begitu ramai membicarakan ketidakikutsertaan yamaha dan honda yang melarang sport naked dan fairing nya turun di ajang indoprix. Menurut banyak pendapat, baik yamaha dan honda begitu penakut turun ke ajang indoprix hanya karena akan dikalahkan oleh andalan suzuki dengan Satria FU nya. Benarkah demikian?

Bagi fnc tidak melulu dinilai seperti itu adanya. Kejuaran sekelas indoprix bukanlah kompetisi layaknya pasar senggol yang menghalalkan semua kelas diadu tak berimbang dengan modifikasi tak berimbang pula. Jika Vixion dan R15 ditarik Yamaha, berikut pula CB150R yang tidak diijinkan Honda karena keikutsertaan Suzuki Satria FU 150, adalah wajar bagi fnc. Mengapa demikian?

CB150R INDOPRIX
Honda CB150R Indoprix

Persaingan sehat dan berkelas, tidak hanya menjadi kubikasi mesin sebagai parameter regulasi peserta, melainkan spesifikasi secara keseluruhan juga patut diikutsertakan dan dikategorikan. Suzuki Satria FU dengan spek Underbone (moped) mesin 150cc, DOHC, Karbu jelas nggak ‘mathuk’ jika dikomparasikan dengan NVL atau CB150R dengan tipe sasis naked sport. Mengapa demikian?

FU, bakal diuntungkan dengan bobot bersihnya yang tentu lebih ringan dari 2 motor batangan tersebut diatas. Belum lagi kapasitas bahan bakar.yang tentunya dengan dimensi yang lebih kecil tentu akan lebih ringan. Loh, kan NVL,R15 dan CB150R bisa menyesuaikan kapasitas bahan bakar seperti satria FU yaitu sebanyak sekitar 4 liter. Bisa saja, namun apa iya regulasi digunakan hanya untuk saling menyesuaikan kepentingan masing2 spesifikasi motor peserta? Jika kapasitas 4 liter bisaa menempuh 10 lap misal. Kenapa tidak sekalian, 2 motor naked sport mengisi penuh tangkinya dan regulasi nya diubah menjadi 25 lap?

R15 RACE
Yamaha R15

Bagaimana jika demkian brosis? FU yang bakal keteteran masuk pit hanya untuk keperluan mengisi ulang bahan bakar. Ketidakimbangan aturan tersebut dikarenakan 2 kategori motor yang berbeda dipaksakan untuk tetap berkompetisi sehingga hasilnya pun nggak akan sehar.

Satria FU bukan tandingan NVL, R15 ataupun CB150R dalam sebuah kompetisi formal macam indoprix. Bukan dari spesifikasi mesinnya lho, namun spesifikasi secara keseluruhan yang juga meliputi kategori/kelas motor itu sendiri. Beda lagi jika FU yang wajib menyesuaikan ganti jadi motor batangan, nah kalau begini mungkin yamah dan honda akan ikut serta tuh. Berhubung Suzuki sendiri masih menyembunyikan identitas sport 150cc nya yah… mengapa bersikeras ikutan kompetisi yang memang harusnya secara regulasi dikhususkan untuk motor sport batangan.

Yamaha T135 ASEAN CUP
Yamaha T135 ASEAN CUP

Sejatinya FU adalah motor underbone, semestinya pula jika berbicara kompetisi sekelas indoprix ya harusnya melawan Yamaha Jupiter MX dan Honda CS1 yang sudah di bore-up menjadi 150cc. Kalau begini kan imbang, baik secara kubikasi mesin maupun secara kategori motornya juga. Jangan menganggap FU hanya superior melawan sport batangan lho ya, jika Jupiter MX dan CS1 misal memiliki kubikasi setara FU yaitu 150cc yang ketiganya juga dikenal sebagai underbone high-performace, jangan harap mengalahkan 2 motor ini dengan mudah hanya berbekal DOHC ala Satria FU. (fnc)

______________

Related Posts :

45 Comments

Kolom Komentar