Belajar Bareng MPM Honda, Blogger dan Vlogger di Workshop Sosial Media Movement dan Fotografi

Motomaxone.com – Belajar memang tak memandang batas usia. Seperti yang penulis lakukan bareng temen-temen blogger dan vlogger jawa timur yang menghadiri acara Workshop Social Media Movement dan Photography di MPM Honda Sedati Sidoarjo minggu kemarin.

Meskipun sudah cukup familiar dengan media sosial dan juga fotografi, penulis sendiri beranggapan masih miskin ilmu jika dibandingkan rekan lainnya yang seprofesi sebagai publisher. Itu mengapa kemarin penulis menghadiri acara tersebut.

Datang ke MPM Honda sedati bersama si cyubi Honda CB150R Stallion Black yang setia mengawal perjalanan penulis, sesampai ditempat sudah banyak peserta yang hadir. Penulis pun menuju ke tempat parkir yang sudah disediakan dengan rapih di area MPM Distributor Sedati tersebut.

Sampai juga akhirnya ditempat tujuan setelah menegakkan standar tengah si cyubi dan menggantung helm merah bertuliskan Satu Hati disalah satu spion motor. Penulis bergegas menuju ke lobi gedung Learning Center dan mengisi daftar hadir yang kemudian lanjut mengambil snack dan minuman.

Gedung Learning Center saat itu cukup sepi. Maklum, hari minggu jadwalnya karyawan MPM Honda sedati libur kecuali divisi HC3 yang bertugas untuk menyiapkan acara workshop tersebut dan juga beberapa crew Safety Riding yang terlihat juga memiliki acara tersendiri di hari tersebut.

Waktu workshop pun tiba. Semua peserta dipersilahkan memasuki Customer Focus yang merupakan salah satu ruangan yang digunakan untuk acara workshop tersebut.

Didalam ruangan itu, Pak Bondan Priyoadi yang menjabat sebagai Head Division HC3 MPM Honda Jatim sudah menunggu didalam beserta pemateri workshop yaitu mbak Ayik dan mas Dimas Ghara, dan tak lupa mas Novan yang terlihat sibuk sekali dengan persiapan acara tersebut. Sambutan pembuka dimulai oleh Pak Bondan yang membuka secara resmi acara workshop yang mana penulis sendiri lebih prefer disebut sebagai seminar… selepas Pak Bondan memberikan kata sambutan, barulah materi disampaikan kepada para peserta.

Social Media Movement..

Dari kata-katanya tentu pembaca bisa menebak maksudnya…..  Yup,  tepat sekali, Pergerakan Media Sosial dimasa sekarang yang mana sudah sangat pesat perkembangannya ketimbang 5-10 tahun yang lalu misalnya.

Sosial Media alias MedSos terkhusus bagi masyarakat indonesia sudah banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Baik itu keperluan pribadi ataupun merambah pada kegiatan bisnis. Bahkan akun individu bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan bisnis semisal mempromosikan barang dagangannya.

Relasinya dengan blogger atau publisher apaan ? Mungkin semua publisher sudah memanfaatkannya yaitu untuk lebih banyak menjaring pembaca. Pemanfaatan pergerakan media sosial saat ini tidak lepas dari peranan generasi milennial yang sekarang sangat ketergantungan dengan teknologi digital… sebagai contoh, berapa banyak orang-orang disekitarmu yang tidak memiliki gadget, tentu bisa dihitung dengan jari… sedangkan lainnya hampir tak bisa lepas dengan yang namanya perangkat digital… karena berbagai informasi bisa mereka dapatkan disana.

Mbak Ayik dari MPM Honda selaku pemateri pertama menyuguhkan data yang cukup menarik. Konsumsi media sosial baik itu yang bertampilan visual gambar ataupun video saat ini sangat digemari. Itu mengapa promosi pabrikan motor saat ini sangat getol ditingkatkan pada sektor digital… bukan lagi cara manual dengan bagi-bagi brosur seperti dulu, meskipun tak bisa dipungkiri cara tersebut masih dilakukan.

Photography..

Selain seminar tentang sumber daya media sosial, kemarin MPM juga memberikan informasi terkait beberapa teknik fotografi yang disampaikan oleh mas Dimas dari HC3 MPM. Jika selama ini lebih banyak praktek dan otodidak dalam berlatih moto, alhamdulillah beberapa ilmu yang dibagikan kemarin telah memberikan banyak pengetahuan bagi penulis dalam ilmu fotografi.

Beberapa teknik yang kemarin bisa dibagikan antara lain cara memanfaatkan pencahayaan menjadi hasil foto yang mengesankan, kemudian beragam teknik lainnya. Tentunya tak hanya media kamera D-SLR saja yang dibahas namun memanfaatkan Gear yang ada untuk dimanfaatkan sebaik mungkin menjadi senjata ampuh untuk bisa diandalkan dalam bermain fotografi dimanapun berada.

Dua materi yang diberikan pada seminar kemarin memang cukup menarik. Disisi lain peserta yang hadir kemarin, setidaknya bisa melakukan mapping dari blog yang dimiliki masing-masing untuk bisa ditingkatkan jumlah pengunjungnya dengan memanfaatkan media sosial. Tentunya didukung dengan konten-konten menarik berupa gambar dan video yang bisa mendukung tulisan yang kita buat.

Advertisements

Sopan Berkomentar Kamipun Segan