Yamaha Kembali Produksi Motor 2-tak? Bidikan Speed Lover Nih….

lexi

125ZR

Di indonesia, dunia otomotif roda 2 sudah lama memasuki era 4 tak. Hal ini tak lepas dari kebijakan pemerintah yang ingin secara signifikan menekan polusi udara dari gas buang yang dihasilkan roda 2 generasi sebelumnya yaitu 2 tak.

Banyak ATPM yang saat itu bermigrasi ke mesin 4 tak yang ramah lingkungan dan tentunya secara konsumsi bahan bakar lebih efisien. Namun, berbicara tentang performa tetap saja motor 2-tak adalah yang terbaik. Dengan kapasitas silinder yang sama dengan 4 tak, motor 2 tak mampu mengail kekuatan 2 kali lebih baik dibanding 4 tak.

yamaha-moped

Sebuah informasi mengagetkan saat saya mengunjungi website resmi yamaha negeri sebelah. Sebuah  motor 2-tak dipajang di website resmi dijajaran produl moped lainnya. Ya, produk ini bernama Yamaha 125ZR.

Apakah yamaha akan mengikuti langkah kawasaki dengan menghidupkan kembali motor 2 tak? Ataukah hanya untuk keperluan konsumen yang akan mengikuti kompetisi? Entahlah, yang jelas ini adalah angin segar bagi biker speed lover. Biker yang sejatinya merindukan sensasi kecepatan yang berbeda. Bayangkan, berbekal silinder mini 125cc dan kompresi 6,5:1 Power yang dihasilkan mencapai 12.8kW @8000 rpm dan Torsi maksimum mencapai 16.1Nm@7500rpm. Bandingkan dengan new vixion yang sesaat lalu meluncur, berdaya maksimum 12.2 kW @8.500rpm dan torsi maksimum 14.5 Nm @7.500rpm.

Adalah sebuah angka yang wow dijaman sekarang untuk ukuran moped. Cukuplah untuk harian, akankah juga dipasarkan di indonesia menemani ninja 150 yang notabenennya juga mengusung mesin 2 tak? Toh secara teknologi emisi juga turut ditingkatkan sehingga gas buang lebih bersahabat. (fnc)

About MOTOMAXONE.COM 4627 Articles
*Seorang Muslim *Seorang Suami *Seorang Ayah *Seorang Publisher (Blogger) *Seorang penyuka otomotif dan teknologi informasi

65 Comments

  1. Sbaiknya yamaha meluncurkan mx king 6 speed di tahun 2016 untuk menyaingi performa honda sonic dan satria fu

    • soal MX King 6 speed, hal itu sangat wajar sebagai ekspektasi FBY, namun agaknya itu mustahil mengingat Yamaha merasa jumlah gigi percepatan itu sangat mahal, buktinya Vixion saja ga naik kelas jadi 6 speed. 🙁

  2. q jg psti mempersunting tuh be2k setan klw dikeluarkan di indonesia lgi..mtor tu manteb bget..standar aj bs laju 165 di jln tol.karbu klw dituker pnya rxz dijamin spedo meter 180 pentok.q bs crita krna q prnh pnya di malaysia gan…hehe

    • dari regulasi yg diterapkan saat ini, untuk pasar indonesia bahkan tidak mungkin untuk produk baru

    • alhamdulilah saya masih salah satu yg punya ni motor legend powernya yahud banget ,,apalagi punya saya full body edisi 2012 moto gp lagi alias 125zr keluaran terakhir…cmiw…

    • ente gak pernah liat ninja 2 tak yg baru? gak ada asap lagi gann. dan kalo yamaha 125z diproduksi di indo lg pasti make teknologi yg sama ama new ninin 2 tak.

      • biasa berasap kalo awal panasin mesin gan, kalo agak lama asapny hilang. sy tau itu kok 🙂

  3. alangkah baiknya kalo yamaha mau mendengarkan apa kata konsumen,hidupkan kembali kejayaan rx king n f1zr,dijamin laku keras

  4. moto ni dh dihentikan pngeluarannya thun lepas. tp msh djual stok bru yg xbnyk lg tnggl. hrga pun mmg mhl bnget. dlm RM8-9 rbu lbh,OTR. .

  5. Pemuja 4 Tak emang benci bgt ma 2Tak.. selalu komentarnya miring, tp pas motornya kalah garang n kencang bisanya cm mringis. Lha wong mesin pompa air kog mau ngejar Jet.

  6. Liatlah Ninja 150 RR terbaru.. cool, knalpot bersih, performa apa lg.. gak usah ditannya sudah pasti jozzz!!! klo 125Z mau masuk Indonesia lg pasti mantap, dah sokur jg TZM versi terbaru….

  7. Kl pake motorx jgn sampe lbih dari 2 motor berjajar di lampu stopan. ntar dikira bakul mie ayam lagi ngebul asapnya cak. sangit kabeh mburine…..

  8. gak kuat beli Y125Z ??

    beli aja bajakannya : Beijing Champ, mesin 4 tak 110cc tipe C
    banyak tuh di Serang kota, seken paling 1-2juta, bodi plek 125Z

    wkwkwkw

  9. Tidak kata orang YIMM Om… Saya pernah email jawabnya Tidak …silahkan klo minat beli via BU / tku bekas xixixixi

  10. Yamaha 125ZR di malaysia sampai sekarang emang nomer satu ,byk orang melayu yg makai coz motor anak muda,, motor Mat rempet. .kata orang malaysia. .

  11. itu adalah F1Z R versi malaisia, itu prodak lama tp ttp di produksi
    honda juga sama, masih memproduksi Honda dream ( astrea star/prima ,jika di infonesia)

    kenapa honda&yamaha malaysia madih meproduksi model lama? karena mayoritas rakyat malaysia milih kredit mobil dr,pada beli motor.

    • bukannya F1ZRnya Malay itu Yamaha Y110SS yak? yang belum monosok (persis F1ZR),anyway bentuknya memang nyaris sama (maklum,kakak adek)..wkwkwkwk….
      tapi BENER BANGET tuh,disana orang pada prefer beli mobil secara kredit daripada beli motor.

    • daripada mobil murah,mending motor2 eksotis kayak gini,toh konsumsi be be emnya tetep jauh lebih irit.

  12. 125 zr teruskan generasi 4tk: mx kalah jauh tampangnya spatbor depan ngangkang ,bc isi hati para biker ,model mx byk yg selera pa gak mas eko

  13. Ymki sharusy tau suara para biker.tentang ayago 4tk pengganti tiara.dlu beribu ribu orang yg blm bisa nunggang /beli tiara ful byk

  14. Udah gak jaman,,, naik motor tapi asapnya kayak dangdutan !! Kasian tu ibu2 sama bpk2 yg dibelakang, ntar bisa cepat mati gara2 polusi. Sory gan gan semua, krn bikers yg baikk pasti peduli sesama.

    • Kalau pabrikan nasional mau bikin lagi motor dua tak, sebaiknya dilengkapi dengan teknologi exhaust catalyzer seperti motor-motor dua tak produksi luar negeri,meski harga agak mahal tapi ramah lingkungan.
      Yang punya kendaraan empat tak juga sebisa mungkin merawat kesehatan mesinnya agar tidak keluar asap seperti di panggung konser Sepultura.

  15. Buat serupa bebek mx .sprti 125zr jadi 4tk. Jupiter mx mash kalah galak tampangnya .sasis juga jauh beda.tegas ymki mx lakunya berapa kalh jauh am vega .kpn bisa pukul si fu

  16. seandainya saja yamaha keluarkan 125z dgan body mx atau mx dgan mengusung mesin 125z .. pasti bnyak yg beli.. termasuk saya gan

  17. 125ZR…!!pasti mahaal harganya…kenapa nggak F1zr yg di bikin lagi…?harga lebih terjangkau…

    • ini usulan yang paling masuk akal,secara warga Indonesia juga sudah disetir pola pikirnya bahwa sekarang era 4 tak yang lebih baik,padahal kenyataannya tidak selalu demikian,sehingga dengan reborn-nya F1ZR (dengan desain baru yang lebih atraktif tentunya) pasti akan lebih mudah menarik minat konsumen.

      • Yang perlu dikaji ulang adalah emisi gas buangnya harus sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Apalagi saat ini, banyak dari konsumen mengejar efisiensi produk.

      • padahal dengan teknologi 2 tak injeksi yang diprakarsai Aprilia,pasti 2tak jauh lebih ramah lingkungan,karena orang awam cenderung liat polusi dari volume asap,bukan volume karbon yang jadi emisi utama. (bisa dibandingkan 2 tak dengan 4 tak yang sudah ngebul, biarpun 4 tak, tapi klo sudah ngebul juga lebih berbahaya,jadi selain kadar asap,yang penting ditinjau kadar COnya, dengan batasan usia pakai kendaraan juga tentunya).

  18. andai Yamaha tetap pertahankan versi Yamaha Tiara,pasti laku keras tuh,masa cuma rangkanya aja yang diambil buat Yamaha MX,atau keluarin Tiara 4 Tak (mesin MX) dan MX 2 Tak (mesin Tiara/125Z)

  19. Motor mantap tuh.. dulu kepingin 125Z waktu dijual disini tp ga kesampaian.. 🙂 Coba new Jupiter MX dibuatkan varian 2T pakai mesin 125Z pasti oke punya..

    • 125Z, bebek monosok dengan frame deltabox dan mesin tegak 6 speed plus takometer, emang hitech spirit banget,,ga kaya MX (aku juga MiXer alias pengguna MX), masih pake rangka Tiara cupu, apalagi sok depan ga lagi ayam jago kaya Tiara, jadi modelnya tanggung, MX sama 125Z mah jauuuhh…(bumi dan langit).

Kolom Komentar