Impresi Pertama Bertemu New Vixion Lightning

02_New_Vixion

Finally, hari sabtu kemarin akhirnya mendapat kesempatan melihat sendiri jagoan sport terbaru dari yamaha. Yup, apalagi kalau bukan new vixion. Diawali dengan rencana untuk berangkat ke malang, ‘sangu’ kamera pocket. Kemudian mampir ke beres yamaha untuk berencana ganti oli rutin, eh kebetulan si- new vixi di display di showroom.

Menunggu antrian untuk ganti oli, saya manfaatkan saja untuk berbincang dengan salah seorang mbak sales di dealer tersebut. Wuih, dengan antusias si mbaknya bertanya mirip interogasi ala marketing. Dikiranya saya adalah calon pembeli, padahal saya hanya ingin menanyakan harga new vixion saja, meski dalam hati ada juga keinginan untuk beli. Tapi kapan-kapan lah, bukan prioritas. :mrgreen:

Setelah menjelaskan panjang lebar tentang varian new vixion, saya pun menanyakan tentang harganya. Di malang sendiri tempat dealer yang saya kunjungi, harga new vixion dibanderol 23.170.000 untuk non-kick starter, dan 23.370.000 untuk yang memakai kick starter. Tanpa basa-basi saya pun mengajukan pertanyaan, ‘Ada daftar cicilannya mbak?’ Mbak salesnya pun menjawab ada namun belum berbentuk brosur resmi dealer karena yang baru belum dibuat.

01_Daftar_Kredit

‘Pilih yang mana, Kick starter atau non kick starter?’ Hmm, saya ikuti saja dengan menjawab yang kick starter. Sebuah lembar kertas daftar kradit new vixion ‘kick starter’ pun dikeluarkan. Hmm, melihat harga dan cicilannya jadi pengen juga hehe….

Tak terlalu lama saya melihat harga kreditnya, saya minta ijin untuk njepret daftar kreditnya tersebut, untungnya si mbaknya memperbolehkan. Setelah obrolan tersebut, saya pun sedikit menutup pembicaraan dengan menjelaskan kalau untuk saat sekarang cuma tanya-tanya saja. Mbaknya pun mengangguk, ‘Nggak apa2 mas’.

05_Engine_Upgrade

Bergegas mendekati New Vixion yang dipajang, langsung ambil kamera pocket dan mulai jeprat-jepret nya. Melihat detail demi detail perubahan new vixion dibandingkan yang lama. Sekilas dapat langsung terlihat dimensi body new vixion yang lebih kekar dari generasi lama. Melihat detail mesin, terdapat O2 sensor, Speed Sensor dan tempat kick starter yang tertutup seperti halnya R15.

Lanjut ke belakang, ini dia perubahan tampilan new vixion yang lebih mantab dengan adanya RDB/Cakram belakang set. Didukung dengan dimensi velg tapak lebar dan ban gambot membuat new vixi semakin kekar.

Melihat ke sisi kanan motor bagian bawah, saya mendapati perubahan lain di sektor final gir rasio dimana telah ditingkatkan 1 mata menjadi (43) untuk gir belakang, sedangkan gir depan tetap seperti vixi lama (14). Jika dilihat lebih teliti, dibagian standar tengah terdapat lubang, disinyalir ini adalah model pengaman tambahan untuk mengunci standar tengah motor yang biasanya dipasang dengan gembok, tentunya untuk mendukung kunci kontak model magnet untuk meminimalisir tindak kejahatan.

Body secara keseluruhan jelas berubah drastis, berikut juga letak klakson yang bersembunyi di bagian shroud sebelah kiri. Bagian bawah headlamp semakin bersih dengan reposisi braket plat nomer kendaraan, namun untuk poin ini jika sudah ada plat nomornya membuat tampilan menjadi minus.

Dibagian buritan, saya menyoroti tentang pengganti behel belakang new vixion yang sekarang menyatu dengan body. Saat saya coba memegang, pegangan tidak terlalu dalam. Bahkan menurut saya pendek sehingga saat brosis menggunakannya untuk menggeser motor dipastikan akan sedikit kesulitan.

03_Under_Jok

Penasaran dengan bagian bawah jok, saya kembali ke mbak salesnya untuk minta tolong dibukakan joknya. Permohonan diterima, si mbaknya langsung ambil kunci kontak dan dibuka dengan bantuan kepala mekanik, soalnya mbaknya bingung. Melalui kepala mekaniknya turut menjelaskan detailnya bahwa ECU yang digunakan new vixion berbeda dengan versi lama yaitu menggunakan 33 pin mengingat new vixion lebih banyak sensornya.

Untuk tipe non kick starter, sangat bergantung dengan sumber daya accu/aki. So, jangan sampai daya accu kurang dari 6 volt karena dipastikan motor tidak bakal bisa dihidupkan. Selain fitur tersebut diatas, saat jok dibuka tersebut terdapat sebuah media pengait. Mungkin juga ini difungsikan sebagai gantungan helm. Namun, untuk menjangkau pengait ini cukup sulit, harus buka jok dan tali helm harus cukup panjang. Untuk fitur khas new vixion ‘Hi-Bro’, belum saya jumpai karena unit yang didisplay tersebut belum terpasang accu. Overall, puas rasanya sudah melihat sendiri sosok new vixion. Terlepas dari kelebihan dan kekurangannya, semoga bisa menjadi referensi brosis semua yang hendak ingin membeli. (fnc)

Gallery New Vixion :

17 Comments

Kolom Komentar