Visibilitas Spion Standar Lebih Baik Untuk Kenyamanan Berkendara

Siapa sangka, sebuah alat kecil yang nempel pada tunggangan kita merupakan piranti keselamatan yang berpengaruh besar pada saat kita berkendara. Namun sayangnya, tak banyak yang mengerti akan fungsinya sehingga lebih bersikap acuh dengan keadaan tersebut.

Pada dasarkan fungsi dasar spion sangatlah penting untuk pengendara roda 2. Ini menyangkut pada visibilitas pengendara itu sendiri. Sayangnya, item inilah yang menjadi prioritas penggantian dengan spion aksesoris yang notabenenya “terlihat” lebih gaya ataupun memasangnya hanya sebagai syarat untuk terhindar dari tilang polisi.

Visibilitas begitu sangat penting fungsinya karena memililiki kegunaan melihat kondisi laju kendaraan lain disekitar kita yang tak terjangkau oleh mata. Baik itu di sisi samping ataupun dibelakang. Oleh karena itulah pabrikan motor sudah membekali produknya dengan spion yang memiliki visibilitas yang lebih baik.

Hal ini saya buktikan sendiri dari pengalaman saya bahwa spion standar pabrik lebih nyaman dipakai disaat berkendara meskipun bentuknya tidak terlalu menawan. Disaat saya menggantinya dengan spion aksesoris, sebut saya bermodel sporty misalnya. Spion aksesoris hanya lebih pada sisi nilai gaya, sedangkan fungsinya minim. Getaran yang ditimbulkan oleh motor saat melaju, membuat pandangan belakang melalui spion terlihat kabur. Apalagi saat dipakai malam hari, fungsinya hampir mendekati 0% alias tak berguna untuk membantu penglihatan ke arah belakang.

Apakah spion aksesoris sama saja? Saya dengan tegas mengatakan ya. Baik itu produk KW atau produk asli, fungsinya tak mampu melebihi visibilitas spion standar pabrik. Tak heran bila untuk hal penting ini, pabrikan membekali spion yang ukuran cermin nya cukup besar. Inilah alasan banyak biker diantara kita menggantinya, yang kurang keren lah, yang kegedean lah dan lain sebagainya. Malah ada yang memasang spion standar namun cermin dihadapkan ke bawah, ini sama halnya tak memakai spion msbro/sis 🙂

Melihat dari peraturan yang menganjurkan tetap memakai part yang safety, mengganti spion dengan model apa saja sebenarnya tak menjadi masalah selama fungsinya standar masih dipertahankan seperti besarnya cermin spion. Yang tak boleh dilakukan adalah mengganti ukuran spion menjadi lebih kecil karena visibilitas berkendara akan menjadi kurang karena area blind spot semakin besar. Belum lagi desain spion kecil yang cenderung pendek, hal ini malah memperparah area blind spot yang ditambah dengan tertutupi oleh pengedara itu sendiri.

So, saat ini saya pun lebih memilih spion standar pabrik untuk kenyamanan berkendara. Jangan takut akan desain jadul spion standar, toh saat ini sudah banyak spion standar yang berdesain keren seperti spion new jupi z pada produk yamaha. Yang terpenting adalah fungsinya yang tak lebih untuk mensupport kenyamanan pengendara itu sendiri. (fnc)

 

Sumber foto by edorusyanto.wordpress.com

No Comments

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...