Trik Jitu Mengendalikan Emosi !!

Bagi kebanyakan orang mengendalikan rasa marah sangatlah sulit. Tak jarang, akhirnya mereka mengeluarkan semua kekesalannya secara berlebihan yang justru merugikan dirinya sendiri dan menghilangkan jati dirinya.

Itulah mengapa pengendalian diri amat penting. Kini, saat merasa perlu mengendalikan diri, Anda hanya perlu beraktivitas menggunakan tangan yang jarang Anda gunakan untuk kegiatan sehari-hari. Penelitian ini telah dimuat dalam the journal Current Directions in Psychological Science, Maret 2012 yang dibuat oleh Dr Thomas Denson.

Menurut seorang guru besar University of New South Wales menyatakan orang yang beralih menggunakan tangan ‘non dominan’ untuk melakukan kegiatan sehari-hari lebih mampu mengendalikan emosinya.

Dr Denson menjelaskan bahwa jika Anda terbiasa menggunakan tangan kanan untuk menggunakan mouse, mengaduk teh atau kopi, membuka pintu, dan sebagainya, maka coba sekali-kali lakukan kegiatan tersebut dengan tangan kiri. Hal ini juga berlaku bagi orang kidal, lakukan kegiatan dengan menggunakan tangan kanan. Cara ini dianggap efektif menjadi kontrol diri untuk tidak ‘meninju atau menyakiti orang’ yang sudah membuat Anda marah dan kesal.

Jika dilihat aktivitas otaknya menggunakan alat, maka bagian otak orang yang mengatur pengendalian diri justru lebih aktif dibandingkan orang yang tidak agresif. Dan cara membantu mengurangi impuls tersebut,” jelasnya.

Dr Denson menambahkan bahwa pada awalnya latihan menggunakan tangan non-dominan juga dapat memancing emosi, namun jika dilatih terus, maka Anda akan memiliki kemampuan untuk mengendalikan diri. Sehingga, seiring waktu hal-hal yang membuat Anda jengkel akan lebih mudah diatasi.

Nah, begitu halnya dengan keadaan dijalan raya. Banyak diantara kita yang mungkin kurang mampu mengendalikan emosi saat berkendara. Bagaimana tidak? Berangkat dari rumah memang memantabkan diri untuk bersabar namun seiring speedometer berjalan, malah pengedara lain yang serobot sana serobot sinilah yang memantik api emosi dalam diri yang bila tidak mampu dikontrol malah akan bersikap membalas pengendara lain tersebut. Semoga Berguna. (fnc)

Kolom Komentar