Tes Konsumsi Bahan Bakar Honda BeAT POP ESP 2016 …….. Pembuktian Efisiensi Mencapai 62,2 km/liter

Konsumsi BBM Honda BeAT POP tentu akan membuat penasaran. Memang sedikit rada telat nih dari agenda terjadwal admin karena acara yang begitu padatnya. Kali ini sesuai janji… FN akan mengulas konsumsi BBM dari skuter matic honda yang mencetak penjualan paling laris di pasaran hingga saat ini.

Memiliki 2 varian yaitu BeAT POP dan BeAT Sporty dengan macam kelas sesuai dengan fiturnya motor matic 110cc milik honda ini nyatanya unggul selama periode penjualan tahun lalu dengan total penjualan sebanyak 1,8 juta unit. FN pun begitu penasaran nih apa yang dimiliki Honda BeAT sehingga membuat FN melakukan uji harian untuk motor ini.

Kebetulan dari MPM Honda Jatim FN mendapatkan unit Honda BeAT Pop ESP. Langsung saja nih dengan ulasan konsumsi BBM alias bahan bakarnya ya brosis.

Diawali dari kota sidoarjo, FN terlebih dahulu sengaja mencatat odometer yang tercatat sebagai odometer awal untuk menghitung jarak tempuh setelah FN gunakan. Kondisi bahan bakar juga full tepat diatas aluminium pembatas yang menghalangi lubang tangki. Selama perjalanan Sidoarjo – Lawang (Malang) tidak ada perlakuan khusus seperti Eco Riding namun lebih pada gaya berkendara harian alias Normal.. kadang kala ngegas dan santai tapi ya lebih banyak betot gas nya 😆

BeAT Pop 2016 4 Tes Konsumsi Awal

Selama perjalanan ternyata FN cukup gas poll dengan kecepatan dibawah 100 kpj. Kecepatan maksimal yang FN dapatpun saat itu hanya 95 kpj dan sering kali konstan di kisaran 70-80 kpj.

Di awal akan berjalan, odometer BeAT POP tercatat di 63,7 kilometer. Jalanan yang dilalui antara Sidoarjo-Malang ya lebih banyak adanya tanjakan seperti yang pernah FN jelaskan pada saat tes konsumsi bahan bakar satria fu fi sehingga bisa dilihat apakah nanti hasilnya termasuk irit atau tidak. Setelah sempat mampir untuk sholat maghrib dan makan malam bersama salah seorang rekan blogger yang biasa dikenal dengan sebutan Mbah Wiro.. FN pun bergegas melakukan perjalanan pulang ke malang.

Menyusuri perjalanan yang lebih banyak tanjakan tersebut FN ternyata cukup kencang brosis… bahkan meninggalkan beberapa kali rekan FN. Selap selip kanan kiri…. melakukan aksi filtering sudah menjadi menu harian FN dalam berkendara. Kalo dibelakang mobil terus gak nyalip-nyalip juga mana bisa sampai tujuan dengan lebih cepat.

Sesampai di area Purwosari FN tetap tancap gas BeAT POP untuk mempersiapkan jalan full tanjakan ke arah Lawang Malang. Motor tetap FN pacu diangka 80 keatas hingga akhirnya sampai juga SPBU di area Lawang. Saat itu FN sempat berhenti dan melihat ke arah fuel meter analog dari BeAT. Busyet dah…. belum turun satu strip pun dari kondisi full pertama kalinya. Selepas mengisi sesuai dengan ketinggian sebelumnya, akhirnya FN dapatkan pengisian BBM jenis Pertalite hanya 0,900 liter atau bisa dibulatkan 0,9 liter saja. Beruntung FN masih mencatat liter dari struk dari SPBU tersebut sebelum akhirnya hilang dan tidak bisa FN tampilkan disini.

BeAT Pop 2016 4 Tes Konsumsi Akhir

Selanjutnya saatnya mencatat odometer akhir yang terpantau sudah mencapai 119,7 km. Artinya FN sudah menempuh jarak 56 km selama penggunaan Honda BeAT POP pertama kalinya tersebut.

Nah tinggal di kalkulasikan nih, hitung dengan metode Full to Full seperti biasanya yaitu Jarak tempuh dibagi dengan bahan bakar yang ditambahkan tadi (dalam liter). Buka kalkulator dulu deh lebih jelasnya… setelah FN hitung ketemu sudah Konsumsi BBM Honda BeAT POP di tangan FN yang ternyata hanya mencapai 62,2 liter. Hmm… pantesan matic honda BeAT series ini begitu laris manis… selain bisa diajak lari yang cukup lumayan namun juga cukup irit brosis. (~FN)

BERITA TERKAIT :

One Comment

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...