Mesin Identik Yamaha R125 dan R15

Sesaat terlintas ide menarik untuk mencari tahu tentang berbagai macam produk keluaran dari pabrikan garpu tala yamaha. Mulai dari sport bike tertingg Yamaha R1, middle sport bike Yamaha R6 berikut pula sport touring Yamaha VMAX.

Tak ada yang aneh dari kesemuanya. Terutama pada kelas sport bike, masing-masing produk tersebut terbalut rapi dengan body full fairingnya nan sporty berikut pula spesifikasi mesin yang ganas. Yamaha yang di indonesia dikenal dengan mesin SOHC nya, tak terlalu dijumpai untuk kelas tertinggi produknya.

Baik Yamaha R1 dan R6, dibekali mesin DOHC seperti halnya motor andalan Honda dan lainnya. Namun, menarik untuk mengulas Yamaha R125. Motor beraura feel big bike look ini begitu menarik minat saya untuk lebih jauh menelusuri basis mesinnya yang tak terlihat dibalut fairing.

Saat keinginan tersebut akhirnya tercapai, satu kata wow. Kenapa wow, karena Yamaha R125 yang menemani deretan produk Yamaha R series di eropa misal, adalah motor dengan basis mesin berbeda. Jika diamati lebih lanjut, ternyata basis mesinnya sama persis dengan yamaha R15 atau versi naked di indonesia dikenal dengan Yamaha Vixion. Baik dilihat dari blok mesin bawah ke atas juga basis mesin SOHC dengan 4 klep berpendingin cairan.

Beberapa sumber menyebutkan, bahwa basis mesin Yamaha R125 megambil dari Yamaha R15. Artinya mesin yamaha r15 di downgrade untuk dapat disesuaikan dengan regulasi produk motor di eropa. Berbeda dengan di asia, kebanyakan motor dengan mesin 125cc dipakai pada jenis moped dan matic sehingga jika motor batangan memakai basis mesin sama seperti moped dikhawatirkan bakal terbentur strategi harganya. Apalagi saat dijalan si batangan dengan mesin sama kalah dengan moped, bakal turun pamornya brosis ^_^.

So, pertanyaan dibenak selama ini terjawab dengan tampak wujud asli mesin Yamaha R125. So, bisa jadi nih, bore up kit ke 150cc bisa mengambil dari Yamaha R15 atau vixion. Toh meskipun berkapasitas silinder 125cc, sudah dibekali transmisi 6-speed. Makin mantab dengan modif menambah kapasitas silinder mesin tentunya. (fnc)

3 Comments

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...