xtracuan

Sukses Formula E Jakarta 2022, Sukses Rakyat Indonesia (Jakarta E-Prix)

xtracuan

Motomaxone.com – Gelaran acara akbar Jakarta E-Prix berjalan lancar dengan Indonesia sebagai tuan rumahnya. Kejuaraan olahraga balap mobil mirip Formula One ini memang dikhususkan hanya menggunakan mobil listrik saja.

Salah satu histori penting berdirinya kejuaraan dunia Formula E ini adalah konsentrasi pada elektrifikasi industri mobil dengan tujuan mengurangi emisi karbon dioksida dan secara langsung juga memperkenalkan sistem hibrida dan listrik.

Tahun 2022 ini, Jakarta menjadi kota pertama di Asia Tenggara yang akhirnya mampu merealisasikan diri menjadi tuan rumah kejuaraan balap dunia Formula E dengan label nama resmi Jakarta E-Prix.

Diajang Jakarta E-Prix yang digelar kemarin itu, sukses menjaring sebanyak 60 ribu penonton. Seperti halnya MotoGP Mandalika, Formula E kemarin juga dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo yang memenuhi undangan dari gubernur jakarta Anies Baswedan selaku pihak penyeleggara.

Jakarta E-Prix kemarin dimenangkan oleh Mitch Evans. Pembalap Formula E ini juga menyandang sebagai juara pertama balapa Formula E Jakarta. Kemenangan di Jakarta E-prix adalah podium ke 4 tahun ini setelah memenangkan dua seri balapan di seri Roma Italy.

Pembalap Jaguar TCS Racing tersebut sukses mengamankan podium pertama setelah memenangi duel melawan Jean-Eric Vergne dari tim DS Techeetah yang meraih podium 2 dan Edardo Mortara dari tim ROKiT Venturi Racing di podium ketiga.

Eric Evans mampu unggul 0.733 detik atas Vergne dan lebih cepat 0.967 detik dari Mortara. Sedangkan dengan catatan waktunya terbilang cukup jauh dari pembalap di urutan keempat Antonio Felix da Costa (DS Techeetah).

Meskipun Formula E turut disponsori oleh minuman beralkohol Haineken. Selama berlangsungnya Formula E di Jakarta, sponsor tersebut tidak ditampilkan mengingat komitmen pihak Indonesia yang memang memastikan tidak adanya iklan minuman beralkohol maupun menyajian minuman tersebut di gelaran Jakarta E-Prix Formula E, Jakarta International E-prix Circuit. (~FN)

Kolom Komentar