Spyshot Honda CBR1000RR 2020 Mulai Terpantau

Motomaxone.com – Dominasi Kawasaki dan Ducati di ajang balap Superbike 2019 rupanya membuat Honda jengah. Itu mengapa ┬ábeberapa waktu terakhir ini, rupanya Honda mempersiapkan kehadiran Honda CBR1000RR MY 2020.

Spyshot Honda CBR1000RR MY 2020 Mulai Terpantau

Seperti yang kita ketahui bahwa Honda CBR1000RR adalah produk tertinggi dikasta motor supersport nya honda. Meskipun ada produk Honda yang memiliki kapasitas mesin yang lebih besar namun CBR1000RR memang diproyeksikan sebagai level tertinggi motor superbike produksi massal di varian CBR series. Tentunya diluar keberadaan Honda RCV1000R.

Kabar berita kehadiran CBR1000RR versi tahun 2020 ini menjadi konsumsi berita situs resmi WorldSBK.com yang mengaitkan kehadiran motor ini dengan kehadirannya pada kompetisi balap Superbike tahun depan.

Dilansir asphaltandrubber.com bahwa telik sandi mereka mengirimkan beberapa bocoran bentuk fisik Honda CBR1000RR 2020 itu. Dari bocoran gambar tersebut yang didapatkan adalah beberapa hal menarik. Seperti chasis aluminium twins-spar masih tampak sama dengan model yang sudah beredar. Namun ada pembeda yang nampak adalah adanya desain bodi tambahan disamping kanan dan kiri semacam inner winglet di motor-motor motogp.

Basis desain bodinya sendiri mirip CBR600RR namun tak sama persis, lebih pada konsep desain yang berbeda alias penyegaran yang baru nantinya. Dikabarkan pula, desain ala inner winglet Honda CBR1000RR 2020 ini juga mulai dimasukkan dalam pengajuan paten desain oleh Honda.

Swingarm CBR1000RR ini juga sangat berbeda dari model sebelumnya. Garis desainnya mirip dengan yang sudah dikembangkan oleh Honda di ajang balap Superbike. Suspensi depan menggunakan merk Showa SFF-BP. Namun mengusung fitur piranti pengereman dengan kaliper Brembo GP.

Dari desain mesinnya sendiri juga berbeda dari model sebelumnya (2019) didukung pula dengan persneling pemindah gigi yang menggunakan sistem pivot yang sama sekali berbeda dari model 2019.

So, spekulasi pun terjadi dari kalangan media otomotif. Apakah ini merupakan versi motor balap yang sedang mereka uji coba ataukah memang benar CBR1000RR 2020 yang akan diproduksi massal untuk konsumennya dikarenakan beberapa bagian motor ini menggunakan suku cadang yang terbilang mahal untuk produk yang diproduksi secara massal. Dengan hasil ini, bisa dipastikan isu tentang kehadiran mesin V4 milik honda pun harus ditunda terlebih dahulu.

Kolom Komentar