Sport Yamaha Alami Penurunan Signifikan Periode Maret-Mei 2014, Inikah Indikasi Kompetitor Semakin Menguat ?? R15 Idola Baru Real Sport Indonesia…

yamaha sport

Tak selamanya target penjualan mengalami kenaikan di setiap bulannya, oleh karena itu pentingnya strategi pemasaran guna semakin mendongkrak image produk itu sendiri yang tentu saja akan berimbas pada meningkatnya penjualan nantinya. Begitu juga dengan Yamaha indonesia, meskipun terbilang menjadi salah satu ATPM besar produsen roda dua tanah air tak luput dari hal tersebut.

Data isi semester pertama tahun 2014, menempatkan YIMM mengalami penurunan market share produk lokalnya terutama 3 bulan terakhir hingga mei 2014. Yamaha New Vixion Lightning sebagai kartu AS YIMM untuk mendongkrak penjualan sport yamaha pun mengalami penurunan di 3 bulan terakhir, periode Maret-Mei 2014.

NVL cukup moncer pada periode maret hingga menembus 45.267 unit, namun mengalami penurunan signifikan 8.623 unit menjadi 36.644 unit pada bulan berikutnya (maret). Sedangkan di bulan Mei, NVL kembali mengalami penurunan penjualan meskipun terpaut tipis dengan bulan sebelumnya yaitu 36.691 unit, menurun 53 unit dibandingkan maret 2014.

Penurunan market share sport terlaris yamaha ini rupanya juga diikuti oleh varian lainnya (lihat tabel). Byson turun mengikuti NVL dengan terus mengalami penurunan di 3 bulan terakhir tersebut. Namun Vixion (old) dan Scorpio sedikit pengalami kenaikan dari bulan maret ke bulan berikutnya, namun langsung anjlok pada Mei 2014.

data aisi yamaha semester 1 2014

Dari total penjualan produk sport, brosis bisa melihat tabel bahwa YIMM mengalami penurunan penjualan di segmen sport secara global 2 bulan terakhir dibandingkan maret 2014 yang mampu mencapai 53.093 unit. Bagaimana dengan greget sport terbaru mereka? Yamaha R15 yang diluncurkan awal kali dengan inden online, menggebrak daya jual yamaha hingga melesat ke angka 5.394 unit.

Posisi harga R15 yang terpaut sedikit dengan dengan NVL misalnya dan antusiasme inden online turut mendongkrak image awal Yamaha R15. Bahkan sebagai pemain bari di kelas sport 150cc, R15 mengungguli produk yamaha lainnya selain New Vixion. Bisa jadi di rentang harga 28 jutaan OTR Jakarta dengan fitur yang dimiliki, akan menjadi produk favorit baru setelah New Vixion. Namun, kesimpulan pun bisa kita tarik garis merahnya. Bahwa, Penurunan market share YIMM secara global bisa jadi merupakan dampak dari market share kompetitor yang semakin meningkat. (fnc)

____________

Related Post :

No Comments

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...