Spesifikasi Karburator Jupiter MX 135 Kopling dan Automatic, Ternyata Berbeda !!

Kesenangan saya mengumpulkan informasi tentang jupiter mx, menemukan beberapa fakta yang berbeda-beda. Bila dibandingkan dengan spesifikasi sniper (versi filipina) atau spark (versi thailand) maka ada berbedaan spesifikasi juga.

Terkait tentang spesifikias karburator Jupiter MX lama, ternyata ada berbedaan antara JupiMX HC (Kopling manual) dengan JupiMX AT. Spesifikasi berbeda yang saya maksud disini adalah ukuran dari Main Jet (MJ) dari keduanya ternyata berbeda. Btw, bagi pemilik Jupi MX lama ada yang menyadari hal ini ndak brosis….  🙂

Jupiter MX a.k.a Yamaha T135 pada dasarnya didistribusikan dan diproduksi langsung oleh Yamaha Indonesia, namun ternyata ada beberapa part komponen yang masih CKD dari negara lain. Tak heran jikalau ada perbedaan spek spare-part dengan negara lain.

Kembali ke perbedaan spek karburator tadi. Jika spek Main Jet JupiMX HC berukuran 103,8 maka berbeda dengan JupiMX AT yang berukuran 105. Sejatinya main jet berfungsi sebagai lubang pen-supplai bahan bakar di karburator saat motor berada di putaran atas, so dengan perbedaan ini dipastikan terdapat perbedaan pula pada tenaga yang dihasilkan.

Berbeda dengan cantuman informasi pada buku manual Yamaha T135. Baik tipe HC (Hand Clutch/ Kopling Manual) atau AT, sama-sama menggunakan main jet berukuran 105. Apakah memang spek karbu JupiMX HC di downgrade?  Entahlah atau mungkin untuk efisiensi bahan bakar juga. Saat berkomunikasi dengan Yamaha, Yamaha pun mengklaim bahwa perbedaan spek part karbu tersebut hanya didasarkan pada mekanisme koplingnya saja. Tipe kopling HC, slip kopling yang terjadi lebih sedikit bila dibandingkan dengan tipe kopling AT. (fnc)

No Comments

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...