Sembilan Pembalap CRT Siap Ramaikan MotoGP 2012

Tinggal beberapa hari lagi bakal menginjak tahun baru 2012. Apapun itu, mesti harus ada yang baru. Harapan baru, Kebijakan baru, Pembalap baru dan banyak lagi yang serba baru.

Dari sekian banyak berita baru di dunia motor indonesia, sejenak beralih memantau apa yang terbaru pada gelaran dunia balap motogp di tahun mendatang. Dikabarkan bahwa sembilan pembalap baru CRT bakal meramaikan gelaran akbar balap tahunan tersebut.

Tepatnya 14 desember kemaren, beberapa perubahan peraturan dan pengumuman tentang motogp 2012 telah ditetapkan. Dan hal tersebut berarti bakal diberlakukan mulai Januari 2012. Banyak hal yang berubah tentunya mengingat krisis ekonomi yang melanda, maka peserta harus berhemat. Dilarang buang2 uang mzbro…………

Caranya dengan memberikan pillihan mesin CRT untuk peserta motogp (moto1). Pembatasan ban dalam sesi pengujian pun dibuat lebih bebas dengan penambahan kapasitas jumlah ban untuk pengujian. Tak hanya itu, pembalap utama sebuah tim juga diberi kebebasan dalam uji coba bebas timnya, hal ini akan menjadi keuntungan tim masing2 karena pembalap utama bakal lebih mengerti akan potensi motornya sedini mungkin.

Selain itu, berat minimum motor 1000cc yang bakal digunakan Rossi cs dibatasi 4 kg lebih berat dari sebelumnya, dari 153kg berat saat ini maka di tahun 2012 naik menjadi 157kg, sedangkan di tahun 2013 naik menjadi 160 kg. Ini berarti secara keseluruhan rata2 berat motor dan pembalapnya bakal merata tak terkecuali si mungil Pedrosa. Yang juga tak kalah penting, untuk semua motor prototipe/CRT yang mengikuti gelaran MotoGP wajib menampilkan lampu belakang merah khususnya disaat kondisi basah (Wet Race).

Yang menarik untuk dinantikan, apalagi kalau bukan “The Newcomer”. Maksudnya para pembalap pendatang mzbro. Kesembilan pembalap pendatang tersebut masing-masing didaulat menggunakan meisn CRT. Adapun sembilan pembalap tersebut antara lain Colin Edwards (NGM Forward Racing), Randy de Puniet (Aspar), Alex Espargaro (Aspar), James Ellison (PBM), Anthony West (Speed ​​Master) dan Michele Pirro (Gresini), sedangkan tiga lainnya dan cadangan datang dari Ioda Racing, BQR, Team Grillini and Team Laglisse. So, dengan bertambahnya peserta maka balap ada 21 pembalap yang bakal bersaing menjadi terbaik di kelas motogp musim 2012.

Regulasi Olahraga, ditekankan pada revisi regulasi tentang pengujian motor di tahun 2011. Pembalap yang dikontrak (pembalap utama) dapat menguji mesin dengan menggunakan alokasi 240 ban yang tersedia untuk masing-masing tim.

Disepakati bahwa pengendara yang tidak memenuhi syarat untuk perlombaan berdasarkan waktu mereka dalam praktek kualifikasi dapat memenuhi syarat jika mereka mencapai waktu setidaknya sama dengan 107% dari pembalap tercepat dalam pemanasan. Ini adalah tambahan dari peraturan sebelumnya yang hanya dianggap sesi latihan bebas.

Sanksi Pembatasan Mesin, sebelumnya pembalap diharuskan memulai balapan dari pit lane karena sanksi tersebut. Disepakati bahwa di masa depan pembalap akan memulai balapan sepuluh detik setelah lampu hijau ditampilkan di pintu keluar pit lane. Semakin seru saja persiapan motogp 2012. Tak sabar menunggu. Keep staytune……..  (fnc)

No Comments

Kolom Komentar