Review Lomba Irit Revo Injeksi, Record 77,17 km/Liter versi fncounter.com

DSC0023

MPM Honda begitu mengetahui selera masyarakat, penempatan acara launching resmi Revo Injeksi area jatim tentu tak lepas dari keinginan honda jatim menjaring antusiasme publik. Dan sekali lagi acara tersebut begitu berhasil dengan sajian Monata dan band papan atas Nidji.

Acara yang tak kalah menarik yang fncounter.com ikuti saat menghadiri launching revo injeksi tersebut adalah Lomba irit Revo Injeksi oleh Media. Yup, labelnya sih oleh media ‘cetak’ saja namun beruntung karena koordinator humas honda bagian online media mengusahakan agar blogger pun turut serta dalam lomba tersebut.

RevoFI-4

Fncounter.com bersama rekan blogger dan media lainnya akhinya turut serta dalam pembekalan regulasi lomba yang diadakan. Beberapa teknik dijabarkan untuk bisa mendapatkan konsumsi bahan bakar ‘premium’ seirit mungkin.Setelah pembekalan tiba saatnya semua peserta lomba melakukan ‘pengukuran berat badan’, jadi inget balap formula 1 nih  :mrgreen: . Selanjutnya masing-masing peserta memilih undian unit motor yang dikendarai. Fncounter.com kebagian unit motor Revo Injeksi Hijau nomor 4 nih.

Mengingat peserta dari media cetak cukup banyak, terpaksa dibagi 2 gelombang dan fnc kebagian kesempatan di sesi ke-2. Setelah pembekalan regulasi   dan gelombang pertama telah selesai,tiba saatnya fnc menuju stand persiapan unit motor. Metode pengukuran bahan bakar menggunakan FULL to FULL dengan pengukuran yang dilakukan pihak MPM Honda. Bahan bakar pun diisi kembali hingga mencapai batas yang disepakati, setelah terisi tutup tangki pun disegel.

DSC0018

Setelah unit Revo FI No.4 ready, lanjut menuju garis start untuk persiapan dimulainya lomba. Btw, baru kali ini fncounter.com ikutan lomba irit-iritan so kalo kalah wajar dong, lha wong seringnya nyemplak Jupiter MX yang lumayan habisin bahan bakar wkwkwkwk…..

Setelah semua peserta siap, bendera tanda start pun dimulai. Oh ya, kunci kontak pun disegel oleh MPM honda menghindari kecurangan peserta yang memanfaatkan kesempatan dengan mematikan kendaraannya saat lomba berlangsung. Start dimulai, starter pun dinyalakan dan buka throttle pelan-pelan, lha kok panitia bikin bingung suruh sedikit cepat. Jiah…. sedikit bukan gas lagi dah… disini jadi pesimis bisa jadi paling irit.

Mencoba konstan pertahankan rpm dengan kecepatan rata-rata 20 kpj sedikit menyulitkan karena pluntiran kabel gas Revo Injeksi ini begitu ringan. Jadi sedikit saja melewati jalan tidak rata dan kemudi goyang maka throttle pun turut mluntir hingga menambah rpm. Intip spion, lha kok peserta lainnya g kelihatan. Waduh…. terlalu ngebut nih pikir fnc.

Perjalanan menyusuri sepanjang jalan raya djuanda tersebut cukup melatih kesabaran, mempertahankan kecepatan di 20kpj – 30kpj dan dihadapkan pada lalu lintas normal meskipun mendapatkan kawalan masing-masing pesertanya. Usai 2 putaran terselesaikan hingga menyentuh garis finish, panitia lomba pun cek segel kunci kontak dan dimatikan engine nya dan mencatat kilometer tempuh unit motornya. Start di km 82,05 fnc finish dengan kilometer akhir 99,8.

Fnc pun ditimbang kembali berat badannya, waduh naik 76 ke 77kg, efek makan sebelum lomba sepertinya. Kemudian dilanjutkan panitia melakukan pengukuran bahan bakar tersisa untuk menentukan konsumsi bahan bakarnya.

DSC_0040

Melihat fncounter.com lebih cepat dibanding yang lainnya, sudah sangat menduga jika mencatatkan konsumsi bahan bakar lebih boros dari yang lainnya. Pengumuman catatan waktu dan konsumsi bahan bakar pun dikeluarkan oleh panitia dan fncounter.com  mencatatkan konsumsi bbm sebesar 77,17 km per 1 liter premium dan menempatkan catatan konsumsi tersebut diurutan ke 15. Setidaknya lebih baik dari klaim pabrikan sendiri yang meng-klaim konsumsi bahan bakar Revo Injeksi yaitu 62,2 km / liter. (fnc)

_______________
Berita Terkait :

11 Comments

Kolom Komentar