Race MotoGP Australia, Lorenzo Juara Seri, Marquez Diskualifikasi

lor-aus

Balap MotoGP Australia begitu menegangkan, dengan kondisi temperatur lintasan yang sangat panas membuat penyelenggaraan balap yang awalnya dilakukan 27 lap terpaksa dipangkas hingga hanya menempuh 19 lap. Alasannya karena compound ban tak sanggup untuk menyelesaikan 27 lap secara penuh.

Sebuah fenomena yang aneh pada gelaran MotoGP mengingat hal ini tidak pernah terjadi sebelumnya, sepengetahuan fnc. Tak hanya pemangkasan putaran menjadi 19 lap, banyak aturan lain ditambahkan pada seri GP Australia 2013 ini. Diantaranya adalah mengganti ban dengan motor baru pada lap akhir lap 9 atau lap 10.

Akibat peraturan ini, pemandangan MotoGP tak ubahnya F1 yang mengharuskan pembalap memasuki pit untuk berganti ban. Lorenzo cukup mulus mengawali balapan dengan mempertahankan dirinya memimpin klasemen, meskipun sempat terganggu dengan agresifnya pedrosa saat menyalip, Lorenzo tetap bisa mengambil posisi nya kembali.

Nyaris hingga 5 lap berselang, Lorenzo dan Marquez berada diposisi terdepan diikuti Pedrosa yang sedikit lebih lambat. 9-10 lap pun datang, saatnya pembalap memasuki pitstop untuk mengganti ban dan motor yang baru. Pedrosa lebih dahulu memasuki pit untuk memperoleh keuntungan. Dilap berikutnya gantian Lorenzo yang masuk pit stop. Pada waktu ini, Marquez lebih memilih meneruskan 1 lap lebih banyak untuk kemudian menyusul berganti motor.

Kala Marquez keluar dari pitstop dan masuk lintasan secara bersamaan diposisi belakang terdapat Lorenzo dan Pedrosa yang berkecepatan tinggi. Alhasil, dengan posisi sama-sama bermanuver Lorenzo menyenggol sedikit keras pada Marquez yang dianggapnya menghalangi laju motornya. Pada layar televisi, banyak sekali pengumuman dari race direction terkait pembalap yang menyalahi aturan. Seperti Pedrosa yang mendapat peringatan karena laju motornya melebihi batas kala memasuki pit lane.

Marquez yang melorot ke posisi 3 mencoba mendorong lebih keras setelah berbenturan dengan Lorenzo. Sukses, marq meng overtake pedrosa dan mempertahankan posisi 2 seperti sebelumnya. Race Direction kembali membuat pengumuman, #93 Black Flag. Marquez terkena Black Flag tanda tak bisa melanjutkan balapan lagi. Pada pengumuman tersebut, dikatakan bahwa Marquez membuat kesalahan dengan mengabaikan pitlane window.

Banyak yang meranggapan bahwa keputusan itu terkait telatnya Marquez masuk ke dalam pit stop. Namun, menurut peraturannya masih diperbolehkan mengganti motor di lap 9 dan lap 10 berarti harusnya Marquez tak bersalah dalam hal ini. Setelah mengamati tayangan ulangnya, terdapat kesalahan Marquez yang tidak ditoleransi pada peraturan baru tersebut. Marquez terlalu cepat memasuki lintasan dengan melewati garis pit lane keluar, yang seharusnya dilarang melewati garis tersebut.

Begitu ribet peraturan GP Australia kali ini, hingga akhirnya membuat Marquez tak mendapatkan poin satu pun. Alhasil, Lorenzo menjuarai seri GP Australia kali ini diikuti Pedrosa diposisi ke-2. Posisi ke-3 secara gratis kembali didapatkan Rossi layaknya GP Malaysia lalu yang sangat berbau keberuntungan. So, dengan ini Lorenzo memperkecil ketertinggalan poinnya menjadi selisih 18 poin dengan Marquez yang masih memimpin klasemen. Bakal seru nih 2 seri tersisa GP Motegi dan GP Valencia. Sedikit saja kesalahan akan membuat kerugian fatal dari 2 pembalap teratas kandidat juara dunia.

Hasil Race GP Australia :

race

4 Comments

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...