Pressure Brisgestone, Akankah Michellin Kembali….. ??

Bridgestone-slick

Bagi penggemar berat MotoGP, pasti masih teringat seri terakhir lalu di sirkuit Catalunya spanyol. Apa yang paling dominan pada seri tersebut? Yup, seri catalunya lalu lebih didominasi dengan jatuhnya banyak pembalap kala memasuki tikungan. Seolah ada yang salah dengan setting motor masing-masing. Namun apa yang sebenarnya….

Pada 2012 lalu, kala Repsol Honda diperkuat oleh Stoner-Pedrosa. Fnc ingat bahwa baik Stoner  melontarkan kritik pedas terhadap kontruksi ban depan Bridgestone. Namun saat itu tak banyak yang merasakan dampaknya.

Namun, seri catalunya adalah seri paling banyak insiden jatuhnya para pembalap hingga masalah ban depan tersebut diangkat kembali. Tak hanya dari kubu honda yang melakukan kritis pedas, kali ini Yamaha melalui Lorenzo turut mengungkapkan bahwa untuk kebutuhan motor 1000cc seperti sekarang ini, ban depan bridgestone musim ini terlalu lunak.

Tak berbeda dengan pendapat Lorenzo, Pedrosa mengungkapkan pernyataan senada tentang ketidakpuasan akan performa ban depan buatan bridgestone tersebut. Menurut pedrosa, ada sesuatu yang kurang kala RC213V diajak melibas tikungan yaitu bagian depan kurang merespon sehingga seperti kehilangan kekuatan.

Ketidakpuasan dua pembalap unggulan musim ini tersebut dilengkapi dengan penyataan valentino rossi. Rossi yang tak kunjung memberikan penampilan terbaiknya musim ini turut bersuara seputar masalah ban depan bridgestone. Berbeda dengan Lorenzo yang lebih menitikberatkan pada lunaknya ban, namun lebih senada dengan Stoner, Rossi menyebutkan bahwa masalah utama bukan compound melainkan pada kontruksi ban itu sendiri. Kontruksi ban lunak, benar-benar tak cocok dengan karakter mesin 1000cc yang lebih cepat dan berat sehingga sangat mempengaruhi performa motor pembalap kala masuk dan keluar tikungan.

Tekanan para pembalap teratas tersebut kali ini tak lagi bisa disepelekan oleh Bridgestone. Harus ada solusi untuk sesegera mungkin memenuhi kritik pedas para pembalap. Jika tidak, bisa jadi musim depan akan kembali pada kebijakan sebelumnya dimana Michelin akan turut serta memberikan pasokan ban untuk permintaan pembalap. (fnc)

====

Kritik, Saran dan Surat Pengunjung bisa dikirimkan melalui email di :

fncounter.blog@gmail.com

No Comments

Berkomentarlah dengan sopan