Perubahan Regulasi Ujicoba Mesin MotoGP 2012, Siapa Yang Untung?

Setelah melakukan pertemuan di Valencia pada 5 November kemaren Komisi Grand Prix membuat keputusan bulat tentang perubahan peraturan tentang pengujian mesin MotoGP untuk musim 2012.

Komisi GP, yang terdiri dari Carmelo Ezpeleta (Dorna, Ketua), Ignacio Verneda (Direktur Olah raga FIM ), Hervé Poncharal (IRTA) dan Takanao Tsubouchi (MSMA) bertemu selama putaran akhir MotoGP 2011.

Dalam pernyataannya FIM mengumumkan bahwa Komisi GP telah membuat kesepakatan bahwa pengujian mesin MotoGP dapat dilakukan oleh pembalap utama dari tim-tim yang bersangkutan namun dibatasi pada jumlah total ban yang dipasok oleh pemasok ban resmi MotoGP dalam hal ini masih dipegang oleh Bridgestone.

Detail akhir akan dikonfirmasikan pada pertemuan Komisi Grand Prix yang akan dilakukan pada Desember bulan depan. Hal tersebut juga menyepakati bahwa produsen (tim-tim peserta) dapat menggunakan rider mereka untuk mengembangkan tes ujicoba untuk mesin 1000cc tahun depan.

Siapa yang diuntungkan dari regulasi ini? tentunya dengan kesepakatan yang disetujui banyak pihak maka peserta lah yang pasti mendapat keuntungan tersebut. So, persiapan untuk mengawali musim 2012 dengan mesin baru 1000cc akan lebih membuat para kontestan siap. Pastinya jangan lagi ada keluhan kurangnya persiapan bila nanti timnya kalah. (fnc)

Kolom Komentar